Thursday 14 February 2013

satu semester bersama 1F

Ngga kerasa udah satu semester gua lalui bareng anak-anak 1F. gua masih inget gimana dulu gua susah banget buat beradaptasi. Di minggu pertama kuliah, pas nyampe rumah gua selalu nangis. Karna kesel sama diri gua sendiri yang ngga bisa beradaptasi, ngga bisa memulai duluan, untuk sekadar kenalan sama temen sebaris pun susah banget. Gua juga ngga tau pasti kapan akhirnya gua bisa mulai berteman dengan mereka semua. 

Awalnya gua memang susah banget buat berbaur, karna menurut gua banyak perbedaan. Tapi gua coba buat nerima, coba buat lebih mengerti satu sama lain. Karna kalau gua egois, kalau gua selalu ngga mau berbaur, gimana mereka mau deket sama gua.


Anak-anak 1F, dari sisi kanan ada, gua, siti, eva, ayyas, eka, lita, fitri, tika, giri, miranti, ilpi, hesti, zahra, jessica, yulita, doby, iin. Di sisi kiri ada,  susi, amel, puji, rinda, devi, dian, shinta, anin, mutia, nisa, virli, cantika, era, riska, ojay, ryan, aros, dadang, kukuh, sabit, fay, saepul, wisman. walaupun gua ngga apal nama lengkap mereka tapi seengganya gua tau nama panggilan beserta orangnya, karna ada loh yang udah satu kelas tapi ngga tau nama dan gua adalah salah satu yang berhasil inget nama plus muka anak-anak 1F, buktinya gua bisa nyebutin nama mereka tanpa ngeliat absen, hahaha.

Walaupun baru satu semester gua kenal mereka semua dan berteman sama mereka. Tapi lumayan banyak hal yang kita laluin bareng-bareng. Derita sebagai anak kuliahan yang jadwal kuliahnya ngikutin dosen kita laluin bareng bareng. Dapet kelas yang ngga ada ACnya. Ditinggal 3 dosen yang pergi haji. Ngerjain tugas peng ilmu ekomoni sampe jam 5 lewat dan sebelum nyampe kampus pada ujan-ujanan. Tugas individu dan kelompok yang bertubi tubi. Dosen yang ngajarnya ngga jelas. Semua kita rasain bareng-bareng.

Dari zaman kelas 10 biasanya gua suka bikin komentar tentang anak-anak yang sekelas sama gua, tapi karna gua belum begitu mengenal kepribadian anak-anak 1F jadi kali ini gua ngga mau bikin komentar tentang mereka, daripada ntar salah. Dan gua mau sedikit bahas dosen-dosen yang ngajar di 1F, tapi gua ngga sebutin namanya, ntar disangka pencemaran nama baik, tapi kalau ada anak unpam yang kepo silakan cari aja namanya di ruang yang deket loket, kalau bukan anak unpam ya silakan penasaran deh.

Dosen peng. akuntansi, ngajarnya ngebut banget, padahal kan kalau akuntansi harus pelan-pelan, kalau ngga ngerti dari awal bakalan ngga ngerti seterusnya. Gua sih lulusan SMK akuntansi jadi ngerti ngerti aja, orang semuanya udah pernah diajarin, udah khatam deh. Tapi kan kasian yang dari SMA, yang ngga ngerti, tapi pembahasan tetep dilanjutin ke bab selanjutnya cuma karna ngejar target.

Dosen b.indonesia, super gaje, apalagi tugas bikin skripsi kecil-kecilan itu, bikin mumet, terus pas udah kelar malah di coret-coret dan harus ulang, buang-buang kertas tau.

Dosen sosiologi ekonomi, kalau ngomong langsung to the point dan dia pernah bilang kalau 1F ini biangnya ribut, setiap ada yang presentasi malah sibuk ngobrol sendri-sendiri, bener juga sih, emang kenyataannya gitu, kita itu sering sibuk sendiri dan jarang merhatiin yang lagi presentasi, makanya kita sering disuruh buat rangkuman apa aja yang tuh dosen jelasin selama pertemuan kali itu, padahal kelas lain ngga pernah disuruh kaya gitu.

Dosen agama, telat mulu, pasti jam 8 baru nyampe dan dari awal kerjaannya suruh presentasi mulu. Yang gua suka adalah di nyuruh kita bawa al-quran dan dibahas kandungan-kandungan dari beberapa ayat yang tentunya berhubungan dengan materi yang  lagi dipresentasi.

