Tuesday 17 December 2013

Pengalaman Baru

Udah 2 bulan ini gua kerja sebagai kasir di gramedia pejaten, gimana kerjanya enak ngga? Ya seperti yang gua bilang di postingan ini setiap pekerjaan pasti ada sisi enak dan ngga enaknya, punya tanggung jawab dan resiko masing-masing. Tapi sejauh ini gua betah dengan pekerjaan baru ini. Kalau ngga betah mah, sayang-sayang udah ngorbanin cuti kuliah. 
“selama jadi kasir udah pernah tekor?”
“udah, hahaha”
“berapa?”
“banyak, lu ngga perlu tau, yang penting udah gua bayar”
Gua bilangin ya, tekor itu ngga enak, uang jajan lu bakal berkurang karna harus bayar tekor, maka dari itu ngasir yang bener biar ngga tekor.

Kita flashback ke 2 bulan lalu yuk~
Tepat tanggal 1 Oktober 2013, gua jadi karyawan gramedia. Seperti biasa, setiap anak baru pasti harus perkenalan dulu. kebetulan waktu itu gua ada barengan anak baru juga, yaitu tiya yang jadi kasir juga dan dani jadi anak stationery.

Setelah briefing selesai, selama beberapa hari ini kita di suruh keliling area buku dulu, untuk ngapalin di mana letak-letak buku, nanti baru ke bagian masing-masing.

3 hari kemudian, gua dan tiya di panggil ke kasir, di situ kita kenalan sama ka dita. Pas sepi kita di ajarin cara ngasir, dari yang paling gampang dulu yaitu pembayaran cash. Setelah kita ngerti itu baru di ajarin pembayaran pake kartu baik debit ataupun kredit (ini butuh waktu yang lama buat gua ngerti, apalagi gua ngga tau macem-macem kartu). Terus kita diajarin ngelinting (ampun deh, jari gua pada susah banget diaturnya).

Sekitar seminggu gua udah bisa ngasir, dengan ID para senior. kalau rame baru mereka yang turun tangan (soalnya kalau gua yang ngasirin kelamaan). Selama beberapa minggu gua ngikut para senior ngasir (keseringan sih di stationery, karna di sana cuma sendiri jadi sekalian nemenin mereka). Kalau gua lagi full ngasir mereka selalu bilang, “kalau tekor lu yang bayar ya” (ya iyalah  ya, wajar itu mah).

Baru deh tanggal 24 Oktober 2013 gua punya ID sendiri (itu berarti kalau tekor atau ada masalah udah tanggung jawab gua sendiri).

Akhir Oktober, ka riska dan ka hilda abis kontrak. Berasa juga ngga ada mereka, ngga bisa  lagi ngeliat ka riska yang koplak. Waktu hari terakhir dia ngasih gua note hello kitty katanya buat kenang-kenangan. Terus dia pesen, ntar yang pake loker dia tempelan hello kittynya jangan dilepas ya, kebetulan gua yang dapet loker dia, gua turutin deh permintaannya, ngga gua lepas itu tempelan, hahaha.

Semenjak gua udah punya ID, gua jadi satu shift bareng ka dita, ka mala dan ka tian. 30 November kemarin, ka dita dan ka tian udah abis kontrak, sedangkan ka mala, ka fenny dan ka eka penentuan di kontrak 2 atau ngga. Ka fenny katanya udah ngga mau ngelanjutin, jadi perkiraan gua ka mala dan ka eka bakal di K2. Pas gua masuk pantry buat makan malem, gua liat muka ka mala kaya abis nangis, terus gua tanya “gimana ka? Di perpanjang kan?”. Dia cuma geleng, saat itu juga gua kaget dan ngeluarin air mata. Ini beneran? Senior tinggal ka eka doang? arrgggghhh yang seshift sama gua pada cabut semua. Rasanya gua udah ngga nafsu makan, tapi gua harus makan kalau ngga ntar gua tepar. Selama makan, gua berusaha buat nahan nangis, pas ngasrir juga gua tahan. Pas sampe kamar, gua langsung sms para senior buat minta maaf dan bilang makasih. Iya, tadi ngga sempet ngomong. Begitu lah ngga enaknya jadi kasir, ngga bisa kerja sambil ngobrol, bisa-bisa diomelin customer. 

