Sunday 21 July 2013

Bukannya ngga bisa, tapi…

Sadar atau ngga kita sering banget bilang ngga bisa padahal belum tentu ngga bisa, siapa tau belom di coba atau memang ngga mau ngelakuin itu.

Semua anak kecil pasti pernah punya keinginan untuk bisa naik sepeda roda dua yang tinggi, tapi belum nyampe. Jadi anak itu harus belajar naik sepeda roda empat yang kecil, lalu roda tiga (salah satu roda kecilnya di lepas), terus roda dua yang kecil baru deh sepeda roda dua yang gede. Itu pun butuh perjuangan, ada yang langsung jago naik sepeda gede padahal kakinya belum nyampe, ada juga yang harus jatoh beberapa kali karna keseimbangannya belum terjaga. Tapi pada akhirnya bisa juga bahkan ada yang sok-sokan lepas tangan pas naik sepeda. Buat anak umur segitu pasti rasanya seneng banget, karna akhirnya mereka bisa juga, itu semua karna tekad mereka yang mau belajar buat bisa naik sepeda.

Pas awal masuk SMP kan mulai ada pelajaran komputer ya. Terus belajar ngetik, nyimen dan ngeprint juga. Terus di kasih tugas buat ngetik dan nantinya di print. Gua udah ngetik tuh, terus minta anterin kakak sepupu gua ke warnet buat ngeprint. Pas sampe di sana dan di cek ternyata disketnya kosong (waktu tu flashdisk masih mahal dan belum terlalu nge-trend). Ternyata gua belum copy ke disketnya, lebih tepatnya sih gua bukan belum di copy tapi gua yang salah. Jadi tuh, gua bukannya klik kanan terus send to, malah klik kanan terus copy tanpa di paste di disketnya. Kalau inget itu kayanya dulu gua bego banget ya, masa gitu aja ngga ngerti. (dulu gua baaru punya kompi dan ngga ada yang ngajarin juga buat makenya, bonyok ngga ngerti, jadi gua otak atik sendiri deh). Tapi untungnya sekarang gua udah ngerti bakan pernah dibilang mbah google karna terlalu memanfaatkan teknologi yang ada.

Pas SMP kelas 7 juga, nilai b.inggris gua tuh ancur banget, gua ngga pernah dapet nilai sempurna, nilai 8 pun jarang dan selalu stuck di kata “enough” yang dulunya gua baca “eno-uk” bukan “inaf”. Iya, itu saking jeleknya kemampuan b.inggris gua. pas kelas 8 nilai b.inggris gua ngga ada peningkatan bahkan makin menurun sering banget remedial, selain gurunya yang ngajar ngga asik, gua juga emang ngga ngerti sama apa yang dia omongin. Gua pun mulai sebel sama pelajaran ini dan selalu menganggap kalau pelajaran b.inggris itu susah. Untungnya pas kelas 9, gua dapet teman sebangku yang kemampuan b.inggrisnya di atas gua. jadi aman lah ya, kalau ada tugas yang berdua. Gua juga mulai ngerasa b.ingrris itu ngga sesusah yang gua pikir selama ini, asalkan kita ngerti artinya aja. Lalu gua lulus dan ngga satu sekolah lagi sama teman sebangku gua. tapi lagi-lagi gua beruntung karna pas kelas 10 dapet guru b.inggris yang enak. Kemampuan b.inggris gua pun lumayan meningkat (entah keajaiban dari mana). Vocab yang gua kuasain pun makin kesini makin bertambah. Emang sih kalau buat ngomong/nulis b.inggris gua masih belum lancar karna grammar gua masih berantakan. tapi kalau orang ngomong atau baca tulisan yang pake b.inggris gua ngerti (asalkan yang ngomong orang Indonesia, kalau orang luar yang ngomong kan cepet banget udah kaya kumur-kumur, hahaha). Seengganya dalam beberpa tahun ini kemampuan b.inggris gua meningkat lah ya.

(mungkin buat kebanyakan orang, pelajaran yang paling susah dan nyebelin itu matematika, tapi karna gua cinta banget sama matematika jadi gua ngga bahas itu)

Dari semua contoh yang ada di atas, kita bisa ambil kesimpulan (eh kok jadi kaya makalah gini) kalau sebenernya tuh bukan ngga bisa tapi lu ngga mau berusaha lebih keras lagi. Percayalah, semua orang yang sekarang ahli di bidangnya juga dulunya ngga bisa. Karna kan semuanya butuh proses, ngga langsung bisa ini atau itu (bikin mie instan aja butuh waktu). Nikmati aja semua proses itu, karna ketika lu bisa mencapai titik yang lu inginin tadi, terus lu nengok kebelakang (nginget apa aja yang lu lakuin  buat bisa sampai titik ini) pasti lu akan tersenyum bahagia, karna ternyata lu bisa ngelakuinnya.

Ada satu hal yang lagi nge-trend banget yaitu, “ngga bisa move on”. Yakin ngga bisa? Emangnya udah di coba? Itu beneran mau move on? Apa karna sang mantan pacar/gebetan udah punya yang baru jadi biar di kira udah ngelupain? Jangan kaya gitu ah, kalau lu mau move on ya harus dari diri lu sendiri jangan karna orang lain. Coba lebih keras lagi deh, pasti bisa. Apalagi kalau dulunya lu punya banyak mantan pacar/gebetan. Dulu aja lu bisa kok move on dari mantan pacar/gebetan yang lalu-lalu itu, masa move on dari yang satu ini lu ngga bisa? Lagian dari masa anak-anak ke remeja kita udah move on kan? Ada hal-hal yang ngga pantes lagi dilakukan pas remaja jadi harus ditinggalkan dan ada hal baru yang yang menanti untuk bisa dilakukan pas remaja. Ketika lu udah move on dari si dia, pasti nanti akan ada orang baru yang akan mewarnai hari-hari lu. percaya deh, tapi tetep harus usaha juga dan ngga boleh lagi nginget yang lalu-lalu. Kasian kan orang baru di hidup lu itu kalau lunya aja masih nginget yang lalu-lalu.

Eh kok gua malah jadi bahas ginian sih? Udah ah cukup sampe di sini aja daripada makin ngelantur.

Jadi bukannya ngga bisa ya tapi mungkin lu belom usaha lebih keras lagi atau jangan-jangan emang lunya yang ngga mau ngelakuin hal itu? Who knows?

2 comments:

  1. ahaha, jaman smp yak? dulu ln pasti jadi rombongan remed di akhir semester, segitu dodolnya, hiks. tapi seburuk apapun, kalo perkara sekolah pasti kocak kalo dikenang beberapa waktu kemudian:D

    ReplyDelete
  2. hahaha iya len. justru kejadian yang ngga banget yang ngangenin

    ReplyDelete