Tuesday 24 July 2018

Berkemah di Pulau Semak Daun

sebelum libur lebaran ka maria ngajakin ke bandung tanggal 23-24 juni tapi kita belum ngomongin lebih lanjut. pas masuk kantor (setelah lebaran) kita omongin lagi dan pas ngecek tiket kereta ternyata buat pulangnya udah full booked. padahal pas lebaran gua ngecek masih banyak. tadinya mau tetep ke bandung dan naik motor. para cowo sih siap aja. tapi gua yang ngga yakin, udah gitu ka maria lagi hamil juga kan.

akhirnya kita mutusin buat ganti destinasi, kita ke salah satu pulau di kepulauan seribu dan pilihan jatuh ke pulau semak daun. nanti kita camping gitu.  mulai nyari perlengkapan deh, minjem ke orang-orang terdekat yang bisa langsung diambil. gua minjem carrier 60lt, matras, kompor, nesting ke kaka sepupu gua. terus ka maria minjem sleeping bag ke temennya. sisanya kita nyewa gitu, tempat penyewaannya deket dari rumah ka maria.

jumat malem, setelah balik kerja kita mampir ke rumah ka maria, ceritanya buat packing gitu dan berujung dibongkar lagi sama om belo karna banyak yang belom masuk dan ngga muat kalau packingnya kaya tadi. oiya pasukan camping kali ini ada ka maria, om belo, mas stef dan gua tentunya.

23 Juni 2018
jam 5 gua dan mas stef udah nyampe rumah ka maria dan om belo. tadinya kita mau naik transjakarta tapi karna belom ada yang pernah naik ke arah sana dan takutnya malah nyasar terus ketinggalan kapal. jadi kita mutusin buat naik gocar aja. harganya berkali-kali lebih mahal sih. naik transjakarta cuma 3.500 per orang. naik gocar dari cilandak ke muara angke 150k termasuk biaya toll. tapi daripada ketinggalan kapal dan gagal semua rencana kita, mending relain aja lah.

pas udah di daerah muara angke sempet salah belok dan pas mau muter balik malah kejebak macet, tapi akhirnya sampe juga. bau amis, itu lah yang langsung kecium dan bikin gua langsung ngeluarin minyak kayu putih. kita langsung beli tiket buat ke pulau pramuka. jadi kalau mau ke pulau semak daun kita harus ke pulau pramuka dulu. nanti dari sana kita naik perahu kecil. biaya dari angke ke pulau pramuka 50k per orang.

kita langsung naik ke lantai dua kapal dan udah lumayan penuh. isinya ada keluarga, tapi lebih banyak anak-anak muda terutama cowo. pada bawa gitar kan dan sepanjang mereka nyanyi ngga ada satupun lagu yang dibawain sampe kelar. tapi makasih loh karna lumayan menghibur dan gua ikutan nyanyi dari jauh. walaupun ngga kenal, nikmatin musiknya nggapapa kan? hahaha

gua sama mas stef minum antimo, ka maria kan lagi hamil jadi ngga boleh sedangkan om belo sebagai suami yang baik harus jagain. kapal jalan jam 8 dan ngga lama kemudian gua telap. gila efek antimo parah juga ya. gua tidur duduk sambil nyender ke dinding dan pas nyoba tiduran di lantai malah ngga enak karna berasa banget guncangannya. gua tidur lumayan lama tapi kebangun di setengah atau satu jam terakhir. jadi masih tau kejadian di dalam kapal. ombaknya lumayan gede dan bikin kapal jadi terombang ambing gitu. karna itu ada orang di bagian sebelah kiri yang jackpot di lantai. gua ngga tau kenapa bisa gitu dan yang pasti orang yang duduk di depannya jadi ikutan mual dan merapat ke sebelah kiri gua. ka maria juga dari tadi jackpot mulu, entah udah berapa kali.

kita sampe di pulau pramuka sekitar jam 12, terus kita istirahat di masjid gitu sekalian mau sholat dzuhur tapi gua pengen ke toilet dan ternyata gua malah dapet. shit, maju seminggu. kenapa harus sekarang sih? ini baru seperempat perjalanan loh. terus kan gua mau beli pembalut jadi gua bilang gini, "mba beli charm dong", mbanya langsung bilang "ngga ada", gua bingung terus ngomong "lah itu" sambil nunjuk serenceng pembalut yang digantung. "oh kirain sosis" kata mbanya dengan polos. astaga itu champ ya, gua kan mau belinya charm. lafalnya emang beda tipis sih hahaha.

tadinya kita udah dapet perahu yang bakal nganterin ke pulau semak daun tapi harganya belom deal, makanya si nelayan nyari penumpang lagi biar kita bayarnya bisa lebih murah. tapi pas udah dapet penumpang baru si nelayan malah ninggalin dan ngoper kita ke temennya, namanya bang daniel.