Dosen matematika, ini lebih gaje lagi, kata-katanya sering kita ngga ngerti, entahlah itu bahasa mana, ditambah dia ngajar materi yang salah lagi, jadi pas UTS kita kelabakan karna belum diajarin. Pas UAS pun ngga ada satupun materi yang diajarin keluar, untung aja gua ngga belajar. Zonk banget deh matkul ini.

Dosen b.inggris, ini juga telat mulu, ada aja hambatan buat ngajar kita dan pas nyampe bukannya langsung ngajar, malah ngejelasin dulu dia telat gara-gara apa. 14 kali pertemuan dan 14 kali pula dia telat. Kadang tugas-tugasnya bikin repot juga, baik tugas individu ataupun kelompok. Tau sih niatnya emang mau bikin kita lebih kreatif, lebih mengasah kemampuan, nambah pengetahuan, dll, tapi kan waktu kita ngga cuma buat ngerjain tugas b.ing doang, tugas yang lain juga menunggu, apalagi yang kuliah sambil kerja.

Dosen peng. ilmu ekonomi, entah kenapa ya, gua ngga pernah nyambung kalau matkul ini, mau dosen sebenarnya atau pengganti tetep aja ngga nyambung. Apalagi dosen yang sebenarnya, tiap dia ngajar dan ngejelasin, pikiran gua malah kemana-mana, dengerin sih dengerin tapi ngga pernah masuk ke otak, apalagi inget apa yang diajar, dan keseringan gua ngatuk karna selama 1,5 jam dia nyerocos mulu. Tapi gua suka pertemuan sebelum terakhir itu, karna tuh dosen ngejelasinnya cuma dikit, sisanya malah cerita tentang kehidupannya, coba tiap pertemuan kaya gitu.

Dosen pkn, hmm, gimana ya? Biasa aja deh, kalau ngga presentasi, ya kita suruh ngarang bebas, maksudnya kita suruh jawab soal, yang ada batasan minimal berapa baris buat jawab pertanyaan itu, kalau otak udah mentok kan pasti ujung-ujung ngarang, ngga peduli nyambung atau ngga. Yang gua suka sih kalau presentasi ada yang debat, kan seru ngeliatnya.

Dosen pend. pancasila, dosen yang dari awal masuk udah buat kita ketawa mulu, ngajarnya santai, sambil diselingi sama bahasan-bahasan tentang percintaan, yang sering buat anak-anak heboh, ngga heran sih kalau banyak mahasiswa yang suka sama cara ngajar dia, sampe pas lagi di parkiran pun dia disamperin dan pada ngantri salaman.
Sekian gua bahas tentang dosen yang ngajar di 1F, kalau sampe ada dosen yang baca ini dan ngga terima, ya maaf-maaf aja, kan cuma mau ngeluarin unek-unek yang mungkin juga dirasain sama anak-anak lainnya. Dan siapa tau bisa diperbaiki cara ngajarnya. ok, balik bahas tentang 1F lagi.

walaupun gua termasuk anak yang kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang) tapi saat di kelas gua mulai mengenal mereka. Mengenal kebiasaan-kebisaan mereka. Siapa aja anak-anak yang biasa nanya setiap ada presentasi, yang sering debat gara-gara beda pendapat, yang pertanyaannya belibet atau ngga jelas, yang kalau diajak ngomong jarang serius, yang kerjaannya jualan mulu, yang numpang ngercharge mulu, yang heboh, dll.

3 minggu terakhir kuliah atau lebih tepatnya pas pertemuan terakhir matkul pendidikan pancasila. Gua mulai menikmati suasana kelas ini, suasana yang ngga mungkin gua dapetin lagi. Anak-anak 1F yang ngga mungkin gua bisa sekelas lagi sama mereka. Dan mungkin tadi adalah hari terakhir gua bisa sekelas bareng sama anak-anak 1F.

Selamat tinggal anak-anak 1F, makasih atas semua kenangan yang terjadi selama satu semester ini, maaf kalau selama satu semester ini ada kata-kata gua pernah nyinggung kalian. Gua ngga pernah ngira perpisahan ini bakal begitu berat, tapi pada kenyataannya memang berat banget. 

No comments:

Post a Comment