Thursday 19 January 2017

Finance goes to bandung

Ka rulli: malinda punya blog?
Me: punya
Ka rulli: yaudah nanti tulis tentang perjalanan ini.
percakapan itu terjadi pas kita mau check out. 

Sebelum cerita panjang, gua cuma mau bilang, sebenernya gua ngga ada persiapan buat nulis, karna gua mau liburan, tapi sayang juga sih kalau ngga ‘diabadikan’. Gua ngga ngedraf atau semacamnya, jadi mungkin ada beberapa kejadian yang kelewat buat gua ceritain.

Dari tahun 2016 kita emang udah ngerencanain buat jalan-jalan, tapi kaya biasa, cuma wacana-wacana aja. Terus juga pas November kita pada sering lembur buat nyelesaiin laporan, terutama si mia yang sering pulang pagi. Desember udah lebih nyantai, terus mas Fahri bilang ke bapak kalau kita mau jalan-jalan. Di bolehin tuh sama bapak, malah disuruh langsung pas weekend minggu itu. Tapi kita ngga mau, karna itu posisinya lagi tanggal tua banget. Jadi kita bilangnya nanti aja pas januari. Karna kalau ditunda-tunda nanti duitnya pada abis jadi kita mutusin buat jalan-jalan tanggal 7-8 Januari.

6 Januari 2017
Si bapak kan ulang tahun jadi kita dibeliin makan siang. selagi nunggu bapak-bapak yang sholat jumat dan beli makan, ka suci, ekky, mia pada bikin rundown buat besok. Tapi mereka riweh banget, nanya-nanya mulu ke ka rulli, jadi yang tadi niatnya mau tidur bentar malah ngga bisa. 

7 Januari 2017
Gua nyalain alarm dari jam setengah 5 dan baru bangun jam 5. Terus pas setengah 6, nyokap nanya, “kok belom jalan sih? katanya mau berangkat (dari kantor) jam 6”. Gua cuma cengengesan, paling juga ngaret. jam 6 kurang gua naik gojek, terus pas di pasar cipete, drivernya bukan belok kanan ke arah antasari malah lurus ke arah cipete, et dah kecot banget.  


Jam 6.15 gua baru sampe kantor dan yang belom dateng itu friska, ka isri, ka mely. Yang lain pada sarapan bubur dulu, gua tadi udah minum susu dan makan mie goreng berapa suap cuma buat ngeganjel. Ngga lama kemudian friska dateng deh, sambil nunggu yang lain, kita foto-foto. “janjinya jam 6” Itu kata-kata yang muter terus selama kita foto, si ekky tuh bikin video eh ke-play terus. Sampe kita nanya, “itu apaan sih, katanya jam 6, katanya jam 6”. Jadi dari semalem itu kita udah bilang, “besok jam 6 udah jalan dari sini (kantor) ya“ tapi seperti biasa ada aja yang ngaret. 

Jam 7an kita baru jalan dari kantor. Mobil avanza “POT” silver dibawa mas Fahri, sebelahnya mas why, tengah ka isri, ka mely, mia, belakang ekky, aldi, friska. Mobil avanza “POS” hitam dibawa mas tiko, sebalahnya fikar, tengah mas sendi, ka ariani, ka rulli, belakang ka suci, meta, gua. Terus pas di tol, ka suci ribut mau pipis dan itu posisinya masih jauh dari rest area. Dari gua belom pengen pipis, sampe gua ikutan pengen pipis juga. Tau kan gimana rasanya nahan pipis. Mau dibawa tidur juga ngga akan bisa. Akhirnya kita berenti, ke toilet dan lega sudah. Baru dah bisa tenang, bisa nyemil lagi, bisa merem bentar. Tiga anak di belakang ini selalu riweh, ada aja yang diributin, jadi ketika kita tidur, suasana mobil bisa lebih damai, hahaha. si fikar juga bukannya jadi asistennya mas tiko buat nyiapin duit tol, dsb malah tidur mulu, dasar panjul.

Keluar tol pasteur kita pisah jalan sama mobilnya mas Fahri, setelah lampu merah mereka lurus, sedangkan kita belok kiri. Kita lewat rumah penduduk gitu, jalannya naik turun dan lumayan curam, sedangkan mas Fahri lewat jalur utama. Kita nyampe duluan di floating market, tadi pas di depan jalan masuk ada beberapa anak bonek. Istilahnya tuh, “bonek geruduk bandung”, tujuannya buat memperjuangkan nasib klub kesayangan mereka, persebaya. 