di perahu itu kita sharing sama grup lain tapi mereka pulangnya lusa, jadi besok kita naik perahu ini cuma berlima. biaya yang harus kita keluarin buat pp pramuka - semak daun - pramuka sekitar 250k. kalau grup kita lebih rame, patungannya lebih murah karna ngitungnya bukan perorang tapi per kapal.

kita juga harus beli air galon buat nanti masak, bilas dan sebangsanya. sebenernya di pulau pramuka banyak yang jual tapi orangnya pada ribet makanya bang daniel males dan ngajakin kita buat mampir ke rumahnya dulu di salah satu pulau. udah sampe tepi pulau nih, perahu juga udah berenti eh bang daniel berubah pikiran, katanya nanti dianter aja.

tadinya gua dikasih tau kalau di sini ngga ada toilet, listrik dan sebangsanya yang intinya gua harus ngegembel lah. buat gua yang ngga pernah camping itu sangat wow banget. tapi begitu sampe pulau semak daun ternyata ada satu warung, yang jual minuman dingin, ada listrik juga jadi bisa numpang charge, dan yang penting ada toilet juga. alhamdulillah.

kalau mau camping di pulau semak daun kita harus bayar administrasi 35k per orang. sayangnya kita ngga dapet spot di pinggir pantai karna mungkin kesiangan datengnya. kita atau lebih tepatnya om belo dan mas stef mulai dirian tenda. kita pake dua tenda, satu ukuran buat empat orang, satunya lagi ukuran buat dua orang dan kita diriin bersebelahan. pas tenda udah jadi mas stef ngajakin muter-muter pulau tapi ka maria sama om beli mau istirahat dulu. jadi lah gua sama mas stef doang yang menjelajah, ngga jauh sih cuma ke dermaga dan pinggir pantai. ngeliatin orang yang mau bikin vlog gitu, tadinya mas stef mau bikin juga tapi ngga jadi. terus kita foto-foto mayan kan buat update di media sosial. gila sih airnya jernih banget. pemandangannya bagus banget.

setelah itu kita berempat main air, tadinya gua udah ngga mau tuh karna lagi dapet tapi dipaksa. awalnya cuma pengen basahin kaki malah basah semua. hiburan kali ini, ternyata dua cowo ini ngga ada yang bisa berenang, sesimpel meluncur pun pada ngga berani. jadi diketawain sama dua cewe ini deh. ngga sia-sia dulu pas sd gua berenang tiap minggu, seengganya gua bisa meluncur lah. bahkan ka maria bisa ngambang.

ka maria sama om belo bilas duluan. karna kamar mandinya ngantri dan kalau naik malah berasa dinginnya, jadi gua sama mas stef menjelajah, nyari mana dasar laut yang masih enak buat jalan. dari tempat kita main air tadi ke sebelah kanan terus ke sebelah kiri deket dermaga dan yang paling enak tempat main kita tadi.

dari muara angke sampe pulau semak daun gua sering banget ngeliat anak the jak. tau dari mana? mereka pada pake koas bikinan distro anak the jak, bawa bendera, bawa banner, bahkan ada yang di tatto persija. alig sih.

ka maria sama om belo udah udah selesai bilas dan mereka bilang mending ngga usah ke sana. al hasil gua cuma ganti baju basah ke baju kering di dalem tenda. kalau abis maen air kan paling enak makan ya tapi masalahnya bang daniel belom dateng juga buat ngaterin airnya. mau beli di warung sayang uangnya karna lagi ngga ada yang literan, tadi aja kita beli yang 600ml harganya goceng dan itu cuma buat ngilangin aus doang. sambil nunggu bang daniel dateng kita ke sisi pulau lainnya, niatnya mau liat sunset eh malah mendung jadi cuma foto-foto doang. terus balik ke tenda karna air galonnya udah dateng.

sambil nunggu ka maria sama om belo nyiapin bumbu buat masak. gua bikin indomie goreng, mayan buat ngeganjel. menu makan malem kali ini nasi liwet, telor orak arik, tempe goreng dan penerangannya cuma dari dua lampu kecil yang kita bawa. sederhana dan seadanya tapi nikmat.

setelah makan gua sama mas stef duduk di hammock dan gua ditodong buat cerita tentang sejarah percintaan gua. njirr, gua ngga ngira bakal ditanya kaya gini dan gua kekeh ngga mau cerita. akhirnya dia yang cerita tentang semua mantannya. terus ngomongin orang kantor, ngomongin tentang kehidupan, dan ngomongin orang yang camping di sebelah kita. jadi mereka cuma berdua dan daritadi di dalem mulu, you know lah apa yang kita ghibahin hahaha. lumayan lama kita di hammock, yang bikin beranjak adalah gerimis yang mulai turun. tapi sebelum masuk ke tenda dan sebelum gerimis jadi ujan, gua ke toilet dulu daripada nanti kebelet kan berabe.

