Friday 31 March 2017

Dufan with kaka jombs

setelah sekian lama ditunda, akhirnya kita jadi juga ke dufan. kalau kata ka suci mah, gua patah hatinya dari maret tahun lalu baru setahun kemudian bisa ke sini. ya apalagi alasan yang bikin kita nunda kalau bukan karna kita yang sok sibuk.

24 Maret 2017
biasanya gua ke dufan itu jalan dari pagi, karna rumah gua kan ada di ujung selatan dan buat ke utara, jauh banget. tapi hari ini kita sama-sama telat bangun. jam 9, gua baru bangun dan mepet banget kalau jalan jam setengah 10. setelah beres rapih-rapih gua ke indomaret tuh buat beli tiket. jam 10an gua jalan dari rumah nyampe pertanian jam setengah 11, terus rencananya ketemu ka suci di halte imigrasi. pas bis gua nyampe halte imigrasi, dia malah udah naik bis depan, udah gitu bisnya yang ke monas via semanggi lagi. ampun deh. akhirnya dia turun di mampang terus baru naik bis gua. transit di halimun lanjut ke matraman. kan jembatan antara matraman 1 sama matraman 2 jauh ya, eh ada nenek yang jalan sendirian bawa plastik kanan kiri. ini anak cucunya pada ke mana dah? lagian mau ngapain sih dia? berendong petong gitu. udah tuh kita lanjut nunggu bis. nah pas kita udah naik, kan mba penjaga pintunya itu bilang lewat senen atas ya. terus ada bapak-bapak yang masuk begitu pintu ditutup dia keluar. itu mba-mbanya langsung teriak. penumpang kaya gini nih yang ngeselin. awalnya kan udah dikasih tau, lagian kalau mau turun lagi bisa kok asal bilang. jangan pas mbanya udah ngasih kode ke driver buat tutup pintu dia malah keluar gitu aja. kalau bapak itu kejepit yang disalahin kan mbanya. ngerti  sih gua gimana keselnya dia.




penumpang yang nyampe ancol cuma kita berdua doang. karna posisinya udah jam setengah 1, kita sholat dulu biar ntar ngga ribet. tuker tiket, foto-foto di depan tulisan dufan, baru di cap buat masuk. foto lagi di depan kuda-kudaan mumpung belom buka jadi masih sepi. terus kita makan dulu karna ka suci udah kelaperan, bisa ribet kalau dia udah ribut laper ntar kaya pas ke bandung lagi. gua baru nyadar kalau stampelnya nempel di celana gua, mana putih lagi kan ketara banget, anjir bikin bete aja. setelah makan kita naik yang nyantai dulu, yaitu bianglala. nah pas ngantri nih di depan sama belakang kita itu pasangan. anjrit gua udah deg-degan aja. ya allah jangan sama mereka kek. sama yang keluarga atau bocah-bocah yang pada studi tur juga nggapapa deh bodoamat pada bau matahari. ngenes banget kalau dua jombs ini ngeliatin orang pacaran. alhamdulillah kita naiknya sama satu ibu dan anaknya yang paling kecil. tadinya gua ngira itu neneknya. tapi pas kita ngobrol ternyata itu anaknya yang paling kecil sedangkan kakanya lagi pada mencar karna udah gede dan mereka ke sini karna abis ujian. istilah-istilah ujian sekarang bikin gua bingung, jaman gua cuma ada UKK, UAS, UN ngga ada tuh UNBK.

karna itu posisinya udah jam 2, jadi kita harus naik yang penting-penting aja. walaupun terakhir gua ke dufan itu bulan agustus 2015 tapi ngga ada permainan yang gua incer banget. jadinya kali ini gua serahin sama kaka jombs, terserah dia mau naik apa, gua cuma nemenin doang. kita akhirnya ke ice age dulu, yang deket dari bianglala. seperti biasa, masih lumayan antri tapi ngga kaya pas awal-awal dibuka. karna udah tau bakal basah jadinya kita lepas sepatu dan nyeker. dari situ kita mampir ke hello kitty. ngga lama kita di situ. lagian kalau kata gua itu mah kaga jelas, buat foto-foto doang palingan.

