Sunday 18 September 2016

stand up comedy david nurbianto #ruparupajkt


berawal dari oji yang ngeRT tweetnya bang david tentang acara rupa-rupa jakarta. terus gua cari info, nanya-nanya ke nomer yang ada di foto. sampe akhirnya langsung transfer buat beli tiketnya padahal acaranya masih sebulan lagi. "cepet amat mal, nanti kan juga bisa". takut bulan depan ngga ada budget, lagian lokasinya deket dari rumah, acaranya juga hari sabtu dan gua masih libur kuliah.


setelah gua udah transfer baru ada info tentang harga spesial buat the jak. mau nyesel juga ngga guna. gua kan ngga punya KTA. "makanya bikin mal jangan jadi rojali" iyee ntar gua bikin yak.

terus minggu kemaren mas why ngebahas rupa-rupa jakarta, gua langsung nanya, "mas why ikut?" eh dia malah nanya itu sistemnya kaya gimana. gua jelasin dah, presale 80k, ots 100k, kalau punya KTA jakmania 50k belinya di JO. "oh JO ikutan, gua tanya temen gua (bang saif) dulu deh". kayanya sih dia langsung nanya soalnya langsung ngeshare di grup finance. tapi ujung-ujungnya dia ngga dateng dengan alasan "pengen sih dateng (padahal gratis, karna temen gua buka lapak di sana), tapi ngga pas kalau bawa anak dan ngga mungkin gua jalan-jalan weekend kemana-mana ngga sama anak".


17 September 2016
sabtu, libur kuliah, malah harus ke kantor. nggapapa deh, seengganya semalem energi gua udah di charge dengan nobar dan asal ntar baliknya ngga sampe malem aja karna gua mau nonton stand up-nya bang david.

jam 3 gua balik dari kantor, tadinya mau ke setu buat nuker tiket tapi gua mager. jadi langsung pulang ke rumah. jam setengah 5 gua udah ngantuk banget tuh, terus JO ngasih tau batas penukaran tiket sampe jam setengah 6. mamps gua. niatnya kan gua mau ke sana abis magrib aja. eh tapi kan gua ngga beli di JO, yaudah gua whatsapp ruparupajkt aja dan katanya tutup jam setengah 8. jadi aman, gua bisa tidur bentar. untungnya semalem si gembel udah nuker tiket yang beli di JO jadi ngga mesti buru-buru karna dia bilang bakal telat datengnya.

jam 6 siap-siap, terus otw setu. nyampe sana jam setengah 7 lewat. ternyata jarak rumah gua ke setu cuma 4,6km setara dengan ongkos gojek 6k kalau bayar pake gopay hahaha.


pas nyampe gua langsung nuker tiketnya. terus nelfon oji, untung nih anak udah nyampe. yey ngga jadi sendirian hahaha. oji sama fajriah daftar btpn wow, gua ditawarin juga sih tapi gua ngga bawa ktp. ada untungnya juga ngga bawa dompet *ehh. di depan tenda bajak ada para komika yang lagi-lagi gua taunya cuma dikit, paling yang gua tau bang yudha, soleh solihun, aci suca2.

urusan regist udah kelar, kita jalan tuh ke depan buat nyari jajanan. karna ngga ada mini market yang deket jadinya ke warung sebrang. eh ada komika yang lagi pada ngumpul, yang gua tau sih cuma bang adjisdoaibu sama lolox.

balik lagi ke dalem dan kita masuk ke yang bunderan ada air mancurnya, gua ngga tau nama yang tepat buat nyebut area itu. mana pas masuk gua diledekin, kira-kira gini, "cowonya 1 kok cewenya 2", "itu dia lagi nyari bang, kali aja dapet", anjir emang nih gembel, gua masuk sambil ngomel-ngomel ke dia. iya gua emang jomblo tapi ngga usah sampe segitunya juga kali.

duduk dah kita di pinggiran kolam. oji sama fajriah beli laksa. terus gua diledekin lagi gara-gara ngga doyan. "betawi masa ngga doyan ginian" ya maklum gua kan betawi gadungan, kaosnya doang nih yang betawi.

