Tuesday 6 September 2016

tiba-tiba suddenly konser efek rumah kaca


pertama tau info ini dari ig-nya mas cholil. pokoknya pagi-pagi sebelom gua berangkat kerja. jadi gua bisa bawa kaos buat ganti. dari semua orang yang share di ig, ngga ada yang ngasih tau info tentang tiketnya gimana. sampe akhirnya jam setengah 12 gua whatsapp rurushop, yang baru di bales sore. beli tiket langsung di sana dan open gate jam 7. sebenernya gua juga masih belom pasti sih mau dateng apa ngga. karna hari ini puput ultah dan gua takutnya dia ngajakin ngumpul.


sampe jam setengah 6 ngga ada ajakan ngumpul jadinya gua siap-siap aja. jam 6an udah selesai sholat magrib, eh pas gua mau order gojek malah error. sempet stuck beberapa menit gara-gara itu. ampun deh ada-ada aja kalau lagi buru-buru gini. akhirnya gua naik grab bike, yaelah kalau kaya gini mending dari awal gua ordernya grab bukan gojek. di jalan gua harap-harap cemas, takut ngga kebagian tiket. karna katanya cuma ada 300an tiket. mana abangnya ngga tau gudang sarinah di mana. jadi gua mesti liat maps mulu.

nyampe gudang sarinah jam 7an dan antrian udah panjang, mana ngga jelas arahnya kemana, ngga maju-maju lagi. kayanya kalau cuma 300 tiket gua ngga kebagian deh. orang-orang yang dateng keliatan anak seni banget, gaya sesuka hati, cowo-cowo yang pake tote bag tapi ngga kemayu. gini ya penampilan para penyuka band indie hahaha.

photo by ka @rahneputri

jam setengah 8, malah di suruh naik dan antrian jadi ancur banget. di suruh 1 line, sedangkan itu udah 4 line dan panjang banget. yang bikin makin riweh tiketnya tinggal 60an. amsyong ini mah alamat ngga dapet. selama antri, di depan gua itu pasangan, di belakang gua juga pasangan. nggapapa kok, udah biasa gua sendirian hahaha. terus sebelah gua itu 3 cewe, anak unpad/umn jurusan jurnalistik ya, reporter gitu yang lagi pada magang di majalah femina dan sejenisnya. gua mah apa atuh cuma anak akuntansi unpam hahaha. gua kerja di kantor majalah juga, tapi kan bagian finance. 

60 tiket abis, gua masih di tengah-tengah barisan. nunggu lagi sampe akhirnya ada 50 tiket dan pas udah tinggal 5 orang lagi sebelum gua. tiketnya abis coy. nyesek? banget! tapi entah kenapa gua yakin bisa masuk. perjuangan gua buat ke sini ngga akan sia-sia. kata orang yang depan gua pun lapaknya masih banyak. jadi tenang aja, pasti kebagian. 3 cewe tadi juga yakin kita bisa masuk, "kita kan kecil-kecil, muat lah", "lagian ini kan erk, kalau seringai mungkin bakal rusuh" rusuh yang dimaksud itu pada moshing kali ya dan tadi tuh mereka nyebutnya "erek" bukan "e er ka" hahaha ada-ada aja dah. ada yang ngasih usul gini, kalau kita ngga bisa masuk, seengganya bikinin layar buat nonton dari luar. kata bang dagienk, "ngga sempet belom lagi mesti narik-narik kabelnya".


40 tiket terakhir (katanya) akhirnya dijual dan alhamdulillah gua bisa dapetin. gelang begini doang? yaelah kalau tau mah gua bawa aja tuh gelang punya ade gua, ngga perlu antri panjang gini hahaha. pantes aja tadi ada yang nyeletuk, "pake gelang dari sedotan aja". jadi yang dimaksud gelang buat tanda biar bisa masuk toh.


gua masuk, udah rame, lagi bawain lagu "merah". gua ikut lesehan deh. iya nontonnya ngedeprok. gua duduk di sisi kiri stage, saik dah baru pertama gua kaya gini. biasanya kan berdiri dan kalau dapetnya belakang gini jadi ngga bisa liat ke stage. tapi karna lesehan gini, jadi stage-nya keliatan. gua suka sama konsep stage-nya. bener-bener minimalis tapi bagus. tulisan ERK yang digantung di ranting pohon. huruf-huruf yang dilapisin pake kertas mengkilap.  background sebelah kanan pake kain hitam, sebelah kiri kain putih yang juga jadi layar buat nampilin lirik yang di pantulin pake proyektor. tengah-tengahnya pake papan-papan bekas sama rumbai-rumbai dari sisa kertas mengkilap tadi. karna kreatif ngga mesti mahal.

