Thursday 25 October 2012

Review ACS


Pas puasa kemaren gua iseng buka web bukabuku.com, di top ten ada  bukunya @landakgaul yaitu Analogi Cinta Sendiri dan gua penasaran jadi langsung aja gua order tuh buku.
Seminggu sebelum lebaran gua order tuh buku tapi minta dianter setelah lebaran. Karna baru ada uangnya, yaitu uang lebaran, hahaha. Seminggu setelah lebaran, tepatnya hari jumat datanglah paket yang gua tunggu tunggu. Salah satunya adalah Analogi Cinta Sendiri atau lebih singkatnya ACS karya oka @landakgaul

Pas paket dateng, buku oka lah yang paling tipis dari buku lainnya yang gua order. Jadi gua baca pertama dan ngga sampe sehari bukunya udah selesai gua baca.

Di bagian pengantar penulis pun gua udah merasa jleb. Karna ada kata “buat orang yang memendam cintanya, yang jatuh cinta sendiri, yang jatuh diam diam”. (gua banget, hahaha)

Yap, buku ini menceritakan tentang kehidupan sebagai seorang secret admirer.

Ini ada beberapa kalimat yang menurut gua bagus:

Menjadi seorang secret admirer nggak pernah mudah. Gue jadi punya kegiatan rutin yang gue ulang setiap hari. Bangun tidur, yang pertama kali gue lakuin adalah ngecek Facebook dan Twitter-nya dia. Hal 6 (gua pernah ngerasain ini)

Seorang pemuja rahasia adalah stalker yang andal. Hal 6 (iya emang)

Meski kadang pahit dan bikin galau, seorang secret admirer gak pernah kapok. Hal 6 (iya banget ini, walaupun udah nyesek tetep aja stalking)

Sedikit aja ada hal yang nyenengin, rasanya  mau terbang ke langit. Tapi sebaliknya, sedikit aja ada fakta yang nggak ngenakin, rasanya kaya jatuh dari langit. Hal 7

Gue memutuskan untuk menjadi seorang secret admirer. Gue cukup menikmati rasa suka dan penasaran sendirian. Menurut gue,  dengan memendam rasa yang gue punya, akan menjauhkan gue dari sakit hati. Hal 23

Friendzone itu keadaan ketika kita deket sama orang, kemudian merasa kedekatan itu sebagai sesuatu yang berharga dan penuh harapan, tapi disisi lain orang yang lagi deket sama kita cuma menganggap itu pertemanan. Hal  30

Friendzone berawal dari perhatian-perhatian yang disalahartikan. Hal 31

Karena dalam friendzone ada pihak yang ngarep da nada pihak yang ngasih harapan. Hal 31

Menurut lo orang-orang yang terbang ini kayak apa? | kayak harapan atau angan. Ada saatnya mereka diterbangkan ke orang yang dituju, tapi kalo waktunya gak  tepat justru mereka akan terbang sendiri. Entah ke mana. Hal 54

Mungkin kalian bingung, yang mana gue di antara nama-naa di atas. Nama gue Dara Prayoga. IYA! GUE TAU ITU KAYAK NAMA CEWEK! GAK USAH PROTES!. Hal 66 (ngakak)

“Oh, si jabrik yang namanya kaya cewek itu.” Hal 67 (tambah ngakak)

Kenapa ketika gue berusaha nggak peduli sama Regina, waktu gue sama dia berasa jadi lama? Akhirnya gue paham apa yang dimaksud Einstein tentang relativitas waktu. Ketik gue lagi bareng Regina dan gue  merasa seneng banget, waktu itu akan terasa sangat cepat. Tapi, pas gue berusaha menghindar dan kebetulan harus bareng dia, rasanya waktu nggak berjalan. Hal 69