Sambil nunggu rombongan mas Fahri, kita duduk-duduk di luar. ada matahari sih tapi masih adem ngga begitu panas. Air di toiletnya juga dingin banget. Rombongan mas Fahri dateng, kita masuk deh, ada yang langsung tuker tiket buat dapet minum, ada juga yang langsung jalan. Sebelum makan, kita sholat dulu dan panjul ikutan sholat, Alhamdulillah. si mia sama ekky kan lagi ngga sholat jadi mereka hunting, nah pas kita udah selesai sholat tuh anak 2 belom balik juga, sampe harus ditelfonin.

Kita lanjut jalan deh, ada penyewaan kimono gitu, ada sewa perahu, tapi kita langsung ke tempat makan karna udah pada laper. Tadi juga pas di mobil ka suci udah ribut kelaperan, disuruh ganjel pake wafer ngga mau karna katanya malah mual, mau nyari makan di depan floating market ngga ada yang jual, mana dia punya maag. 

Sistem belanja di floating market itu pake koin khusus, jadi kita harus nuker uang tunai buat dapetin koinnya. Yang ngga enak sih, kalau koinnya lebih, ngga bisa dituker uang tunai lagi. Jadi mendingan nuker sebutuhnya kita aja. Karna rame banget jadi sebagian dari kita cari makan, sebagiannya lagi cari tempat duduk. Setelah ka rulli, ka suci dkk mesen makan, giliran gua sama meta lah yang nyari, kita kan mau makan nasi ya, eh ngga ada yang jual, sampe kita muterin semua tukang jualan. akhirnya gua beli ketoprak, meta beli gado-gado. Pembeli yang lain pada manggil tukang jualannya pake sebutan “teh” gua mah tetep manggil “mba”, karna udah kebiasaan.

Kita semua udah pada makan, lalu nyantai, ngobrol, foto, ngerokok, baru deh lanjut keliling lagi. Koin ka rulli & ka suci kan masih sisa 20rb, jadi mereka beli semacam es campur gitu, koin gua juga masih sisa dan gua beliin semacam kerupuk pangsit isi ayam. Pas lagi jalan-jalan sambil foto-foto, ka suci ribet banget sama esnya. Kan tadi di kasih sendok sama sedotan, nah itu dititipin di plastik gua, baru juga berapa menit udah minta dikeluarin lagi, pas gua lagi mau ambilin eh kata dia ngga jadi, kan kecot. Udah tuh kita pada foto-foto lagi. Terus kan mas why foto sama mas sendi ada ka suci juga, nah pas mau di capture kedua kali mas why-nya melipir, abangnya ka suci bisa banget dah. Tadi kan gua foto-foto juga, nah pouch/tas kecil atau apapun itu sebutannya, gua titipin ke ka suci dan dia langsung gerendengan, yawlah ini orang ngga tau diri banget, daritadi kan dia juga nitip di gua dan kita malah jadi ketawa-tawa gara-gara gituan doang, bocah banget ya. Terus tiket yang tadi gua dapet itu gua tukerin sama lemon tea yang katanya dingin, pas gua minum malah adem banget, etdah dingin darimana sih.

Kelar dari floating market kita ke farm house, jaraknya lumayan deket sih. Terus pas di jalan ada tukang sosis dan kita malah mikir ke ‘sosis’ yang lain #ifyouknowwhatimean. Di farm house kita ke tangga yang ada gembok-gemboknya gitu. Terus lu beli ngga mal? Ya ngga lah, mau nulis nama siapa coba, masa gua nulis I love my self, ketauan banget jomblonya. Dari situ kita lanjut foto di tempat yang kaya depan pintu rumah banyak tanaman gitu, abis itu sholat ashar dulu. Selesai sholat kita ke atas, banyak meja dan kursi kaya di cafĂ© outdoor gitu, ada pohonan juga. Karna udah kelamaan dan yang lain ngga beranjak dari situ jadinya gua, meta, ka rulli, friska duluan ke rumah hobit. Kita ngantri buat foto di depan pintunya. Pas kita lagi gantian foto gitu, gua ngeliat ada hp beserta tongsis di pinggiran pohon. Kita minta fotoin berempat ke orang dan hasilnya kecot, kayanya dia ngga ikhlas banget. kelar foto kita melipir sambil ngamanin hp yang tadi. Kita mau nyerahin ke security tapi nanti malah takut gimana-gimana, jadi kita tunggu bentar dan bener aja, ngga lama kemudian ada yang nelfon. jadi kita serahin ke yang punya deh. setelah dari sana kita ke kandang domba, terus foto sama iguana, si jamet berani banget, kita mah foto di sampingnya juga udah deg-degan. 

