Thursday 6 April 2017

Persija vs Timnas Indonesia U-22

terakhir gua ke SUGBK buat nonton persija tanggal 10 juni 2016 dan itu udah lama banget. pertandingan selanjutnya gua ngga nonton terus jadi tim musafir maen di solo mulu dan gua ngga mampu dan ngga bisa buat ikutan awaydays. pas tanding di pakansari juga gua ngga bisa nonton karna harus kerja.

awal maret 2017 setiap sabtu persija maen terus, di depok, cilegon, cilacap dan lagi lagi gua ngga bisa nonton karna harus kuliah. yaelah. kemaren-kemaren pas gua libur kuliah, persija ngga maen. begitu gua masuk kuliah tiap minggu tanding mulu. kan rese. kenapa ngga bolos aja mal? tahun lalu pas trofeo gua masih bela-belain cabut kuliah buat nonton persija tapi kali ini gua tobat seengganya sampe kuliah gua kelar. sekarang kuliah dulu baru persija.


pas tau persija bakal tanding lawan timnas u-22, gua gambling tuh mau ikut apa ngga. lagian beritanya masih simpang siur. belom ada pernyataan resmi dari pusat. udah gitu pada ribut masalah KTA sedangkan gua ngga punya KTA. terus gua liat di twitter, jak ragunan (JR) buka tour ke bekasi. gua whatsapp sector12 cuma dibaca ngga dibales, gua sms nomer satunya dan katanya yang ngga punya KTA boleh ikut. tapi sebelum ke stadion ada hal yang harus gua selesaiin dulu, yaitu revisi proskrip. dari hari senin gua kerjain, hari selasa gua ke kampus dan di acc sama dosen penyeminar. baru deh gua bisa berangkat dengan tenang.

5 April 2017
waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. saatnya kembali ke tribun. kangen persija, kangen stadion, kangen tribun, kangen desek-desekan, kangen jejingkrakan, kangen ngechant dan segala macem kangen yang lainnya akan terobati sebentar lagi. entah berapa banyak orang yang hari ini izin, cuti, bolos, kerja/kuliah/sekolah.


jam setengah 1 gua berangkat dari rumah nyampe depan gang jabir jam 1 kurang. baru beberapa yang dateng, gua gabung aja sama mereka. anak jak cilandak dan rata-rata masih pada sekolah atau umurnya di bawah gua. nunggu yang lain pada dateng, dibagiin tiket dan baru jalan jam setengah 3. lewatin pejaten, mampang, kuningan yang bikin lama karna macet terus baru masuk tol. ngga jauh dari pintu keluar tol udah sampe di stadion. jam setengah 5 kita nyampe tuh, kumpul di tulisan kota bekasi bagian huruf B. ngeliatin yang baru pada dateng, ada yang jalan kaki entah dari mana, ada yang naik metromini atau kopaja, ada yang naik bis. kan kapasitas bis gua itu 58 sedangkan yang daftar 70 orang jadi sisanya pada berdiri atau duduk di bawah, gua kira mah itu udah parah eh pas di depan stadion gua liat ada bis yang isinya bener-bener penuh sampe ke pintu-pintu. ya allah itu mau nafas aja kayanya susah ya, ngga kebayang dah gimana rasanya.

tadinya kan disuruh ngumpul dulu karna mau briefing bentar tapi ngga mulai-mulai jadinya kita ke toilet terus sholat dulu. jam setengah 6 kita baru masuk stadion. antrinya ngga begitu lama, ngga terlalu desek-desekan juga, isilopnya juga ngga begitu rese. tiketnya kali ini bentuk gelang, kalau menurut gua sih bahannya masih kurang bagus. terus di scan setelah itu di coret. terus pas gua baca di twitter katanya ada yang pake "tiket bekas" jadi yang udah masuk ngelempar tiketnya dari atas. gua ngga ngerti gimana itu bisa kejadian, apa terlalu riweh atau gimana. karna pas gua masuk tribun masih lumayan sepi.

kali ini JR nyaranin buat satu tribun aja jadi biar ngga pada mencar terus nanti susah nyarinya pas mau balik. kita masuk tuh ke tribun timur. gua ngga tau di patriot ini ada sektor-sektornya apa ngga karna gua ngga liat. kira-kira kalau di GBK gua ada di sektor 11 lah.  dulu jaman di GBK masih pake bangku kayu yang panjang. gua tega-tega aja berdiri di atasnya sampe jejingkrakan. begitu ke patriot bangkunya model single seat semua (GBK juga akan kaya gini nantinya), sayang sih buat nginjek-nginjek dan jejingkrakan. tapi mau gimana lagi, kalau duduk biasa malah ribet sama orang-orang yang lewat. semoga aja bangkunya ngga gampang rusak.

