Sunday 21 July 2013

Raditya Dika

Malam ini gua ngga bisa tidur, pas lagi nyoba buat tidur sambil merem gua malah kepikiran hal-hal random dan salah satunya adalah Raditya Dika.

Gua bukan mau nulis tentang biodata Raditya Dika karna itu udah banyak banget di google tapi gua mau cerita tentang bagaimana gua bisa ngefans sama dia.

Ok, mari kita flash back ke bulan September 2011. Jadi, waktu itu temen sebangku gua (pipit)  bawa buku Cinta Brontosaurus punya abangnya, kondisi bukunya udah lecek, ada halaman yang udah sobek juga dan masih cover yang pertama. Yaudah tuh gua langsung pinjem aja dan sepanjang baca buku itu gua ngakak terus. Semenjak itu gua jadi pengen baca buku Raditya Dika yang lainnya, karna seperti kita ketahui Cinta Brontosaurus itu adalah buku ke dua Bang Dika.

Beberapa minggu kemudian gua sama temen gua  pergi ke toko buku bekas yang ada di dekat sekolah gua, buat nyari buku-bukunya Bang Dika yang lainnya. Yang ada di sana cuma buku kambing jantan (cover pertama juga) dan cuma satu lagi. Buku itu malah di beli sama temen gua, jadi gua lagi-lagi cuma bisa minjem. (iya tau kok, pasti lu mau bilang gua ngga modal banget kan. Pertama, gua minjem. Pas mau beli, bukannya ke toko buku beneran malah ke toko buku bekas dan akhirnya minjem lagi. Ya maklum ajalah namanya juga anak sekolahan. Apalagi dulu gua emang ngga pernah beli buku ataupun novel karna keseringan minjem punya temen atau minjem di perpus, hahaha)

Akhir November 2011, temen gua yang lainnya ngasih liat ke gua, video Bang Dika pas lagi  stand up dan gua pun jadi ketagihan nontonnya, terus jadi makin suka deh sama dia.

Akhir Desember 2011, Bang Dika ngeluarin buku ke 6-nya yaitu Manusia Setengah Salmon. Pengen beli sih, tapi ngga ada duitnya. Terus pas tanggal 8 Januari 2012, Bang Dika ada jadwal booksigning di Gramedia Depok. Temen gua (yang lagi-lagi beda orang sama sebelumnya) ngajakin buat ke sana. Mau sih, tapi kan gua belum punya bukunya, gimana Bang Dika mau ttd coba? Terus gua iseng minta duit ke bokap dan Alhamdulillah di kasih. Yaudah tuh gua langsung cuss ke Gramed Depok. Nyampe sana langsung beli bukunya dan ngantri buat nanti minta tanda tangan. Bang Dika dateng on time tuh dan dua kata yang terlintas adalah pendek dan putih.  Ternyata dia beneran pendek tapi putih kaya anak komplek, hahaha, cakep deh pokoknya. Ngantri lumyan panjang tuh dan pas giliran gua udah tinggal dikit lagi malah ngga bisa foto berdua doang sama dia. Alasannya sih karna dia harus ke Gramed PIM buat book signing juga. Karna yang ngantri di belakang gua masih banyak jadi biar kebagian semua, fotonya per 5 orang. Yaudah tuh gua foto, tapi gua ngga punya fotonya karna waktu itu pake camera karyawan sana dan katanya akan di upload di facebook Gramed Depok tapi sampe sekarang ngga ada kabarnya. Jadi ngga ada kenang-kenangannya deh. Tapi gua seneng karna bisa ketemu, salaman dan duduk di sebelah Bang Dika walaupun cuma beberapa detik dan dapet tanda tangan di buku terbarunya (buku yang pertama gua beli juga). 

Sejak itu gua bertekad bakalan ngumpulin duit buat beli bukunya Bang Dika yang lainnya. Tiap bulan gua beli satu dan Alhamdulillah dalam 6 bulan gua bisa beli ke enam buku karya Bang Dika. Gara-gara itu juga gua jadi mulai koleksi buku-buku dari penulis lainnya.

Agustus 2012, gua bisa ketemu lagi sama Bang Dika (cerita lengkapnya ada di sini). Sebenernya ngga pernah kebayang buat bisa ketemu dia lagi, minta ttd di semua buku yang gua punya, foto bareng sampe 2x, dapet kaos MSS dan bisa ngobrol adep-adepan sama Bang Dika walaupun cuma berapa menit, tapi itu udah buat gua seneng banget.

Terus Bang Dika bikin Malam Minggu Miko, gua antusias banget buat nungguin setiap minggunya karna selalu bikin ngakak. Pas dia maen di film Cinta Brontosaurus dan Cinta Dalam Kardus gua juga langsung nonton. 

@radityadika mungkin adalah salah satu akun yang gua follow pas awal gua maen twitter tapi dulu gua ngga begitu ngikutin tweetnya, baru deh pas mulai koleksi bukunya gua jadi ngikutin terus bahkan kalau gua beberapa hari ngga twitteran, pas on gua langsung stalking TLnya buat nyari info terbaru tentang Bang Dika atau sekadar bacain mention yang pertanyaannya konyol terus di jawab konyol juga sama Bang Dika.

Gua emang bukan pembaca buku Bang Dika dari awal dia jadi penulis tapi kayanya gua ngga bisa di bilang karbitan juga kali ya. Karna kan gua langsung cari tau info-info tentang Bang Dika dan beli semua buku karya dia. Bisa lah ya gua di bilang Raditya Dika Lovers atau lebih singkatnya RDL. (jadi inget satu tahun lalu pas bukber bareng Bang Dika dan RDL lainnya)

Project Bang Dika selanjutnya, katanya mau bikin Malam Minggu Miko part 2 dan Manusia Setengah Salmon mau di film.in. semoga  semuanya sukses ya bang. Walaupun sebenernya gua masih nungguin buku baru Bang Dika terbit, karna kan tahun lalu, dia bilang mau ngeluarin buku lagi tahun ini tapi sampe sekarang kayanya belom ada arah ke sana. Sepertinya Bang Dika sibuk banget dengan hal-hal baru tapi yang penting dia tetap berkarya lewat apapun itu medianya. insyaAllah gua dan RDL yang lainnya selalu support lu dengan beli buku karya Bang Dika atau nonton Filmnya. 
Love you, Raditya Dika

No comments:

Post a Comment