Kita telfon ka ariani buat nanya mereka pada di mana, katanya di tempat yang ada burung-burungnya terus ada sapinya. Kita cari tuh ke tempat tadi tapi ngga ketemu. Ternyata tempat sapi dan hobitnya itu ada dua, pantes aja ngga ketemu. Pas keluar, tiket yang tadi dituker sama susu coklat. Kata ka rulli, dulu itu kita bisa milih mau sosis atau susu. Jadi niatnya ada sebagian yang tuker sosis, sebagian tuker susu biar bisa ngerasain semua, eh malah kaya gitu, rencana gagal deh. sekitar jam 5 kita otw hotel dan baru nyampe hotel jam 7 kurang. di tengah perjalanan tadi, si panjul minta turun karna dia mau ketemu sama temennya, jadi nanti malem dia dianterin ke hotel.

urusan check in udah kelar kita langsung ke kamar masing-masing. Gua, ka suci, ka rulli, meta, ka ariani di kamar 231. Mia, ekky, friska, ka isri, ka mely di kamar 131. Mas tiko, sendi sama aldi. Mas Fahri, mas why sama fikar, mereka sekamar bertiga. Kamar kita lumayan luas, begitu buka pintu ada sofa, tv, mini bar, meja makan, ada toilet kecil juga. Terus pas mau ke ruangan lainnya ada meja kerja, sebelahnya kasur besar, meja rias, tv, lemari. Ruangan selanjutnya ada toilet yang isinya itu bilik shower, wastafel, closet, bathub. Kita langsung buru-buru ngambil wudhu, karna waktu magrib tinggal bentar lagi. Tadinya kita mau nunggu isya biar sekalian, tapi katanya jam 8 pada mau jalan-jalan sambil nyari makan. Jadinya kita buru-buru mandi deh. Pas kita sampe lobby, eh rombongan kamarnya friska  pada belom ke bawah. Yailah tau gitu kita sholat dulu. Udah tuh kita jalan keluar hotel. Kan ada semacam mesin judi gitu ya, eh ka suci malah bilang gini ke mia, “mi, ada timezone”, etdah polos amat, hahaha.

kita lanjut jalan lagi, bandung di weekend itu sama kaya Jakarta, macet. Karna ini bandung, jadi ada beberapa orang yang pake atribut si biru, ah gua kangen Jakarta, di sana bisa pake atribut sesuka gua, kalau di sini gua pake atribut oren mungkin banyak orang yang ngeliatin dengan tatapan ngga suka. Kita langsung cari makan deh. karna dari pagi belum kena nasi jadinya malem ini harus kena nasi. Banyak tukang jajanan kan, tapi kita fokus nyari nasi dulu karna kalau jajan dulu ntar makannya ngga nafsu. Gua, meta, mia, ka ariani, ka mely, aldi, ka rulli, ekky, ka suci makan di tempat ayam bakar. Selagi nunggu makanan, di situ ada pengamen, terus kita request lagu dan bilang gini ke pengamennya “lagu 90an yang gembira”. pengamennya bingung, “apaan ya? selamat ulang tahun (jamrud)?” kita pada ngga mau. “Sheila on 7 yang bisa aja dah” dan akhirnya dia milih lagu “kita” tapi minta izin googling bentar. Lagu “kita” selesai, terus kita minta lagi, kali ini bebas, pengamennya ngusulin “ada yang hilang” lagunya ipang. gua sih tau, tau banget malah, secara itu lagu kenangan jaman putih abu-abu, tapi yang lain pada ngga tau. Jadinya lagu ke dua itu “dia” Sammy dan ketiganya “sepatu” tulus. 