makin mendekati jam kick off kondisi tribun mulai penuh semua. ya ampun padahal ini weekdays loh bukan weekend. kalau kata akun @orenbarat gini "awalnya bilang persija vs timnas kurang nilai jual. kemudian di hari H jelang siang saat stadion membludak 'bisakah kami live?'" dan ada 3 stasiun tv yang kaya gitu. nah kan nyesel, jangan raguin jakmania ya. lagian ini lawan timnas gitu, pasti banyak lah yang mau nonton. total tiket yang terjual 27.000 dan masih banyak yang ngga bisa masuk. harga tiket tribun 50.000, vip 100.000 kalau mau tau pemasukannya, kaliin aja ya.

pertandingan bentar lagi mulai, isilop mulai jalan buat ke tempat jagannya dan gua liat hampir ngga ada yang lempar paper roll, good job jak. lalu pemain masuk ke lapangan. kita nyanyi satu jiwa lanjut indonesia raya, dengernya tuh bikin hati adem. pas pluit tanda dimulainya pertandingan, ada beberapa yang ngelempar paper roll ke arah lapangan. terus anak gawang pada ngambilin, kurang-kurangin ya jak.


pertandingan berjalan lumayan seru, ada beberapa peluang. tapi sampe pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skornya masih kosong-kosong. terus di tribun utara ada yang nyalain flare dan yang lainnya pada ikutan. gua ngga tau lagi gimana mereka bisa pada lolos bawa gituan. gua emang suka ngeliat flare tapi kan sekarang ngga boleh. gimana kalau nanti pas liga persija terus-terusan di denda gara-gara flare. kan ngga asik. jak, yang kaya gini dikurang-kurangin ya. katanya mau jadi supporter yang lebih baik. nyemangatin macannya kan masih bisa pake cara yang lain. kangennya udah terobati kan, mal? lumayanlah walaupun masih ada beberapa kekurangan.

jak cilandak

dari tadi gua gabung sama jak cilandak dan gua ngerasa mereka tuh solid, ngitung anggotanya terus supaya ngga ada yang ketinggalan. yang cowo-cowo pada jangain cewe-cewe. nemenin kalau mau ke toilet atau beli minum. saling ngingetin satu sama lain. pas keluar stadion, tas gua kan di belakang dan salah satu dari mereka ngingetin gua buat taro di depan aja. you know lah, ketika desek-desekan rawan copet. ngga mau hpnya ilang lagi kan, mal?

kita kumpul lagi di depan huruf B terus melipir bentar buat beli syal. sekitar jam 10 kita balik dan lumayan cepet karna lewat tol yang beda. jam 11 kita udah sampe di sebrang gang jabir. makasih jak ragunan dan para subkorwil: jak ciganjur, jak kebagusan, jak jeruk purut, jak cilandak.





a : lu ikut tour ini sendirian, mal?
b : iya
a : ngga ada yang kenal sama sekali?
b : ngga ada
a : nekat banget
b : bodo amat. yang penting gua bisa nonton persija lagi. lagian ini tuh hadiah karna proskripnya udah di acc dosen penyeminar.
a : dari siapa, mal?
b : ya dari gua lah.
a : ih, masa ngehadiahin diri sendiri?
b : ya emang kenapa gitu? apa salahnya ngasih "hadiah" ke diri sendiri atas apa yang udah dilakuin.
a : ah bilang aja alasan kaum jomblo. karna ngga ada orang lain yang akan ngasih "hadiah".
b : yailah. lagi dan lagi. emang kenapa kalau jomblo? jadi jomblo itu harus "strong". karna ngedapetin apa yang di mau harus usaha sendiri. lagian kan yang punya pasangan juga ngga bisa sepenuhnya bergantung sama pasangannya. ntar kalau dia ngga ada, kelar hidup lu.
a : terus gimana perasaannya ngeliat orang-orang pada sama pasangannya?
b : ya gitu dah. lu tanya aja tuh sama @jakjomblo pasti pada tau dah. intinya semua akan indah pada waktunya tapi ngga tau kapan. udah ya. bye.


No comments:

Post a Comment