Monday 17 July 2017

Persija vs Borneo FC 16 Juli 2017

terakhir kali ke stadion itu pas lawan timnas U-22 (sebelum liga di mulai). abis itu gua ngga dibolehin lagi ke stadion selama masih maen di bekasi. yah, kalau nunggu maen di GBK mah lama. tapi gua turutin aja, karna emang ngga ada duit juga sih. pas lebaran gua udah niat banget mau nyimpen duit angpao buat modal nonton. oji juga ngajakin nonton pas lawan RCD Espanyol. tadinya gua mau nonton yang lawan persipura tapi hari itu gua kuliah dan kebanyakan yang ngadain itu pada jalan jam 2an sedangkan jam segitu gua belom balik.

pas jumat kemaren gua tanya lagi ke oji, jadi kan hari rabu nonton, eh dia malah bilang belom tau. kalau gua ngarepin nonton yang tanggal 19 terus ngga jadi, berarti gua harus nunggu pertandingan kandang selanjutnya dan itu masih lama.



Minggu, 16 Juli 2017 
jam setengah 3 pagi gua ngetweet gini, “pengen banget nyetadion lagi tapi tiap kali laga kandang malah ngga daftar. au amat mal.”, “terus kepikiran naek kereta aja, sekalian nyobain. tapi tiketnya gimana? di gojek ada sih tapi vip. dan di vip itu kurang greget” terus ada salah satu anak the jak yang nge-reply “ada nih satu tiket, japri aja”, kita mentionan lanjut whatsappan.

jam setengah 11 mandi, makan terus gua bilang ke nyokap kalau mau nonton persija, sempet deg-degan juga sih, takut ngga di izinin dan itu salah satu alasan kenapa gua ngga ikut rombongan. ngeri udah bayar eh malah ngga pergi.

gua: aku mau nonton persija
nyokap: di mana?
gua: bekasi
nyokap: sama siapa?
gua: sendiri. naik kereta
nyokap: kan kata ayah ngga boleh, bilang sendiri sana 

mamps deh, alamat ngga jadi pergi nih, tapi gua ganti baju aja. gua ngga bilang apa-apa, bokap juga ngga ngelarang padahal nyokap udah laporan terus mereka pergi tuh karna mau kondangan dan gua malah ditinggalin duit. yes, aman. tantangan selanjutnya nyampe ngga nih gua ke patriot karna baru pertama kali naik kereta ke sana. sebenernya gua tuh paling males naik kereta, karna lebih ke ngga ngerti jalurnya sih. tapi pengen gitu sesekali ngebolang naik kereta, jadi kali ini gua modal nekat aja.

jam setengah 12 gua udah otw stasiun univ pancasila orang yang punya tiket (bang rifai) bilang dia paling nyampe stasiun bekasi jam setengah 3. masih lama ya, udah gitu mepet kick off, tapi mau gimana lagi. sedangkan gua nyampe stasiun manggarai jam setengah 1, gua sholat dan nyantai aja dulu dan baru naik kereta yang ke bekasi jam 1an. 

di stasiun manggarai banyak banget anak the jak, pas naik kereta arah bekasi juga isinya mereka semua. terus pas lewatin stasiun buaran ada ibu-ibu yang mau turun jadi gua bisa duduk kan, eh pas mau duduk gua ke sanding kaki bapak-bapak yang lagi tidur, dia jadi kebangun dan minta bangunin di stasiun manggarai. lah, udah kelwat jauh banget, gua sampe nanya dua kali takut gua salah denger, akhirnya tuh bapak turun di stasiun klender baru.

jam 2 gua udah sampe stasiun bekasi, sedangkan bang rifai baru nyampe stasiun manggarai. berarti masih sejam lagi nyampe sini, alamat telat masuk dah, abis mau ditinggal juga kan tiket dia yang megang. gua duduk aja dulu terus ke toilet, pas lagi di dalem gua denger suara anak the jak yang baru turun kereta rame banget, gua buru-buru keluar buat videoin. anjir keren, udah gitu pas jalan ke jalur 3 gua ngeliat banyak orang-orang biasa yang pada ngerekam dan itu bikin senyam senyum sendiri ngeliatnya.



jam 3 kurang bang rifai nyampe stasiun bekasi, dia sempet bilang gini lagi, "gua yang pake baju persija ya" yaelah bang, yang pake baju persija kan banyak. emang belom pernah ketemu? belom, paling sesekali dia ngeRT tweet gua. berarti abis itu ngga sendirian lagi? tetep sendirian, kan cuma beli tiket doang, dia sama temennya. beli di calo ya? bukan lah.