lanjut naik ontang-anting, pas lagi naikin besi yang buat pengaman itu gua kelupaan malah ngelepas sebelum posisi gua bener alhasil kepala gua kena itu besi dan lumayan bikin pusing. udah kaya gitu malah naiknya ontang anting yang muternya ngga kelar-kelar. gua udah berapa kali naik tapi baru kali ini pas turun gua ngerasa keleyengan. dari situ gua mual plus pusing tapi ngga pengen muntah. cuma butuh coca cola tapi ngga ada yang jual sama sekali. ini dufan cuma joinan sama sosro doang ya?

pusing sama mual gua belom begitu berasa. kita lanjut antri di arum jeram, karna kita cuma berdua jadinya kita cepet dapet tempat. kali ini kita seban sama anak-anak cowo, kayanya masih pada sekolah. seperti biasa permainan ini yang paling bikin pakaian basah kuyup. selesai dari situ kita males pake sepatu jadinya kita pake sendal jepit.

karna udah basah jadinya kita sekalian aja nyari yang permainan yang bikin basah lagi, yaitu niagara-gara. ada yang pake jas ujan biar ngga kena air. hmm boleh juga tuh, biar ngga usah bawa baju ganti. gua ngga mau di depa, terlalu nyess pas turun tapi ngga mau di belakang juga. gua kan di duduk di nomer dua dari belakang ya karna gua kira yang naik lima orang. eh yang naik cuma berempat, alhasil gua paling belakang. mamps dah gua.

setelah itu kita mau nyari masjid karna udah jam setengah lima lewat. eh kita malah melipir ke istana boneka dulu. wahana ini paling tenang, tempat buat ngadem, walaupun bonekanya jauh dari kata lucu yang ada malah pada serem-serem.

kelar naik itu kita baru ke masjid. karna udah lepek banget  gua sekalian ganti baju, karna percuma gua bawa baju ganti kalau ngga ke pake. dari situ kita foto-foto di depan istana boneka, biasa buat posting ootd di instagram hahaha. kan gua foto pake logo JO ya, terus ka suci bilang. "ka eva (kakanya ka suci, istrinya mas why) juga punya kaos yang kaya gini warna merah". "gambar kaya gininya ada banyak ya ka? terus dikotak-kotakin gitu?". "iya". jangan heran kalau gua tau, itu kan pernah jakonline share. kalau ngga salah nama kaosnya avatar deh. jangan heran juga kalau ka eva punya, mending baca postingan yang car free day. ka eva dikasih kaos itu sama bang saif (bang ipul kalau kata ka suci) dan bang saif salah satu crew JO. ka suci juga cerita dulu dia pernah diajak ke sini sama bang saif. cerita tentang ka eva yang pacaran sama mas why dari jaman dia masih SD sampe dia udah kuliah mereka baru nikah. masih banyak lagi orang-orang yang kita bahas. jalan sama dia mah ngga akan keabisan obrolan, ada aja yang diomongin.

tadinya kita mau naik bianglala (lagi) tapi antriannya panjang banget. ngga sanggup deh. terus gua kelupaan tadi mau foto di depan ice age, ceritanya buat bikin dulu vs kini walaupun jaraknya cuma tiga tahun. tapi pas foto pertama itu blur, nah pas mau ulang ada bocah SD kayanya yang mau foto. okelah gua ngalah, paling kan cuma bentar. eh lama. kesel banget gua sama nyokapnya, bukan cuma gua loh yang mau foto di situ tapi ada orang lain juga. tipe-tipe orang kaya yang ngeselin tuh. mana anaknya manja banget lagi, kan dia naik apa sih namanya yang kaya mobil/motor yang cuma buat di dalem dufan gitu lah. nah itu dimainin saudaranya dan sepanjang foto dia ngga fokus cuma gara-gara itu sedangkan nyokapnya tetep mau dia foto di situ. gondok banget gua. akhirnya gua cabs aja.

kita foto sama badut dufan tuh, terus pas jalan keluar di depan kita ada pasangan yang gandengan terus rangkulan. ya allah ini jombs cuma bisa ngerekam terus share di instagram stories sambil bilang "serasa dunia milik berdua ya". kita foto lagi di tulisan dufan tapi ngga bagus karna nyampur sama cahaya lampu sedangkan yang tadi siang terlalu silau karna sinar matahari.