Seorang yang memendam perasaan sebenernya bukan penakut, apalagi pengecut. Memang, keberanian memegang peran besar dalam mengungkapkan perasaan, namun ada juga alasan lainnya… alasan yang dipaksakan untuk ada yang muncul begitu saja. Keberanian memang berharga, tapi setiap detik bersama dia terasa lebih berharga. Rasa takut kehilangan muncul. Kehilangan senyumnya, momen bersama dia. Karena jika momen bersama dia terasa begitu indah, kemudian perasaan diungkapkan, dan ternyata dia tak punya balasan yang sesuai harapan, semuanya hilang tertelan. Tak terbantahkan.  Hal 80 (gua pernah ngerasain dilema ini, dan akhirnya gua tetep ngga ngungkapin, karna alasan yang sama)

Cinta itu gak pintar, cinta itu bijak. Hal 81

Gak bisa sama gak mau kadang beda tipis. Hal 81

Orang yang jatuh cinta diam-diam adalah orang yang paling gampang galau, tapi di sisi lain, mereka lebih gampang bahagia juga. Meski kadang kebahagian itu bergantung pada orang yang lagi di taksirnya, sesepele apa pun hal itu, akan terasa lebay di mata seorang secret admirer. Hal 83 (he’eh)
Iya, memang senang rasanya ada orang yang suka sama kita meski itu diam-diam. Tapi, ketika dia mengungkapkannya ke kita dan kitanya nggak merasakan hal yang sama, modalnya gak akan cukup untuk menjadikan dia pacar. Hal 102

Kadang cewek itu kalo cerita bukan mencari solusi, tapi Cuma butuh didengerin. Hal 109

Kesempatan akan selalu ada… kalau memang gue pantas mendapatkannya kembali. Hal 112

Sesuatu yang sudah seharusnya keluar, kalo ditahan pasti rasanya sakit. Hal 129

Perasaan itu bukan harta karun, jadi nggak seharusnya dipendam.  Hal 129

Orang itu bukan peramal, dia gak akan tau perasaan lo kalau hanya dipendam. Hal 129

Gak ada yang lebih nyesek dari menunggu, tapi yang ditunggu itu gak tau. Hal 129

Selama ini gue udah egois menahan perasaan sendiri, menyembunyikan, padahal dia pengin banget disampaikan. Hal 129

Memenjarakan perasaan sendiri adalah hal paling jahat yang pernah gue lakukan. Hal 129

Patah hati ternyata bisa menghilangkan selera humor, dan membuat segala terasa hambar. Hal 141

Menulis ketika patah hati berbeda jauh dengan ketika jatuh cinta. Hal 143

Ketika jatuh cinta maka tulisan gue akan cenderung berisi gombalan-gombalan, sedangkan ketika patah hati, tulisan gue menjadi gak bisa bohong, apa yang gue tulis berasal dari hati. Hal 144

Sebenernya orang yang patah hati gak pernah sendiri. Selalu ada orang lain yang juga patah hati di luar sana, atau mungkin  yang hatinya lebih patah. Hal 144

Kreativitas akan cepat datang ketika kepepet atau sedang galau. Hal 145

Patah hati itu indah, tergantung dari perspektif mana kita melihatnya. Hal 145

Dalam setiap kejadian selalu ada celah untuk bersyukur. Hal 146

Ketika ada sebuah karya yang lahir dari rasa patah hati, gue pikir itu cukup membutikan bahwa dia yang membuat patah hati, gak cukup tangguh untuk menjatuhkan gue. Hal 147

Kadang manusia melihat terlalu jauh sehingga yang di dekeat mereka justru tidak terlihat. Hal 150

Itu cuma cuplikan kata katanya doang, kalau penasaran dan mau tau gimana lengkapnya perjalanan menjadi seorang secret admirer ya beli bukunya, jangan minjem. Dijamin ngga akan nyesel kok. apalagi buat seorang secret admirer, wajib banget beli nih, biar kita ngga ngerasa sendirian, hahahah.

Dear @landakgaul ditunggu buku keduanya ya, kalau bisa ceritain tentang tarisha :p

No comments:

Post a Comment