Kita udah kelar makan tuh, gila sambelnya pedes banget, bukannya cabe lagi mahal ya? ini tukang dagang royal amat. Kita nyari aman dengan ngga makan sambelnya banyak-banyak daripada ntar pada sakit perut. Terus kita langsung beli es pelangi, jadi itu es serut terus disiram sirup warna warni pake susu putih, tempatnya itu pake topi ulang tahun ditebalikin tapi isinya ngga sebanyak itu, ada wadah kecil buat nampung esnya. Beli cimol juga tapi bumbunya kurang nendang. Dari situ lanjut foto di trowongan yang ada quote pidi baiq, gua pengen foto sendiri tapi jalanan lagi rame banget, kita foto rame-rame aja kecot banget. Pas kita lagi asik foto gitu ada dua anjing yang lewat dan mia langsung pucet karna kaget. Tadinya kita mau lurus lagi tapi ngga jadi, akhirnya kita ke bazaar gitu. ada setan-setanan, orang-orang mah pada foto, gua mending melipir aja, udah pernah ngeliat yang aslinya. Aldi bilang, tadi pas ada yang foto sampingnya ada anak kecil yang bawa uler nawarin buat foto bareng juga. Anjrit, gua ngebayanginnya aja udah meriding.

Ka rulli beli sosis, akhirnya makan sosis juga ya ka, daritadi siang udah ngincer banget kan. Terus dia bilang gini “mas, mayonesnya tambahin ya” yap, masih manggil mas, kebiasaan di Jakarta. Kita balik hotel lewatin braga, foto bentar tapi kaya yang udah-udah kalau foto malem-malem itu hasilnya kurang bagus. 

Friska, ekky, mia, ikut ke kamar kita karna ka isri sama ka mely masih jalan-jalan. Sekitar sejam kemudian mereka baru nyamperin ke kamar kita, ngobrol-ngobrol bentar. Terus pada balik ke kamarnya, tinggal ekky yang masih maen di kamar kita. Karna udah mulai ngantuk dan nanti takut ketiduran jadinya kita buru-buru ambil wudhu. Kelar sholat, mia dateng lagi. ka suci sama mia berebutan apa gitu, ka suci bilang gini, “emang ini kamar siape?” dengan logat betawi mana kaya bocah banget dan itu jadi bahasan sampe kita balik dari bandung.

kita pada gambreng buat dapetin kasur yang empuk. Kaya bocah ya, tapi nggapapa, kaya gitu justru lebih adil. Tadinya 3 pertama bisa dapetin yang kasur empuk, tapi harus keluar satu-satu. Masalahnya pas gambreng itu ngga ada satu yang beda sendiri, paling dikit dua orang yang sama. Begitu kita ubah peraturan jadi dua terdikit yang bisa dapetin kasur empuk duluan, malah keluarnya satu-satu. Anjrit banget kan, kaya dipermainkan hahaha. sampe kita tutup mata biar ngga ada yang curang. Ini mau dapetin kasur aja ribet banget ya, tapi justru itu yang bikin ketawa-tawa. Mia sama ekky kan masih maen di kamar kita, nah pas kita lagi gambreng gitu mereka malah ketiduran. Kita pada nyantai-nyantai deh, ngelurusin badan. 

Jam setengah 12an ka mely nelfon, nanyain dua anak itu, minta dibangunin aja, tapi kita kasian, udah pada pules banget soalnya, jadi kita tidur bertujuh deh. mumpung dapet wi-fi, gua update aplikasi dan sekalian nge-upload semua file ke google drive. Fakir wi-fi banget, mal? Hahaha biarin apa, mumpung ada yang gratisan, harus di manfaatin dan satu persatu dari kitapun pada tidur.

Jam 4 gue kebangun gara-gara bunyi alarm yang berisik banget. Alarm siapa sih tuh? bukannya dimatiin. Gua aja sengaja ngga ngaktifin biar pada ngga keganggu tidurnya, termasuk gua sendiri. Gara-gara alarm itu, gua jadi ngga bisa tidur lagi. Alarm itu pun masih bunyi lagi, gua kira itu punya ekky karna daritadi dia yang matiin tapi ternyata itu punya jamet, anaknya mah daritadi diem aja kaga matiin alarm ganggu itu, udah gitu si mia pake ngerintih dan pas ditanya katanya kakinya kram, mau diurutin sama ka rulli tapi dia ngga mau, jadinya cuma dikasih minyak kayu putih aja.

