Tuesday 20 November 2012

Jangan melihat orang dari luarnya aja


Baru beberapa hari jadi anak kuliahan gua udah ditinggal pergi haji sama 3 dosen. Salah satunya dosen matematika ekonomi dan pas dosen penggantinya dateng, gua langsung bengong, bukan karna beliau cakep atau apa tapi karna beliau cuma punya satu tangan.

Gua diem beberapa saat sambil ngeyakinin diri gua kalau ini bukan mimpi atau cuma sekedar becandaan. Dosen itu bener-bener cuma punya satu tangan. Selama dia ngajar, pikiran gua sempet melayang-layang, gua masih belum percaya kalau dosen yang ada di hadapan gua cuma punya satu tangan.

Lalu gua tekagum-kagum sendiri, dalam hati gua bergumam, ‘wow, orang ini cuma punya satu tangan tapi bisa jadi dosen”. Gua jarang banget ngeliat orang cacat yang punya pekerjaan cukup mapan. 

Gua terus memperhatikan dosen tersebut, sampe pertemuan kedua pun gua masih ngga percaya kalau dosen gua saat ini cuma punya satu tangan. Beliau bisa ngelakuin semuanya dengan satu tangan. Contohnya, pas buka tutup spidol. Biasanya kan kita kalau buka apa apa pake dua tangan, yang satu buat megang bendanya, yang satu buat buka tutupnya, tapi beliau ngelakuin itu cuma dengan satu tangan. Kejadian itu cukup nyentil gua juga sih, kita yang punya anggota tubuh sempurna masih sering ngeluh dan males-malesan, sedangkan beliau yang cuma punya satu tangan bisa jadi dosen.

Gua nulis ini bukan buat ngejelekin/mencoreng nama dosen itu, gua cuma ingin berbagi sama pembaca blog ini. Kalau kita ngga boleh ngelia orang dari luarnya aja dan seharusnya kita bisa ngelakuin lebih dari orang yang mempunyai kekurangan. 

Gua akuin selama ini gua selalu memandang sebelah mata orang-orang yang cacat fisik. Gua selalu berpikir “palingan mereka Cuma orang biasa yang harus selalu dibantu orang lain” tapi setelah liat dosen itu, pola pikir gua pun langsung berubah. Ternyata orang yang cacat fisik itu bisa lebih semangat dan berguna dari pada orang yang memiliki fisik sempurna.

Dan pas perjalan pulang dari kampus, ada anak sekolah yang naik angkot, gua pikir “palingan anak SD biasa” tapi pas gua liat badgenya ternyata dia anak SLB. Gua rada ngga percaya, karna tampangya ngga kaya anak idiot, tampangnya biasa aja kaya anak normal lainnya. Entahlah gua juga ngga tau itu anak punya kekurangan apa sampe-sampe sekolah di SLB. 

Dalam satu hari itu gua ngalamin dua kejadian yang ngebuat gua berpikir. Kalau kita ngga boleh ngeliat orang dari luarnya aja apalagi langsung ngejudge, kalau kita belum kenal orang itu, jangan jadi orang yang sotoy dan ngga boleh cepet-cepet ngambil kesimpulan sendiri. seperti pepatah bilang “don’t judge book by its cover”. Mungkin kalau gua ketemu dosen itu diluar kampus, gua ngga akan berpikir kalau dia itu dosen. Dan mungkin kalau anak yang di angkot itu ngga pake seragam yang ada badge SLBnya, gua juga ngga akan tau kalau dia punya kekurangan sampe harus sekolah di SLB. 

Sampe disini dulu postingan gua kali ini, semoga kita bisa ngambil hikmah dari cerita diatas. Dan semoga kita jadi lebih semangat ngejalanin hidup ini. Jangan mau kalah sama orang-orang yang mempunyai kekurangan.

No comments:

Post a Comment