tadi juga bang saif sama anaknya beberapa kali lewat depan gua, kayanya sih lagi nyari bang kojek. rasanya gua pengen bilang gini ke mas why, "mas, temennya aja dateng bawa anak-anaknya masa mas why ngga dateng" tapi ngga jadi, keburu gua inget hpnya dia kan error kalau aplikasinya ngga di buka ya dia ngga tau kalau ada whatsapp masuk, ntar aja dah pas di kantor.

sampe jam setengah 8 lewat belom open gate juga. yawlah ini mau mulai jam berapa dah? gua udah ngantuk (lagi) nih.

kita keluar lagi tuh, ke area penukaran tiket (lagi). sambil nanya-nanya sendiri "ini sebenernya lewat mana sih masuknya" "mau di buka jam berapa". si fajriah bilang "ada bang wanda", "bang wanda itu siapa?" "itu yang ganteng" gua langsung nge-search fotonya, "oh yang tadi di warung sebrang, yang paling cakep".

kita duduk di pinggiran deh. oji cerita ke fajriah kalau semalem kita ngedeprok di tanah, bukan duduk di trotoar (gua ngga tau nama yang bener apa) gini. kata oji, "untung semalem gua bawanya dia" sambil nunjuk ke gua, kesannya apa ya. seakan-akan gua rela aja kalau suruh ngedeprok di tanah. tapi emang iya sih, gua ngga akan ngeluh kalau buat persija mah hahaha. kita juga baru tau gimana tata letaknya daerah ini. karna semalem itu bener-bener penuh. pintu masuk pun di puter-puter. tempat yang semalem buat nobar sekarang jadi parkiran.

jam 8 pada masuk lewat tempat tadi, yang area kolam itu, bukan sebelah kanan area penukaran yang pintu gede. yaelah kalau masuk lewat sini mah mending tadi ngga usah keluar. kita masuk tuh, muter ini mah. terus duduk di bagian tengah. depan gua ada bang yudha. samping kiri ada bang wanda, samping kanan ada bang rigen. ini sampingnya bukan samping persis ya tapi selisih 2-3 orang gitu.

gua bilang gini ke oji, "ji, ini kayanya  vip deh", kata oji biarin aja kan siapa cepat dia dapat, ngga ada aturannya juga. yaudah kita stay di situ. mulai deh acaranya. dari tari, terus bang anto bangor jadi opener. berhasil bikin ketawa dan dalem hati gua bilang gini "njir betawi banget" karna dia ceritain tentang keluarganya yang betawi, engkongnya yang kalau bosen malah naik haji lah, setdah sombong bener ya hahaha. oiya tadi juga pas kojek rap betawi perform si fajriah bilang gini, "djnya keren" yang langsung di sewotin sama oji hahaha untung gua jomblo ya jadi bebas mau ngeliatin siapa aja dan bilang "si xxx keren/cakep/kece" tanpa perlu di sewotin.

pas bang david tampil, warga sekitar pada masuk tuh. kata oji, "enak ya jadi akamsi ngga perlu bayar". tapi kalau kata bang david biar pada berbaur. iya juga sih, lagian itung-itung minta maaf juga karna semalem udah bikin "berisik". bang david minta maaf karna mulainya ngaret. dia ngejelasin alasannya. kalau pandji atau ernest yang stand up enak yang diurusinnya cuma dikit, lah ini yang nari aja ada 8 orang. ok bang permintaan maaf di terima dan alasannya masuk akal. bang david juga ngejelasin kenapa dia milih bikin #ruparupajkt di setu bukan di GKJ (gedung kesenian jakarta) "ntar balik nonton malah mampir ke alexis lagi" hahaha. "lagian gua bikin di sini biar jauh dari kota, jauh dari kota berarti jauh dari maksiat". di amphi theater ini juga ada 4 unsur, air, tanah, api, udara, saik kaya avatar hahaha. eh pas bahas kalijodo tiba-tiba petir, serius itu bikin kaget banget. gerimis makin banyak sampe akhirnya ujan deres terus kita pada melipir. tadinya gua nggapapa ujan-ujanan kalau banyak yang stay. lu kira GBK mal, yang di lapangan para pemain yang udah biasa ujan-ujanan, di area penontonnya juga masih ada atap walaupun kalau ujannya banyak pasti tampias. lah ini kan yang di tengah komika, ntar yang ada masuk angin, lagian juga kalau dia ngomong ntar ngga bakal kedengeran, terus juga area penonton ini bener-bener beratapkan langit.