Kan posisinya masih pagi ya, eh ada yang ngegeber motor berkali-kali dan cuma muter-muter daerah situ doang lagi. Et dah, ngga di kantor ngga di sini ada aja tuh rx king. mia sama ekky balik ke kamar mereka, gua sama yang lain sholat subuh. Nonton tv sambil makan roti, ada yang minum susu, ada yang buat kopi, ada juga yang buat teh. Lagi nonton gitu, gua ketiduran. Kalau yang lain gua ngga tau dah siapa aja yang tidur lagi. Bangun-bangun jam 7an, pas mas why nelfon kamar kita buat nanyain sarapan. Rencananya ya, minggu pagi ini kita mau jalan-jalan di braga atau ke kolam renang gitu tapi kenyataannya malah lebih milih tidur. Gua mah sebodo amat lah sama jalan-jalan, badan gua udah cape, daripada gua sok maksain jalan demi foto-foto tapi abis itu tepar ya mending gua tidur aja.

Jam 8 kita udah pada mandi, yang bikin heboh itu pada masang soft lens. Sambil nunggu mereka, gua ootd aja, tapi ngga ada yang bagus, gara-gara cahaya sama tripod gua yang kecot, ah itu elunya aja yang ngga bisa mal, hahaha. Tadi pas kita lagi di toilet, bapak-bapak ke kamar kita buat ngasih voucher sarapan mereka. Kan mereka berenam sedangkan vouchernya cuma empat, mungkin ngga enakan kali ya, jadi mereka nyari sarapan di luar hotel. Jadi yang ada di kamar 231 bisa sarapan di hotel semua. Yaudah tuh kita turun, ketemu ekky sama friska terus aldi nyusul, mia nunggu di lobby, ka isri sama ka mely juga nyari sarapan di luar. Jam setengah 10 kita udah kelar makan tuh, naik ke kamar buat ambil tas. Eh katanya jalannya ntar siangan, lah mau balik jam berapa ntar. Tapi untungnya ngga jadi, jam 10 kita semua udah di lobby. sambil nunggu friska ngurusin check out, kita foto-foto lagi. 

Jam setengah 12 kita udah nyampe TAHURA (Taman Hutan Raya) Juanda. Pas di pintu masuk ada yang jualan gelang, si panjul berenti kan tuh, gua juga pengen beli. Terus abangnya bilang, gelangnya bisa buat couplean juga. Anjir, gua mau couple.an sama siapa coba? Ngeledek banget nih abangnya. Karna gua udah ditungguin sama cewe-cewe jadinya gua cuma milih satu gelang warna item. “goceng yang bang?”, “lima ribu teh” yawlah itu apa bedanya sih? kan sama aja. Udah tuh kita masuk, ngeliat hammock yang bertingkat-tingkat, yang selama ini gua nyebutnya ayunan. Terus jalan lagi ngelewatin jembatan sampe akhirnya berenti di jalan yang ada plang petunjuk gitu. Sampe kita di situ, bapak-bapak sama yang sisanya masih ngga ada, bukannya nyamperin  malah kita disuruh jalan aja duluan, ah kan ngga asik kalau misah-misah. Lagian ya kita mau ke mana sih? Kalau ke curug mah gua ngga ikut dah. itu jalannya jauh banget, bolak balik bisa 10km. Akhirnya kita nyamperin bapak-bapak yang ternyata ngga jauh dari tempat tadi, cuma jalan ke kanan berapa meter gitu. Kita ngobrol-ngobrol dan becanda, terus adzan, yaudah kita sholat dulu. Jadi kalau mau ke mana-mana udah aman. Kelar sholat kita malah duduk di depan tukang jualan makan dan pada makan bakso, indomie, ada juga yang indomie bakso. Gua ngga tau ya, ini karna udaranya yang emang dingin atau kompor abangnya ngga panas-panas amat. Soalnya kuah bakso gua adem banget, padahal gua ngarep ngirup kuahnya anget-anget gitu. Ahilah tau gitu gua mesen indomie kuah aja dah. Si jamet kan mesen indomie ya, terus dikasih cabe gitu, gua ngga tau nama cabenya apa, pokoknya gede-gede dan itu udah dipotong-potong jadinya pedes banget. Ini anak udah tau pedes bukannya makan yang manis buat netralisir malah nahan, au ah serah lu aja dah.

