Friday 8 February 2013

Dilema anak kelas 12

Anak-anak kelas 12, pasti kebanyakan lagi galau mikirin mau kuliah dimana, atau milih jurusan apa. Buat anak SMK sih kuliah bukan keharusan soalnya kan udah punya ‘bekel’ sedangkan buat anak SMA kayanya harus banget kuliah karna ilmu-ilmunya masih mentah. Dan sekarang gua ingin sedikit berbagi, ya walaupun gua baru kuliah semester 1 tapi paling ngga gua diatas kalian yang artinya gua udah pernah ngelewatin masa-masa dilema itu.

Pasti kalian udah mulai nyari-nyari info tentang kampus yang kalian pengen kan? Atau saling nanya ke temen dan berujung galau mau kuliah dimana?

Mau kuliah dimana? Milih jurusan apa? Biayanya berapa? Nah, sekarang kita bhas satu satu


Kampus
Gua rasa tiap anak pengen kuliah di PTN. Nah buat bisa masuk PTN kalian harus ikut SNMPTN dan bersaing dengan ribuan anak lainnya. Syukur-syukur keterima. Kalau ngga? Ya kalau kalian masih pengen kuliah, kalian harus daftar di PTS. Terus pertimbangin juga letak kampus tersebut. Jauh ngga dari rumah, karna kalau kejauhan kalian bakal kecapean di jalan dan karna itu banyak yang milih untuk ngekost.

Jurusan
Udah yakin mau kuliah di kampus mana, tapi bingung milih jurusannya? Tenangan diri kalian dan pikirin baik-baik minat kalian itu di bidang apa. Gua bilangin nih ya, jangan ikut-ikutan temen, karna kemampuan kalian kan beda-beda. Dan kalau kemauan orang tua beda dengan keinginan kalian, jangan maen terima aja. Gua bukannya ngajarin kurang ajar sama ortu tapi kan nanti yang ngejalanin kalian bukan ortu kalian. Gimana bilangnya? Ya omongin baik-baik. Soalnya kan kalian di jurusan itu bukan cuma buat sehari dua hari, tapi 4 tahun, bahkan ada yang lebih. Nah, coba kalian bayangin gimana rasanya ada di jurusan yang bukan minat kalian? Pasti jadi males masuk nantinya. Dan sayang banget kalau udah semester atas, terus kalian baru nyadar kalau kalian salah jurusan, buang-buang waktu, tenaga, pikiran, uang. Jadi buat milih jurusan kalian harus pikirin baik-baik.

Biaya
udah tau mau kuliah dimana, jurusan apa, tapi biayanya mahal dan ortu ngga sanggup buat biayain, nyesek ngga? Banget. Buat yang ortunya mampu sih enak-enak aja, nah buat yang ngga gimana? Maka dari itu biaya jadi salah satu faktor yang harus kalian pertimbangin. jangan maksain kehendak kalian, karna terkadang kalian harus sadar diri, dimana posisi kalian. Misalnya cuma bokap kalian doang yang kerja, dan gajinya ngga seberapa, kalian anak pertama dan punya ade yang masih pada sekolah, ya jangan nuntut ya ngga-ngga dengan contohnya pengen kuliah di kampus yang persemesternya diatas 5 juta, itu sama aja bunuh bokap kalian secara perlahan. Bukannya lebay sih, tapi coba pikirin lagi, omongan gua ada benernya kan? Gaji bokap kalian kan ngga cuma buat biayain kuliah kalian doang, masih harus di bagi sama kebutuhan rumah tangga, biaya sekolah dan jajan ade ade kalian. kalau di tambah biaya kuliah yang segitu bisa minus alias ngutang sana-sini. Makanya kalian harus milih kampus yang biayanya pas sama kemampuan ortu kalian.

Dan kalau diantara kalian ada yang terpaksa ngga kuliah karna ortu ngga sanggup biayain, sabar ya, kerja aja dulu, nanti gaji kalian kan bisa buat biaya kuliah sendiri. Ngga ada kata terlambat kok buat kuliah, banyak temen-temen gua yang usianya 20 keatas baru masuk kuliah. 

“Kok hidup ngga adil sih? Kenapa gua ngga bisa kuliah karna masalah biaya sedangkan temen-temen gua bisa?” bukannya ngga adil. Terkadang kalian harus ngerasain yang ngga enak. Hidup kan terus berputar, ngga selamanya kok yang diatas tetep diatas yang berarti ngga selamanya juga kalian tetep dibawah. Akan ada saatnya. Semua cuma masalah waktu. Nikmatin aja apa yang ada, apa yang kalian punya. Dan nikmati masa-masa putih abu-abu kalian karna gua jamin kalian pasti bakal kangen nantinya.

Itu aja yang mau gua share, semoga bermanfaat buat kalian yang lagi galau.

No comments:

Post a Comment