Rasanya masih ngga percaya, sekarang senior gua tinggal ka eka. Ntar yang gua tanya-tanyain siapa? Bakalan kangen banget deh ngasir bareng mereka -_____-“

Ka dita, itu kalau lagi seneng bisa ceria banget sampe teriak-teriak kaya anak tk. Kalau lagi sakit ketauan banget pucetnya. Kalau lagi kesel, bisa ngoceh-ngoceh mulu. Gua inget banget waktu ka dita di suruh lembur, dia langsung ngoceh-ngoceh, dia kan lagi ngga enak badan, tapi kenapa malah di suruh lembur. Akhirnya dia ngga jadi lembur tuh dan langsung ceria lagi, bisa di bilang moody juga ya~

Ka mala, kata para senior kasir, dia itu oneng dan tulisannya berantakan. Beberapa hari terakhir gua sering ngasir bareng dia, ngga nyangka aja itu jadi hari-hari terakhir ngasir bareng dia, gua kira bulan-bulan berikutnya masih bisa ngasir bareng dia. Ka mala pernah di omelin customer, gara-gara pas dia lagi ngasir, gua nanya-nanya tentang voucher. Dan pas dia di omelin sama customer di kasir stationery, gua ada di sebelahnya.

Ka fenny, jarang sih gua ngasir bareng dia, karna kita ngga satu shift, karna itu gua sering pinjem cash box-nya dia. Oiya, gua pernah ngilangin catetan active selling punya dia, mana udah banyak banget. Entahlah itu catetan jatuh di mana, gua udah cari kemana tau, ngga ketemu.

Waktu seshift bareng ka dita, ka mala, ka fenny, pas pagi omset kurang cepe kita udah bingung itu duit kemana, masa harus patungan buat ganti eh ngga taunya ada di modal, pas sorenya  kurang juga 20rb dan ada di modal lagi, ampun deh ada-ada aja hari itu.

Ka tian, walaupun di jadwal gua seshift sama dia tapi pas gua punya ID sendiri, gua ngga pernah ngasir bareng dia. Karna dia itu masuk pagi terus, sedangkan pas gua masuk pagi, gua tukeran sama kasir lainnya, sebulan terakhir juga dia banyak cutinya. Ka tian itu kalau bikin modal berantakan, kalau kata kasir yang lain mah suka-suka dia, ngga ada aturannya, duit koinan aja ngga di karetin. Kata ka mala, dia itu kalau di omelin customer malah ngeliat ke layar computer bukan ke customernya.  Baru juga berapa jam di certain gitu, eh malemnya ka tian di omelin sama customer. Gua ngga tau juga sih masalahnya apa, karna waktu itu gua lagi asik baca buku di bawah, yang gua tau itu orang ngga selesai-selesai ngomong, pas gua berdiri orang itu udah pergi. Kata ka tian, itu artis. Ka tian, ka mala dan gua langsung buka google buat cari tau nama itu orang, ya ampun ini kepo banget ya, hahaha, tapi sayangnya ngga ketemu, mungkin cuma mirip artis. Kemaren, pas ka tian pamitan ada yang bilang “yah, kasir ngga ada yang ganteng lagi dong” hahaha. Secara dia itu satu-satunya kasir cowo, jadi yang ganteng cuma dia. ka tian itu kalau ngomong sama ka fenny atau ka mala sering banget bilang “gembel”, gua jadi inget sama @PARAGEMBEL deh tiap dia bilang gitu, hahaha.