Setelah itu, ada kehebohan baru lagi, matanya ka suci yang lagi pake soft lens jadi merah banget., mana obat tetes gua ada di mobil lagi. Kalau kata dia tuh tadi ngga papa tapi karna kena asep rokok jadi merah gitu, ya lagian duduknya sama yang pada ngerokok. Karna udah kaya gitu akhirnya tuh softlens dicopot, tanpa tempatnya, tanpa air soft lens juga. Gini nih yang gua ngeri kalau pake soft lens, apalagi hubungannya sama mata, itu juga yang bikin gua males pake soft lens, gua aja cuma bawa ngga gua pake. Akhirnya kita semua mutusin buat langsung balik ke Jakarta aja sambil nyari oleh-oleh. Sebelum keluar kita berenti lagi di depan hammock, gua kira mah pada mau naik eh malah pada balik badan semua, yailah gimana dah. Yaudah tuh kita ke mobil, ngasih obat tetes ke ka suci. gua, meta, sama ka rulli ke tempat gelang yang tadi. Si jamet bilang gini, “10rb 3 ya, bang”, “belinya tiga tiga, apa cuma tiga?” “tiga tiga bang” dan dikasih aja gitu. Anjir, tadi gua, panjul sama mas tiko beli harganya goceng. meta beli tiga, ka rulli ternyata cuma beli satu jadi gua dua, warna abu-abu sama oren, terus gua beli kalung inisial juga. Inisial siapa tuh? Ya inisial gua lah, mau siapa lagi coba, itu aja gua ngga tau buat apaan hahaha. gelangnya oren item kaya anak the jak banget, mal? Lah kan emang gua anak the jak.

Udah tuh kita otw ke kartika sari tapi pas di jalan mobil depan malah lewat gang gitu. Si panjul nyeletuk, pasti yang nunjukin jalan om why tuh. Secara mas why itu sering kecot, ya adzan di hp yang kecepetan pas bulan puasa lah, sotoy tapi ujung-ujungnya salah, sering dah tapi orangnya mah woles aja. Kita juga bukannya ikutin maps malah ikutin mobil depan, padahal nanti nembusnya ke jalan yang tadi juga. 

Terus pas udah mau nyampe kartika sari, ada puteran balik gitu. Mobilnya mas Fahri maen belok aja tapi ngasih sein, jadinya mas tiko ikutan puter balik. Gua posisinya lagi tidur tapi pas muter itu berasa banget. Setelah itu kita jadi pada bangun. Kalau kata si panjul mah, “baru gitu doang, belom diajak nge-drift” ngga deh, makasih gua mah. Karna parkir kartika sari penuh, jadinya kita parkir di beberapa gedung sebelahnya, jadi nanti ke sananya jalan kaki aja. Yang lain pada belanja deh tuh, ada yang beli brownies, molen, bagelen. Gua, meta, sama ka suci ngga ikutan beli karna ngga ada yang makan juga. Kita nanya ke mas fahri, nanti ke tempat keripik tempe gitu ngga dan dia bilang iya, karna ternyata dia ngga belanja di kartika sari dan mau beli tempe juga, yaudah ntar gua beli di sana aja. Gua kira nih, abis dari kartika sari kita udahan tuh, eh ternyata masih nyari kado lagi buat bapak. Yaudah gua, mia, meta, ka suci, ka rulli pada nunggu di depan aja sambil ngobrol. Ekky, aldi, mas sendi pada beli es duren, bapak-bapak pada ngerokok. Udah lama-lama di dalem nih, gua kira mah udah dapet, eh ternyata belom. Terus nyari di factory outlet yang tadi kita parkir dan Alhamdulillah dapet yang cocok. 