udah tuh kita ke dalem, sebenernya udah lepek juga sih, jadi rada ngga guna. terus ada yang ngasih tau kalau acara tetep lanjut cuma nunggu 30 menit, baiklah. lagian ngga mungkin kalau berenti sampe sini aja, yang ada ntar pada ngamuk, soalnya bang david aja baru bentaran doang stand upnya. ngga mungkin juga kalau di reschedule, budgetnya pasti bakal nambah, penonton pun belom tentu bisa.

terus kita ke teras tuh, sampingan sama para komika. njir ini komika pada kompak banget ya. mereka tetep stay, terus ngechant kaya supporter bola "david, david, david nurbianto". mungkin karna mereka sama-sama mulai dari bawah, dari komunitas, dari belom terkenal sampe sekarang kaya gini. salut gua. ada yang bilang gini juga, "ntar dari awal lagi ngga ya? soalnya ribet kalau ada call back tapi penontonnya udah lupa, jadi ngga kena kan" lah iya bener juga.

setelah ujan mulai reda, akhirnya acara di lanjutin lagi. salut sama para volunteer yang ujan-ujanan buat ngepelin lantai biar ngga basah-basah amat dan salah satu di antara mereka itu, bang yudha. rada kaget sih, soalnya tadi pas ujannya mulai deres dia langsung cabs karna bawa laptop, dan sekarang gua liat dia lepas jaket terus ikut ujan-ujanan buat bantuin. kelar acara gua mention dia bilang kalau gua salut dan dibales "sebuah kewajiban itu bisa bantu". kepsir.

show must go on, dari berdiri sambil atasnya ditutupin terpal sampe duduk lagi. gua, oji, fajriah tetep duduk di area tadi, tapi kanan, kiri, depan kita bukan lagi para komika.

dibuat ngakak sama penampilannya bang afifxavi sama (bang apa neng ya) dickydifie. kalau kata yang laen mah, naikin mood penonton. terus celananya bang afif robek, makin ngakak lah kita. kan mereka pada adu silat gitu, berantem ala-ala dah, gua ngerinya kalau pada kepleset soalnya itu lantai licin banget masih banyak air yang ngegenang. bener aja kan, pas adegan jatoh itu jadinya jatoh beneran. totalitas.

lanjut lagi bang david stand up, masih ngebahas betawi, tahu bulat ft. ondel-ondel, jkt 48, suka duka jadi komika, ketika nganggur sama libur bedanya setipis kulit bawang, ngomongin bang abdur yang pamer maen di okjek, dll.


sampe akhirnya di tutup sama performnya kojek rap betawi yang bawain enjoy jakarte sambil ada petasan yang nyala. keren. para performer dan volunteer naik ke panggung terus pada sujud syukur. seketika dibuat merinding. ngga sia-sia gua dateng ke sini. kepsir lah buat semuanya, performer, volunteer, penonton yang rela ujan-ujanan dan masih stay sampe acara kelar.



tinggal pulangnya aja dah gua yang bingung nentuin lokasi buat di pick up sama gojek. sampe si gembel lewat, abang gojeknya belom nyampe juga. sendirian di pinggir jalan, baju, tas, celana, sepatu udah pada basah, malem minggu belom kelar, yaelah lengkap amat mblo. akhirnya drivernya dateng, nyampe rumah jam 11 dan langsung mandi, kan ngga lucu kalau abis ini malah sakit.

pas nyampe rumah gua baru inget, gua kan mau beli kaos jakarte di JO,  soalnya di bajak abis. yauds ntar beli online aja lah.

sekali lagi terima kasih buat semuanya. buat oji sama fajriah yang rela direcokin sama jomblo satu ini. padahal gua pengen ngerasain gimana kalau nonton stand up sendirian tuh, setelah udah ngerasain gimana nonton persija sendirian, nonton konser SO7/barasuara/ERK sendirian, nonton di bioskop sendirian. eh tapi kalau suasananya kaya tadi gua bersyukur ada kalian hahaha.

big respect! semoga ini ngga cuma sekali dan terakhir. semoga ada acara #ruparupajkt lagi.

2 comments:

  1. Salam Kenal Mal, Seru juga ceritanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga. makasih ya udah mampir dan baca

      Delete