Berasa banget deh pas mereka udah ngga jadi kasir. Dulu pas ada mereka, kalau shift siang pasti gua di suruh ngitung dan close duluan. Kalau masuk pagi, mereka semua yang ngeback up, dari ngitung omset, bikin modal, ngerjain cc. sekarang kayanya gua harus mulai mandiri.

Ka dita, ka mala, ka fenny, ka tian, ka hilda, ka riska, makasih buat semua hal yang udah di ajarin, maafin gua yang banyak salah dan sering ngerepotin. Gua bakalan kangen banget ngasir bareng kalian {}

ka dita, tiya, ka fenny, gua dan ka mala
yang merah cabut semua :'(

68 comments:

  1. sorry, boleh tanya gak? cara kamu apply bisa kerja di gamed gimana ya? itu part time atau full time?

    makasih

    ReplyDelete
  2. kirim lamaran ke gedung printis jl. kebahagiaan jakarta barat. kerjanya shift-shiftan.

    ReplyDelete
  3. Kalo kerja di gramed bisa sambil kuliah rt reguler gak? (Kelas malam)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap toko beda kebijakan, tergantung lawan shiftnya juga

      Delete
  4. Mau nanya kalo kasir tuh harus pake make up tebel ga ya?
    Soalnya muka aku sensitif sama make up

    ReplyDelete
    Replies
    1. make up tapi ngga tebel, yang penting ngga pucet aja

      Delete
    2. Kalo di Gramedia panggilan interview kerja nya berapa lama aku soal nya lagi nunggu ni,btw mohon doa nya.

      Delete
  5. sistem ngasirinnya gimana? kalo istirahat di backup atau ganti ID jd pake ID masing2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap store beda-beda. kalau udah saling percaya sih biasanya cuma minta back up. tapi kalau baru mending pake id masing-masing jadi kalau ada masalah ngga saling nyalahin

      Delete
  6. Untuk toko buku ada tes praktek lapangan, itu nanti tesnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku ada tes praktek lapangannya di Gramedia Matraman sebelum diterima.. disuruh jualan selama 1 jam

      Delete
  7. Untuk kerja di gramed ada targetnya ga sih ?

    ReplyDelete
  8. Ka kaka di lamarannya di tulis mau kerja di bidang kasir ga? Aku sih mau jadi pramuniaga aja jadi ditulisnya pramuniaga? .. oiya naro lamaran di gramednya gapapa kan ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulis aja mau jadi cashier atau store associate. bisa taro di gramed terdekat tapi kalau mau cepet kirim ke gramedia pusat aja

      Delete
  9. Ga boleh pake kerudung ya ka?

    ReplyDelete
  10. Apa yang terjadi ketika lagi tender terus komputer mati? Apakah yang akan dihadapi kasir? Tolong jawabannya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buru-buru pakai bon tunai dulu, nanti kalau udah online baru di input. sebelumnya cek transaksi terakhir udah masuk atau belum. takutnya double input.

      Delete
  11. Mbak, kalau kerja di Gramedia dalam seminggu ada liburnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas. seminggu sekali. weekdays ya, ngga bisa weekend

      Delete
  12. Itu terbuka untuk anak kuliah gak ka? Persyaratannya apa aja? Terus apply surat2nya itu apa aja dan formatnya kita buat sendiri? Via email atau langsung kesana kak? Makasih. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu sih boleh. tapi kayanya tiap toko beda kebijakan deh. kalau aku kirim surat lamaran ke gedung perintis. tapi kayanya sekarang bisa apply online. googling aja.

      Delete
  13. Ka mau tanya dlu pas interview nya di suru nunggu 2 minggu gak buat proses selanjutnya atau kalo emng keterima langsung di bilangin pada saat kk wawancara ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya waktu itu disuruh nunggu. nanti kalau keterima di telfon sama hrdnya

      Delete
  14. Klo store supervisor gmn ya, saya kan mau interview user?
    job desk nya apa aja

    ReplyDelete
  15. Kalo gaji berapa jadi pramuniaga? Dan digramed ada jenjang karir ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk gaji UMR. kalau jenjang karir ngga ada sih, kan maksimal dua tahun.