Kita jalan pulang deh, lumayan kena macet dan ada orang-orang yang badannya di cat silver gitu sambil bawa kerdus buat minta sumbangan. Jam setengah 5 kita berenti di depan satu toko oleh-oleh terus ada rombongan bonek yang lewat naik mobil, kaya bis sekolah gitu apa trans jakartanya bandung ya, gua lupa, yang jelas di dalem sana pasti baunya udah macem-macem deh. by the way selamat ya, akhirnya diakui lagi sama PSSI, mungkin 2018 bisa lawan persija. 

kita langsung pada milih oleh-oleh, harga tempe 20k, sale pisang 18k. pas kita udah pada bawa keranjang dan udah ada isinya juga, si aldi baru bilang kalau kemaren dia ke bandung harga salenya 13k, yang jualan ngga jauh dari sini. yailah telat, mau naro lagi juga ngga enak sama abangnya. Dia doang tuh yang beli di sana, gua sama yang lain tetep beli di situ. Kan gua beli 3 bungkus tempe, 3 bungkus sale pisang, sama sebungkus simping, emang jadi gede banget sih kantongnya. Terus kata mas tiko gini, nanti lu pangku ya, karna dibelakang udah ngga muat. Siap. Itu plastik gua taro bawah aja, karna gua lebih milih naikin kaki ke bangku dibanding mangku itu plastik gede. Si panjul ngetok-ngetok kaca mobil kita, gua kira mah ngapa, eh dia malah belaga kaya tukang minta-minta yang gagu gitu, jadi cuma buat isyarat nyuap tangan ke mulut sambil ngomong ngga jelas. Pertama kita begong tuh, tapi akhirnya ngakak, ini anak ada-ada aja, sayang ngga kita videoin. Pas kaca tengah mobil mas Fahri dibuka, dia ngelakuin hal yang sama eh malah ditutup lagi, kasian hahaha.

Kita ngga sholat ashar di daerah sana, karna niatnya mau mampir ke rest area aja. Tapi begitu ada rest area eh mobilnya mas Fahri malah lurus aja bukannya melipir. Rest area selanjutnya lumayan jauh mana macet dan lagi-lagi kita pada nahan pipis. Jam 6 kurang kita nyampe rest area yang ada masjid gedenya, gua ngga tau itu km berapa. Terus gua sama jamet buru-buru ke toilet dan sempet sholat ashar juga walaupun detik-detik terakhir. Kita sekalian nunggu magrib. Terus pas kita mau keluar malah ribet sama orang yang mau sholat, ngga ada yang mau ngalah. 

Gua kan cuma sama meta tuh, terus kita ke mobil. Eh pas sampe mobil ngga ada orang, mana kita berdua ngga ada yang bawa hp lagi. Kita nungguin di situ berharap ada yang ke sini, terus mas sendi ke mobil tuh tapi kayanya di ngga bawa kunci deh. dia malah cerita, sendalnya kan ditaro di pot, eh ada orang yang ngeludah dan kena sendalnya, njirr tadi gua sama meta juga naro di pot tapi untungnya ngga kena zonk.

Ngga lama kemudian, ka rulli sama ekky dateng dan bawa kunci, Alhamdulillah. Mereka ngambil tempat soft lens, gua sekalian naro mukena dan ngambil hp sama duit karna kita mau makan dulu. Anak-anak cewe pada di kfc, laki-lakinya pada  ngopi di indomaret, tapi si panjul ikut sama kita. Sebagian ngantri, sebagiannya lagi nyari tempat duduk. Jam 7 makanan kita baru ada dan pas itu ada yang whatsapp di grup kalau 15 menit lagi kita jalan, duh, mesti buru-buru dong, akhirnya salah satu dari kita ada yang nelfon mereka buat bilang kalau makanan kita baru dateng, yaudah tuh kita disuruh makan aja dulu, ngga mesti 15 menit kelar tapi jangan lama-lama juga. Kelar makan kita pada ke toilet lagi, karna nanti ngga akan berenti lagi. kan toilet cewe di kfc cuma 1, akhirnya kita pake toilet cowo juga. Karna kalau nungguin yang itu doang kelamaan. Tadi pas kita selesai makan, mas why nitip beliin makan juga, tapi karna antriannya masih panjang jadinya kita ngga beliin kfc, kita belinya ayam penyet. Ketemuan di depan air mancur lagi dan pada ke mobil masing-masing. 