gua rasa pas gua masuk itu bukan 40 tiket terakhir, karna banyak banget yang duduk di belakang gua. lagian kayanya ngga adil aja gitu kalau pada ngga bisa masuk. kasian yang udah jauh-jauh. gua juga ngerti sih kenapa panitia bertindak gitu. mereka juga ngga ngeduga yang dateng akan sebanyak ini dan mereka harus mastiin ruangannya masih muat apa ngga.

full tjoy

setelah merah selesai di lanjutin sama biru, jingga, putih, kuning. terus desember di bawain. biasanya kan desember lagu penutup, jangan bilang ini udah closing, kayanya ngga mungkin deh. masa baru 40 menitan udah kelar. belom puas nih. desember tuh udah kaya anthem buat para pencinta efek rumah kaca. lagu wajib deh. pasti semuanya pada apal.

kalau tadi pas lagu-lagu di album sinestesia di bawain sama efek rumah kaca formasi sekarang. desember dan seterusnya dibawain tanpa wanita-wanita keren itu tapi di setiap lagu ada bintang tamunya. jujur nih ya, sebenernya gua ngga tau itu siapa aja, yang gua tau cuma ka puti sama bang gesit doang, danilla aja tadinya gua ngga tau yang mana hahaha.

songlist semestinya

jadinya kaya gini, maklum dadakan

desember, debu-debu berterbangan, melankolia, kamar gelap, hujan jangan marah, merdeka, tubuhmu membiru tragis, di udara, jalang, banyak asap di sana, sebelah mata. itu yang mereka bawain bareng bintang tamu yang ada. dalam keadaan duduk gitu, lagu yang paling petjah menurut gua yaitu di udara. sampe-sampe bikin gua lupa ngerekam saking terpananya hahaha. sebenermya gua berharap jatuh cinta itu biasa saja dibawain tapi kenyataannya ngga.

ig : malindaarizkyy
itu beberapa cuplikan video yang gua share semalem, nyepam banget si malinda hahaha. suasana di sana emang minim cahaya. gua mau pake flash juga ngga enak karna yang lain ngga ada yang pake flash dan jarang pada ngerekam.

pas bilang, “ini lagu terakhir” kita semua langsung berdiri terus maju ke arah stage. cinta melulu dibawain dan kita semua jejingkrakan, mas cholil sampe diangkat-angkat. petjah dah. 

dua setengah jam di manjain sama penampilan efek rumah kaca, durasi yang cukup lama menurut gua. karna biasanya konser-konser yang gua datengin itu maennya cuma sejam. kita semua sing along di semua lagu, udah kaya karaokean bareng-bareng.

terima kasih efek rumah kaca karna udah bikin tiba tiba suddenly konser. ngga sia-sia gua bela-belain ke sini. buat nonton kalian mah sendirian gua juga nggapapa kok #jomblowoles #jombloharuskuat hahaha. gua seneng banget bisa jadi salah satu penonton kalian. akhirnya kesampean juga liat efek rumah kaca konser, karna tahun lalu gua cuma bisa liat pas lagu terakhir kalian bawain di heyho fest, yaitu desember.

kalau liat postingan di instagram tentang tiba-tiba suddenly konser hampir semuanya pada seneng. kami yang menonton konser semalam adalah orang-orang yang beruntung, karna kami ngga harus nunggu sampe 5 tahun ke depan. alhamdulillah gua jadi salah satu di antara 1.313 penonton semalam. yap, ngga ada yang ngira bakal sebanyak itu yang nonton, angkanya cantik lagi, dan yang paling boom sih, konser ini baru di announce pas pagi hari H. alig deh para die hard fansnya efek rumah kaca, ini baru di jakarta dan dadakan loh, gimana kalau di rencanain dan diumuminnya dari jauh-jauh hari, pasti bakal lebih rame lagi.

sekali lagi terima kasih efek rumah kaca dan semua panitia yang bertugas. kalian keren!


ps. foto gua di instagram tentang konser semalem (yang captionnya buat draf postingan ini) di komen bang popo :p


No comments:

Post a Comment