Friday 30 September 2016

cabs dari gramed

sebenernya gua ngga tau mau mulai dari mana karna terlalu banyak yang udah terjadi. flash back setahun lalu aja ya. nanti kalau mood dan inget mungkin akan ada part 2 dst.

30 september 2015
setelah ngabisin cuti, akhirnya hari ini gua ke gramed lagi. kali ini bukan buat kerja tapi buat pamitan. jalan dari siang supaya bisa ketemu yang shift pagi sama siang. pas nyampe langsung naro plastik gede yang gua bawa di kasbes (kasir besar). "bawa apaan mal?", kenang-kenangan buat temen-temen gua. isinya sih cuma tote bag adorableprojects.


hari ini gramed isinya kebanyakan yang lembur, karna partner mereka lagi pada ke anyer (mungkin bakal gua ceritain di postingan selanjutnya, tapi ngga janji ya).


sekitar jam 4, gua, tiya, dani, masuk ke ruangan store manager buat ketemu pak tanto. kita ngga masuk satu-satu kaya tahun lalu karna kelamaan dan yang diomongin pasti itu-itu aja. kali ini kita juga udah tau apa keputusannya, ngga sedeg-degan tahun lalu. ya walaupun gua sama tiya masih berharap ada kesempatan buat lebih lama lagi di sini. ngarep banget ya hahaha. tapi itu ngga akan mungkin. tau kan peraturan k2  (kontrak 2), nah itu yang ngga bisa diakalin sama gramed. jadi mau sebagus apapun kerja lu, ya tetep aja batas maksimalnya dua tahun. kecuali gramed mau ngerekrut orang itu jadi kartep (karyawan tetap) tapi itu jarang banget.

kurang lebih yang kita omongin sama pak tanto sama lah kaya tahun lalu. ngasih kritik saran buat gramed dan orang-orangnya. kalau kaya gini kebiasaan gua adalah lupa apa yang mau di sampein. padahal beberapa bulan lalu sempet gondok karna masalah..... (ah, gua udah lupa hahaha). "makanya besok-besok di catet mal" ah udah ngga ada besok-besok kan udah kelar.

pak tanto ngomongnya muter-muter, bikin kita gregetan dan jadi ketawa. "saya minta maaf" iya pak udah kita maafin kok, hahaha. setelah di kasih surat dan keluar dari ruangan maka selesai lah tugas kita dua tahun ini. rasanya campur aduk.

gua sama tiya langsung masuk kasbes. begitu pintu ditutup air mata gua langsung netes gitu aja. gua nangis di balik pintu kasbes. yawlah padahal gua udah nahan banget ini buat ngga nangis. tiya juga nangis di depan brangkas. dan lu tau apa yang mbe veb lakukan? nyuruh kita nyingkir, jangan deket-deket brangkas karna dia lagi pindah-pindah uang. yawlah mba, ngga ngertiin banget sih, kita kan lagi sedih. pas gua pamit ke dia juga, dia ngga mau. "ngga usah pamit-pamit, nanti kan masih pada bisa main". mungkin sebenernya dia juga sedih tapi sok tegar hahaha.

gimana gua ngga sedih ninggalin mba veb, dia itu udah kaya kaka/ibu gua di gramed. gua sering di kasbes berdua doang sama dia, dari ngebantuin kerjaannya dia, ya ngelinting, ngitung cc, pindah-pindah, ngerekon, cash opname, dll sampe ngomongin buku, traveling, nyambung lah. kalau dia cuti pasti kerjaannya dilimpahin ke gua, gua sih nggapapa ya walaupun kadang ribet juga apalagi kalau ada yang selisih dan bermasalah. palingan pas dia masuk langsung nanya-nanya ke gua, kalaupun gua libur pasti di whatsapp.

pas gua tinggal berapa bulan lagi, gua bilang ke mba veb buat ngajarin ke yang lain. karna nanti kalau gua cabs, dia ngga ada yang bantuin. dan ayas lah pengganti gua. berapa bulan sebelum abis kontrak itu gua udah lumanyan angkat tangan ngebantuin kerjaannya mba veb, paling ngedampingin ayas. (terus sekarang ayas juga udah cabs, gua ngga tau siapa yang gantiin).

keluar kasbes kita langsung ke area buat pamitan. udah nahan buat ngga nangis nih, eh tapinya keluar juga. mana diputerin lagu sheila on 7 - kisah klasik untuk masa depan sama anak the jak lagi, makin-makin dah.