gua jalan kaki ke patriot, sebenernya gua ngga tau berapa jaraknya dan arahnya ke mana tapi gua sotoy aja ngikutin anak the jak yang lain kan tujuannya pasti sama tuh. terus lagi di jalan gitu ada anak the jak yang yang minta minyak wangi, gua kasih cussons aja. kita sempet ngobrol bentar, tapi pas nyampe stadion pisah karna gua di tribun selatan dia di utara. namanya siapa, mal? kaga tau dah hahaha.

lumayan jauh juga jalan ke tribun selatan, pas mau masuk di periksa dulu tiketnya. jadi yang boleh masuk adalah yang tiketnya sesuai dan udah di pake jadi gelang. gua juga baru tau setelah tiket di scan terus langsung di gunting. jadi ngga ada kenang-kenangannya deh. yang gua bingungin, kok udah digunting gitu masih ada aja calo yang ngejualin dengan tiket di solasiin. yang beli juga mau aja bukannya diliatin dulu. pelajaran buat semuanya sih baik panpel dan the jaknya. besok-besok beli di korwil atau loket yang tersedia jangan di calo.

gua masuk ke stadion dan pertandingan udah berjalan 30 menit, udah unggul 1-0 juga (gua baru nyadar beberapa menit kemudian) yang buat gol rohit chand (liat di twitter). gua kan duduk di bangku urutan ke tiga dari pager. gua udah ngira nih pasti nanti ada yang duduk di pager, eh bener aja beberapa menit kemudian itu pager isinya bocah pada duduk, ini gua beli tiket buat nonton persija apa buat liatin punggug tuh bocah-bocah. untungnya ada korlap yang lewat dan nyuruh mereka turun, ya walaupun beberapa menit kemudian gitu lagi. 

pas istirahat babak pertama domy stupa tampil lagi, kita nyanyi “persija menyatukan kita” sama “field of GBK” bareng-bareng. seru ya kalau semua tribun satu suara. gua sempet videoin sih tapi hasilnya ngga bagus karna sebelah gua bocah cowo nyanyinya keras banget, terus belakang gua cewe nyanyinya cempreng, sampe orang depan gua nengok ke belakang. jadi isi video yang gua rekam di dominasi suara mereka. suara kita emang ngga bagus-bagus banget tapi kalau nyanyi bareng-bareng dan ngambil videonya dari tempat yang netral hasilnya bakal bagus.

babak kedua di mulai, tribun selatan mulai penuh, gua mulai berdiri. dari tadi gua duduk karna yang belakang gua pada duduk, ngga enak kalau ngalingin. tribun gua emang ngga serame tribun yang lainnya tapi nggapapa lah, lumayan buat ngobatin rindu akan suasana stadion, tiga bulan gua ngga ke stadion.


ada beberapa peluang tapi sayangnya ngga ada yang gol, entah tendangannya terlalu ke atas atau kena mistar gawang. tapi untungnya kali ini kita menang, maka tersenyumlah. para pemain pada ngasih tepuk tangan ke the jakmania. terus domy stupa tampil lagi bawain satu jiwa dan itu jadi penutup pertandingan kali ini.



jam setengah 6 baru sampe stasiun, langsung buru-buru sholat ashar, terus naik kereta yang gerbong perempuan, jadi ngga ada anak the jak. pas udah mau nyampe stasiun manggarai, gua baru nyadar sebelah gua bocah kecil pake jersey tetangga sebelah. jadi pengen bilang gini, “de, minggu depan tim kita ketemu, semoga yang menang persija ya”.

jam setengah 7an sampe stasiun manggarai, sholat magrib, baru deh nunggu kereta. enaknya pertandingan sore, pergi sendiri dan naik kereta gini, jadi bisa tetep sholat. emang biasanya kelewat mal? jujur aja jawabannya iya. entah karna udah terlanjur masuk stadion atau mushollah yang susah ditemuin atau udah ditunggu rombongan. sebenernya balik ke kitanya sih, gimana ngaturnya aja, tapi gitu lah kira-kira.

gua naik kereta pas adzan isya, ngga banyak anak the jaknya, mungkin karna udah lumayan lama juga mereka nyampe stasiun manggarai dan tujuannya kan pada beda-beda, ngga kaya pas menuju stasiun bekasi. Jam 8an gua nyampe rumah, maka selesai sudah perjalanan kali ini. gua ngga tau kapan bisa ke stadion lagi, pengennya sih secepatnya tapi ngga tau dapet izin atau ngga. we’ll see.

No comments:

Post a Comment