Kita melipir di deket rest area buat nungguin mobil mas fahri. Posisinya kan udah malem ya, mestinya mah udah ngantuk, tapi tiga anak di belakang ini masih aja ngoceh-ngoceh, sampe disindir secara halus sama mas sendi dengan “ngga tidur mba?” kita  tetep aja ribut. Mas sendi, nyalain mp3 dan kita pada nyanyi-nyanyi di mobil. sampe akhirnya ka suci sama meta tidur tuh, gua juga ikut merem, karna gua ngga tau dua lagu terakhir yang diputer itu lagunya siapa. Tiba-tiba ada intro secondhand serenade-awake, njir ini siapa yang nyetel? gua paling ngga bisa denger lagu mereka, pasti mau ikutan nyanyi, ternyata itu ringtone hpnya jamet. setelah itu gua jadi ngga bisa tidur dan ikutan nyanyi-nyanyi lagi. Entah udah berapa lagu yang kita nyanyiin, dari yang jaman 90an sampe yang kekinian. Dari simple plan – perfect, welcome to my life, the rain - terlatih patah hati, dewa 19 – kangen, roman picisan, Sheila on 7 – JAP, avril lavigne – wish you were here, complicated dan masih banyak lagi yang gua tau lagunya tapi lupa judulnya. Alhamdulillah dapet mobil yang isinya orang-orang yang enak semua, dari yang keliatannya pendiem sampe ikutan ngoceh juga dan kita pada pinter tentang “itu” berkat mas tiko, tinggal nunggu sertifikat dari asdosnya (ka ariani) aja nih. Mungkin yang ngerti topik ini cuma yang ada di mobilnya mas tiko aja. Asistennya mas tiko a.k.a si panjul dari pas kita di cikampek udah minta izin buat tidur, selama di mobil kita kan berisik banget ya, dia mah tetep pules sampe kepalanya miring-miring, kakinya kena pintu mobil dan baru bangun di daerah mampang.

Pas di lampu merah mampang, mobilnya mas Fahri berenti di posisi yang ngga pas, terus ada trans Jakarta yang mau lewat akhirnya mereka lurus sedangkan mobil kita lewat Bangka. Pas lewat sana, lagu di radio muterin terlatih patah hati (lagi), jadi selama di mobil ini kita udah dengerin lagu itu sampe 3 kali, dari yang tadinya enak jadi eneg. Terus kita ganti liriknya jadi, “disuruh lembur dadakan, sudah biasa. disuruh sabtu masuk, sudah biasa” dan kalimat-kalimat lainnya yang gua lupa. 

Jam 11 kita baru sampe kantor. Tadinya kan mau istirahat bentar, eh ternyata ibu sama bapak bos lagi pada meeting. Duh, mana pengen pipis lagi, akhirnya kita mindik-mindik ke toilet studio. Kelar dari toilet, gua nyariin tas gua, back pack sama tote bag ada, terus plastik belanjaan gua ke mana? Padahal tadi gua deketin satu sama lain. Posisinya di situ udah ngga ada barang siapa-siapa lagi. Gua ke lobby tuh, karna takut ketuker sama plastik buat bapak, tapi bukan itu, gua balik lagi ke parkiran, nyariin lagi, terus coba minjem kunci dan ternyata plastik gua ada di mobil. Jadi dikira ka rulli, plastik gua itu, plastik yang buat bapak, terus ada orang lain (gua ngga tau siapa), yang naro plastik buat bapak itu di lobby, jadi kekecotannya di situ. Tadinya mia ngajakin bareng, tapi gua ngga mau, karna bawaan gua banyak dan kasian dia lagi sakit. Satu persatu pada pulang, ada yang nebeng, ada yang dijemput, ada yang naik ojek online, dan gua masuk kategori yang terakhir. Sekitar jam 12 baru sampe rumah dan besok pagi harus tetep ngantor. Gua ngiranya bakal ada yang bolos nih, eh ngga loh, pada masuk semua, anak finance strong, ya walaupun pada ngeluh ngantuk hahaha, besoknya mia baru tepar sampe harus di opname. Sekarang udah 10 hari setelah perjalan ke bandung, mia juga udah masuk kantor lagi, tapi kayanya kita masih pada belom bisa move on dari perjalanan itu deh. makasih ya semuanya. Mau jalan-jalan lagi ngga? Mau lah, apalagi kalau yang gratis bukan cuma hotel sama mobilnya, tapi jajannya juga hahahanjir ngelunjak banget nih anak.

No comments:

Post a Comment