kelar pamit kita ke a&w, soalnya gua sama tiya kelaperan. ipin, danang, bang joko pada nyamperin tapi mereka ngga mau ngumpul di situ jadinya kita ke family mart. orang mah abis kontrak ditraktir ya, ini mah yang ada kita yang nraktir. amsyong dah hahaha.

kita lumayan lama juga di FM. ka nisa sampe nyusul, kalau ngga salah dia abis dari grand indonesia. terus kan ada ondel-ondel yang lewat dan tiya langsung kabur, kita ketawain aja. itu ondel-ondelnya nyamperin lagi makin heboh aja dah nih anak. udah tuh kita balik jam 7an.

ini bukan akhir, tapi ini awal. harus buru-buru cari kerja lagi kalau ngga mau keuangannya kacau.

ah sedih banget gua keluar dari gramed. gimana ya, juni 2013 itu gua ngebayangin jadi salah satu karyawan gramed, oktobernya gua malah beneran bisa kerja di sana. 2 tahun itu bukan waktu yang singkat. banyak banget kenangannya dari yang seneng sampe yang bikin gondok.

kalau lu pikir kerja di toko buku itu bisa baca buku terus, lu salah. kita malah ngga dibolehin baca pas jam kerja. harus ada target yang tercapai setiap bulannya. harus selalu senyum apapun kondisi hati lu. karna cust itu raja. kalau udah masuk guest comment (yang buruk ya) maka amsyong lah, pas briefing pasti di cecer. tau ngga apa yang sering jadi masalah di gramed selain senyum? harga di label sama di komputer itu beda. ya namanya manusia pasti pernah buat kesalahan kan, apalagi kalau lagi rame kadang suka ribet sendiri dan ngga merhatiin harganya, amsyong lah kalau dapet cust yang kecot.

cust juga karakternya beda-beda, ada yang beda harga 300 perak aja langsung marah-marah, tapi ada juga yang baik banget. gua pernah nyampulin buku doang, eh di kasih gocap. yawlah itu bapak pengertian banget, tau aja lagi tanggal tua. padahal waktu itu gua sama tasya emang ikhlas mau bantuin tanpa ngarep apapun.

dua tahun di gramed, banyak karyawan yang pergi dan dateng. dari jaman store managernya pak benny, pak hendrikus, pak setya. SSnya masih formasi pak trias, pak chris, pak adi, pak eko. sampe dateng pak imam, pak luluk sama mba dev. bener-bener keilangan banget pas pak chris pindah ke gancit. walapun galak tapi dia baik. kalau marah ya bener-bener diomelin tapi kalau udah kelar bakal ngajakin becanda lagi. back office, sampe gua cabs masih sama, bu mini, pak tanto, mba veb, om ndut, mba yeshi, pak budi. senior-senior kasir gua, dari ka hilda, ka riska, ka dita, ka tian, ka mala, ka fenny, ka eka, bu cici, temen-temen kasir yang cuma sampe kontrak 1, ka aisyah sama cito. sampe formasi terkahir pas cabs, gua, tiya, nisa, gulo, sandi, ayas, irun, megga, juwita. mereka lah partner-partner gua, yang ngebantuin kalau gua mau libur karna kuliah. karna kerja di retail ngga segampang itu kalau mau libur weekend. makasih ciwi-ciwiku.

senior-senior cso, store associate, stationery, ka tri, ka adnan, ka nisa, ka zein, ka aji, bang zikri, ka ilyas, ka adit, ka aci, ka abenk. mereka lah yang ngeback up gua, ngebantuin gua pas lagi sendiri. temen-temen seperjuangan gua, dini, ipin, danang, dll. junior-junior gua, tasya, rifka, siti, ratih, jodi, alvin, batak, jarwo, muah, cut, maul, dll. makasih banyak buat semua bantuannya. karna kerja kaya gini tuh ngga bisa sendiri, pasti butuh orang-orang buat ngebantuin. kerja tim lah. makasih juga buat anak-anak konter yang terlalu banyak kalau gua sebutin karna keseringan gonta-ganti. buat security, mami, bang joko, pak ena, makasih udah ngeback up kita kalau ada cust yang usil. buat fresklindo, bang muas, bang firdi, bang deni, makasih udah mau direpotin sama pesenan kita yang sering ribet. makasih buat semuanya. maaf kalau ada yang ngga kesebut. intinya gua seneng bisa kenal kalian. semoga kita masih bisa silaturahmi walaupun udah ngga di gramed lagi. maaf kalau ada kelakuan gua yang ngga kalian suka.

pas gua nyelesain tulisan ini, di the comment nyetel lagu kisah klasik juga, ah makin sedih gua.

bersambung (?)

No comments:

Post a Comment