      Delete
    2. Jadi paling lama dikontrak 2 tahun, abis itu gak diperpanjang lagi kak?

      Delete
  16. ka aku mau tanya biasanya training di gramedia brp lama ya ka? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gramedia langsung kontrak. tapi biasanya training itu 3 bulan. setelahnya udah dapet ID sama seragam

      Delete
  17. Ka boleh pake kerudung ga sih?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekarang udah boleh pake kerudung

      Delete
  18. Kerjanya berapa jam ka? Breaknya berapa menit? Ada loyalitas ga? Terus kalo tgl merah diitung lembur ga?

    ReplyDelete
  19. kak klo kontrak 3 bulan gimana kak?boleh ga sihh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau gua gramed itu sistemnya langsung kontrak 1th

      Delete
  20. Kak boleh pake kacamata gasih?

    ReplyDelete
  21. Ka, waktu itu testnya apa Aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa apa aja. soalnya ada beberapa test

      Delete
  22. Kak mau nanya, kalo di Gramedia waktu melamar dan waktu panggilan kira2 berapa lama ya jeda waktunya?

    ReplyDelete
  23. ka waktu interview ditanya apa aja yang bahas tentang gramedia maksudnya, kan biasanya suka ada pertanyaan apa yang kalian ketahui dari perusahaan kami,

    ReplyDelete
  24. waktu disuruh nunggu buat interview tahap selanjutnya setelah wawancara. berapa lama ka dpt panggilan buat tes selanjutnya? sehari? 2 hari? atau brp hari?

    ReplyDelete
  25. Persyaratannya ada tinggi badan minimal nggak??

    ReplyDelete
  26. ka, masih di Gramed sekarang?

    ReplyDelete
  27. Ka aku mau tanya.. kalo semisal sudah kontark 1 tahun dan di pertengahan bulan pengen resign itu kena finalti/denda gitu ga?

    ReplyDelete
  28. Mau tanya dong waktu ngirim lamaran itu posisi kerjanya tergantung posisi toko yang lagi dibutuhin apa emang dari kita sendiri untuk toko mana yang kita mau maksudnya yg deket dari lokasi rumah ???
    Makasi udah di jawab.

    ReplyDelete
  29. Mau tanya dong. Itu kontrak dua tahun kan ya. Setelah abis kontrak gitu banyak yang di perpanjang atau emang udah cukup cuma dua tahun aja? Makasih

    ReplyDelete
  30. Di gramedia tahan ijazah ngga kak?

    ReplyDelete
  31. Kerja di gramed kan pake shift. Jd jam kerja nya apa aja

    ReplyDelete
  32. Klo training gaji nya berapa kqk

    ReplyDelete
  33. ka saya udh nganter berkas lamaran,terus tinggal nunggu panggilan,kira kira berapa lama nungguinya ka? terimakasih :)

    ReplyDelete
  34. Ka ngelamar ke kantor pusatnya boleh kapan aja? Atau ada hari hari tertentu?

    ReplyDelete
  35. Kaa, kalo udah ada panggilan interview yg pertama itu bakalan lama ga ya?

    ReplyDelete
  36. Kaa, kalo udah ada panggilan interview yg pertama itu bakalan lama ga ya?

    ReplyDelete
  37. Halo ka, kalo pramuniaga ada bayar tekor juga gak ya??

    ReplyDelete
  38. kak kalo nglmar harus ada skck gak ?? soalnya saya lupa belum saya lampirkan

    ReplyDelete
  39. Kak kontrak kerja apakah harus 2 tahun apakah boleh hanya 6 bulan?

    ReplyDelete