ceritanya kan kita mau ke pantai ya, nah kita tadinya mau jalan aja tapi ngga tau arahnya. terus pas nanya ke security katanya naik bis wara wiri aja. sekitar 20 menitan kita nungguin tapi ngga lewat-lewat. di situ gua mulai ngerasa ngga enak, keringetan tapi bukan karna gerah kaya panas dingin gitu. bisnya dateng tuh, rutenya lumayan jauh sampe akhirnya kita diturunin di halte depan solaria. kalau mau ke pantai nanti naik bis yang lain. lah kok jauh banget. kayanya waktu itu gua ngga sajauh ini deh. kayanya pantai yang kita maksud beda.

udah jam 7 kurang, kita belom sholat. kita jalan tuh, terus ngeliat orang mau ambil wudhu, eh pas kita samperin ternyata itu musholla karyawan dan kita disuruh jalan lagi. katanya nanti sholat di bandar jakarta aja. pas kita sampe sana, itu kan posisinya kaya ada kasir atau paling ngga ada waiters-nya yang jaga di depan. gimana kita mau masuknya coba, kita kan ngga mau beli, cuma mau ke musholla doang. gua ngga bisa makan ikan, ditambah gua lagi ngga enak badan, nyium bau amis makin bikin gua mual. terus kita ke halte sebrang buat nunggu bis yang mau ke arah halte trans jakarta.

di situ ada bapak-bapak yang lagi duduk sendirian. kita ngobrol deh, dia udah 20 tahun kerja di ancol, ijazah SD, sekarang kerja di kantin. kalau posisinya badan gua lagi enak, mungkin gua masih oke oke aja dengerin dia cerita tapi masalahnya gua udah enek banget ini. yang bikin gua tambah males adalah dia ngejelek-jelekin atau ngga suka sama orang-orang yang kerjanya di mall. dia taunya gua sama ka suci kerja di kantoran. tapi jangan ngotak-ngotakin orang lah. gua juga pernah dua tahun kerja di mall. emang apa yang salah gitu? sama-sama nyari duit.

tadinya di halte itu ada gua, ka suci, bapak-bapak itu, mas-mas, ibu sama anaknya. ibu sama anaknya dijemput naik mobil. masnya nyebrang ngga tau ke mana. udah setengah delapan bisnya ngga lewat-lewat sedangkan jam operasionalnya cuma sampe jam 8. pas ada taxi lewat, kita tanya berapa kalau sampe halte, katanya 20k. yaudah tuh kita naik, daripada diem di situ ngga jelas kapan datengnya tuh bis dan gua makin pusing. pas awal-awal tadi ada ojek yang nawarin 15k sih tapi tadi kita masih mau naik bis dan 15k itu kita tuti, ya mending nambah 5k bisa duduk nyaman di taxi. gua ngga ngerti jalur di kawasan ancol, intinya pas turun taxi itu kita ada di arah yang berlawanan sama yang kita berangkat tadi, mungkin ini yang disebuta jalur timur sama barat. entahlah.

sebelum naik transjakarta, gua masih berusaha nyari soda, eh ngga ada. ya allah gua butuh soda ataungga panadol merah. ngga lagi-lagi deh gua jalan tanpa bawa itu. ribet kalau udah kaya gini. pas duduk di dalem bis berasa banget dinginnya dan anak ini ngga bawa jaket. pinter banget kan. akhirnya gua pake topi biar ngga begitu kerasa dinginnya. nyebrang matraman dengan sisa-sisa tenaga. nunggu di dukuh atas sambil jongkok. udah ngga ada tenaga buat ngobrol. gua butuh ke minimarket secepatnya. pas di mampang tambah berasa dingin sampe bulu gua pada berdiri. ahilah gini amat sih. gua turun di pertanian dan minta driver gojeknya buat berenti di minimarket terdekat yang masih buka karna itu udah jam 10 lewat. akhirnya gua melipir ke indomaret deket gang nangka, beli coca cola sama panadol. kaga gua minum sekaligus, mau amsyong emangnya. gua minum soda dulu buat ngilangin mual. sugesti atau engga tapi emang langsung berkurang sih. kalau kata ka suci mah, "maag gua bisa langsung kambuh itu minum gituan pas perut lagi kosong". jam 11 gua baru minum panadol dan sampe jam 2 gua ngga bisa tidur dan pusingnya ngga ilang juga. akhirnya gua minum lagi satu dan maksain buat tidur karna paginya gua mesti kuliah jam 8.

udah deh, perjalanan kita kali ini berakhir. makasih ya kaka jombs , nanti kita berpetualang lagi.

No comments:

Post a Comment