toiletnya gimana? jadi ada 3 bilik tapi yang satu ketutup dan ngga bisa dipake. sedangkan yang dua closetnya mampet dan airnya harus nimba dulu. kalau kaya gini ngga bisa ngeluh, paling bener terima aja udah. ada masa di mana gua ngga sanggup banget sama baunya sampe mual dan ngeluarin air mata. iya sebau itu, sekarang udah bisa bayangin belom? hahaha.

setelah masuk ke tenda dan ngobrol bentar, gua nyoba buat merem siapa tau nanti tidur kan, tapi ngga bisa akhirnya jam setengah tiga gua bangun karna mau kencing lagi. om belo masih duduk di depan tenda, mas stef tidur di hammock. gua ke toilet sendirian, ngga minta temenin sama om belo ataupun  mas stef. kalau ke situ doang gua masih berani, tapi ngga tau kalau cewe lain berani juga ngga.

menjelang subuh mulai ujan sampe tenda berasa basah padahal udah dilindungin fly sheet tapi ternyata ngga kebagian semua. oiya tadi sore kita bongkar tendanya. jadi posisi berhadapan karna kalau bersebelahan fly sheet nya ngga nyampe. untung aja udah diubah, kalau ngga mah makin basah tendanya.

semestinya di pulau ini kita bisa liat sunset dan sunrise tapi kenyataannya ngga dapet dua-duanya.  pas ujan udah reda kita keluar tenda buat bikin sarapan. karna kita bawa anak perawan (re: mas stef) yang harus sarapan. gua yang ngga biasa sarapan cuma makanin sosis doang.

abis makan kita beres-beres perlengkapan terus bongkar tenda karna jam 9 bang daniel dateng buat jemput dan anter kita ke pulau pramuka. logistik kita masih sisa lumayan banyak, yaudah kita kasih ke tetangga sebelah aja sama ke grup yang kemaren seperahu sama kita. tetangga sebelah kiri kita ini rame banget, para cowo tapi kerjaannya masak mulu mana bawa peralatannya pada niat banget lagi. sambil nunggu para cowo bongkar tenda, gua bikin kopi dulu. saik kan ngopi dengan pemandangan air laut yang jernih, kalau aja hammock belom dibongkar bakalan lebih saik nih apalagi ditambah lagu-lagu fourtwnty. behhh.

karna bang daniel belom nyampe juga, ka maria sama om belo foto-foto dulu deh. karna foto prewedd terlalu mainstream mereka fotonya setelah nikah hahaha.

gua bener-bener menikmati perjalanan dari pulau semak daun ke pulau pramuka, karna naik perahu kecil jadi airnya tenang dan bisa liat air sejernih itu dari deket. bener-bener nge-refresh pemandangan gua selama ini.

kita sampe di pulau pramuka dan langsung naik ke kapal yang bakal bawa kita ke muara angke. kapal kali ini lebih kecil tapi gua dapet spot enak jadi bisa selonjoran. lagi-lagi gua sama mas stef minum antimo dan langsung telap. sementara ka maria sama om belo ada di sisi lain kapal, duduknya ngga sedeket kemaren tapi masih bisa diliat lah. entah udah berapa kali ka maria jackpot. ngidamnya udah keturutan ya ka, walaupu  penuh perjuangan, semoga sepupuku ngga ileran nantinya hahaha.

akhirnya kita sampe di muara angke, btw tetangga sebelah kanan kita ternyata pergi bareng temen-temennya tapi bikin tendanya cuma buat mereka berdua doang (sekilas ghibah). ka maria langsung beli rujak, es kelapa sama tahu gejrot (masih edisi ngidam).

kali ini kita mutusin buat naik transjakarta karna perjalanan pulang lebih nyantai dan yang terpenting jauh lebih murah hahaha. ternyata yang ngantri lumayan banyak dan kalau kita ngga ikutan bisa makin banyak. akhirnya kita naik dan para cowo ngga dapet bangku, udah gitu bis transjakartanya yang kecil lagi. bisa banyangin betapa sumpeknya. mestinya dari muara angke ke kota ngga terlalu lama tapi kita kejebak macet di kota tua.

terus kita nyambung buat ke monas dan untungnya dari monas kita semua dapet tempat duduk. kita turun di pertanian terus naik angkot ke rumah ka maria. langsung unpacking karna mau dibalikin. setelah balikin barang-barang gua sama mas stef makan dulu di kfc dan malah kejebak ujan lumayan lama.

akhirnya kelar juga perjalan kali ini. besoknya harus langsung kerja lagi, balik ke rutinitas awal. makasih semunaya kapan-kapan lagi ya

ps. jadi kan kita ke pulau ngga bilang-bilang sama atasan, eh mas stef malah update di instagram sedangkan dia follow-followan. ketauan deh abis liburan, ya walaupun ngga dimarahin juga sih paling cuma diledekin dan ka maria hari senin izin ngga masuk. enak ya hahaha.