Monday 6 June 2011

Sikap Orang Tua

Ada dua hal yang gua mau bahas di tulisan kali ini :
1. Orang tua yang memaksakan kehendak
Gua suka kasian sama anak yang punya ortu suka maksain kehendak, contoh tentang sekolah deh. Si anak mau masuk sekolah kejuruan tapi orang tuanya nyuruh masuk SMA dan itu ngga bisa di ganggu gugat. Mungkin si anak bakal nurutin kemauan ortunya karna mereka yang biayain, tapi prestasi atau semangat untuk belajar pasti beda, gimana ngga, orang mau masuk kejuruan ko malah masuk SMA kan beda baget cara belajarnya, di SMA banyak teori sedangkan di SMK banyak prakteknya.
Menurut gua, ortu itu hanya bertugas mengarahkan si anak, mau sekolah dimana, baiknya gimana, pokoknya ngedukung deh dan keputusan akhir ada di si anak, karena si anak yang ngejalanin semua itu.
Untung ortu gua ngga kaya gitu, meraka nyuruh gua masuk akuntansi dan gua juga suka jurusan itu. Gua ngga bisa bayangin kalau gua masuk jurusan lain atau masuk SMA, mau jadi apa gua disana, karena itu bukan gua banget, hahaha.

2. Orang tua yang suka mukul
Gua juga suka kasian dan bingung sama anak yang punya ortu sering mukul, buat apa sih mereka mukul anaknya? emang ada gunanya? Yang ada anak jadi kebiasaan di pukul dan malah dendam kali, itu juga ngga nyelesaiin masalah. Efek lainnya, mereka bakal bilang ‘biasa’, kaya gini “udah biasa ko gua dipukulin”, mereka juga bakalan kebal. Kata nyokap gua, “jangan di biasain mukul anak ntar anaknya kalau belom dipukul belom berenti ngelakuin itu.”
Dan untung lagi, ortu gua ngga suka mukul, mereka berusaha bilangin baik baik, dan anak anaknya bisa ngerti ko, gua ngga pernah dipukul atau di cubit sekalipun, hahaha.
So, buat orang tua yang baca ini, dan masih ngelakuin hal diatas coba deh kurangin atau hilangin sekalian.

No comments:

Post a Comment