Saturday 18 August 2012

Pesantren Kilat


Selama awal Ramadhan kemarin gua ikut kuliah subuh di masjid deket rumah. Gua duduk di teras yang otimatis bisa liat langit, dari yang gelap jadi terang. Dan gua malah jadi keinget sama masa masa sanlat di sekolah dulu. Dulu gua ngga pernah liat perubahan langit kaya gini karna tiap kuliah subuh gua malah tidur. 

Di postingan kali ini gua mau bahas tentang pesantren kilat. Kenapa baru posting sekarang? Kana Ramadhannya udah mau abis. Sengaja, soalnya tahun lalu gua atau lebih tepatnya kita ikut pesantren dari tanggal 18 agustus sore sampe 19 agustus pagi. Malah tadinya gua mau posting ntar malem atau besok pagi tapi udah ngga bulan ramadhan lagi.

Dikarenakan gua udah lulus, jadi tahun ini gua ngga ikut pesantren kilat lagi. Seriously gua pengen sanlat lagi, kangen masa masa itu. Semuanya masih terekam jelas diotak gua.

Dateng ke sekolah sebelum asar >> absen >> nunggu asar >> sholat >> tadarus >> dengerin ceramah >> magrib >> buka puasa >> minum >> sholat magrib >> ke kelas buat makan >> sholat isya, teraweh >> nonton film >> masuk kelas buat dengerin ceramah >> jam 11 tidur >> jam 2 bangun >> sholat tasbih, tahajud, witir >> muhasabah >> makan sahur >> sholat subuh >> kuliah subuh >> pulang.

Banyak hal hal kecil yang dulu ngga banget dan bikin males ngejalanin sekarang malah jadi kangen, kaya:

Sering kali rebutan minuman buat buka puasa karna beda rasa. Mau wudhu/ ke toilet harus ngantri. Makanan yang sering ngga memuaskan. Nonton film ngga jelas yang bikin bosen. Dengerin ceramah ngga jelas yang ngebosenin dan bikin ngantuk. Pas waktunya istirahat gua malah ngga bisa tidur dikarenakan insomnia, pas waktunya bangun gua baru ngantuk. Sholat subuh yang bikin pegel karna lama banget. Muhasabah yang sukses bikin nangis pas kelas 10, tapi pas kelas 11 & 12 malah ketawa tawa. Pas sahur keausan karna persedian minum abis. Pas kuliah subuh gua malah tidur dan bangun bangun pas langit udah berubah warna.

Di setiap tahun selalu mempunyai cerita yang beda beda:
Pas kelas 10, waktu kita pada mau tidur ada yang teriak, katanya dia ngeliat setan, ya jelas lah anak anak langsung pada lari, heboh deh tapi kembali normal lagi.
Pas kelas 11, waktu gua sama  yang lainnya lagi dengerin ceramah dikelas, ada guru yang dateng, buat ngambilin HP kita, pasrah deh HP kita disita semua.
Pas kelas 12, kita ngga mau ketauan bawa HP lagi kaya tahun kemaren jadi kita hati hati banget nyimpennya biar ngga ketauan. Iya kita tau emang dilarang bawa HP tapi kan bosen. Apalagi tahun itu kita mutusin buat ngga tidur. Karna ini tahun terakhir kita ikut pesantren di sekolah. Kita jadi ngeliatin  orang orang yang tidur dan ngetawain kalau ada gaya yang aneh aneh. Hahhaha.

Gua bener bener kangen sama masa masa itu, ngga nyangka aja dulu gua males banget ikut kegiatan itu tapi sekarang  malah kangen suasana pasa sanlat. Emang dari zaman SD & SMP juga ada sanlat dan bukber tapi kan acaranya terpisah ngga sampe nginep kaya waktu SMK. 3th berturut turut ikut kegiatan itu dan sekarang ngga lagi, berasa ada yang kurang.

Buat ade ade kelas yang baca ini, kalau ada sanlat di sekolah jangan males malesan ya, apalagi sampe kabur, karna nanti kalian bakalan kangen sama  masa masa ini kaya apa yang gua rasain sekarang.


No comments:

Post a Comment