Friday 28 July 2017

Tiba-Tiba Suddenly Konser Again Efek Rumah Kaca

minggu lalu ERK ngepost jadwal mereka selama bulan juli tapi ngga ada yang di jakarta, sampe akhirnya ada yang nge.dm gua buat nawarin tiket konser mereka bulan depan. gua belom beli sih karna takut ngga bisa dateng.


terus ERK announce kalau mereka ngadain "Tiba-Tiba Suddenly Konser Again" dan tiketnya cuma ada 2000. tahun lalu aja tiket yang terjual sampe 1.313 padahal baru di kasih tau paginya, apalagi ini yang H min 2.

26 Juli 2017
tiket di jual jam 4 sedangkan gua baru balik jam setengah 6. gua mantengin ig stories-nya ERK sama ruru dan antriannya udah panjang banget. duh, gua ngeri ngga dapet tiket. terus gua tanya salah satu crew jakonline yang nonton juga, bisa nitip ngga, kata dia ngga bisa karna itu aja udah titipan semua (dia ngepost 4 tiket) terus kata dia masih ada sekitar 500an tiket lagi kok sedangkan itu baru jam 5.


gua langsung search di twitter, kali aja ada yang kelebihan atau bisa dititipin gitu dan ada loh satu orang yang mention ERK bilang kalau dia kelebihan satu tiket. langsung deh gua mention-mentionan dan minta kontaknya.

jam 5.40 gua otw kuningan city ternyata ngga semacet yang gua bayangin tapi ternyata gua lewat lotte avenue dan di sana macet apalagi pas puter balik mau ke kuningan city, jadi gua baru nyampe jam 6.20

gua belom pernah ke sini tapi gua sotoy aja langsung ke lantai 3. ternyata tiketnya masih ada, gua tau karna liat orang yang beli di booth area pop up cafe. tapi biarin aja lah, gua kan jaga-jaga kalau ngga dapet tiket.

orang yang punya tiket udah ada di depan p7. udah gitu dari lantai 3 ke p7 lumayan PR juga karna harus naik eskalator berkali-kali. pas lagi naik gitu, ada cewe yang naik juga, namanya oliv, kita ngobrol-ngobrol. dia mau nonton sama temen-temennya tapi ternyata mereka masih ada di lantai 3. daripada bolak balik dia nemenin gua ngambil tiket.

orang yang punya tiket tadi kan antri lumayan paling depan sedangkan pas gua sampe tuh udah lumayan panjang antriannya. nah pas gua udah ikutan ngantri, dia nelfon bilang "kayanya tiket gua kebawa sama lu deh, bisa ke sini lagi ngga?" gua samperin, sambil mikir "tiket yang mana?" karna yang dia kasih cuma satu. pas gua udah ketemu dia dan liatin yang dia kasih terus rada bingung sama yang dia maksud, gua liat kertas putih di lantai dan itu tiket dia. ya ampun bikin panik aja. kan sayang-sayang kalau dia udah jual tiket ke gua sedangkan dia aja tiketnya ilang dan belom tau di bawah masih ada apa ngga.

gua balik ke antrian, ngga lama temen-temennya oliv nyamperin. kita ngantri bareng. jam 7 udah di bolehin masuk ke area ballroom dan di sana gua pisah sama mereka. gua kira udah bisa langsung masuk, ternyata masih lanjut nungguin di depan ballroom. ada yang beli makanan, ada yang beli merchandise dan gua duduk aja nunggu pintunya di buka. jam setengah 8an pintu baru di buka dan masuknya bener-bener desek-desekan, ngelebihin desek-desekan pas di stadion.

stage kali ini masih minimalis kaya tahun lalu tapi ngga ada gantungan ERK. kita nunggu sambil duduk, terus ada orang di depan yang berdiri. ada yang neriakin suruh duduk eh dia malah bilang, “masa nonton konser duduk”. rasanya gua mau jawab "baru pertama nonton ya, mas? tahun lalu kita juga lesehan kok. karna stage-nya rendah, kalau penontonnya pada berdiri kasian yang belakang ngga keliatan". kesel banget gua sama orang yang kaya gitu.

bang adjis sama gilang ngebuka acaranya, ada aci juga yang ikutan jadi MC. terus kita dibilang mau pengajian ya karna pada duduk semua. tapi mereka juga ngeledekin mba-mba di sebelah kanan yang berdiri dari tadi. "itu yang berdiri, mau nanya apa?" anjir sindirannya, tapi herannya udah dibilang kaya gitu dia masih berdiri aja.

karna tadi bahas pengajian jadi nyambung ke habib yang lagi kena kasus itu terus ngomongin awkarin dkk. emang deh kalau MC-nya mereka tuh pasti seru dan ketawa mulu, ada aja kata-katanya. udah gitu si aci ditanya kenapa suka sama ERK eh dia malah jawab karna bajunya ada warna merah, sambil nunjukin baju yang dia pake. ampun deh nih anak, terus dia juga diledekin gara-gara tinggal di tanggerang. dengerin mereka ngobrol sampe ngga berasa lagi nunggu ERK tampil.

jam 8an ERK tampil “merah” jadi lagu pembuka. setelah itu kita disuruh berdiri karna yang belakang masih banyak yang belum dapet tempat. lanjut bawain “kau dan aku menuju ruang hampa” kita semua udah pada lompat-lompat nikmatin lagu, eh bang adjis sama gilang naik dan berentiin permainan ERK terus mereka bilang ada tamu, anak bekasi yang kalau manggung biasa pake batik dan gua udah bisa nebak siapa yang dimaksud, yap iga massardi. kali ini dia ngga pake batik, kaosan kaya sehari-hari aja. setelah tahun lalu yang kolaborasi cuma bang gesit sama ka puti, akhirnya kali ini gua bisa liat mas iga maen bareng ERK. Berkali-kali gua nontonin video “Sounds From The Corner : Collaboration #1 Efek Rumah Kaca x Barasuara” akhirnya kali ini bisa liat secara langsung walaupun cuma satu lagu.

lagu di sesi pertama udah dibawain semua, ERK turun buat istirahat dan para MC naik lagi. terus bang adjis malah nyanyi gini “menerjang badai dan bara maju bahu membahu, ayo persija bangkitlah, jadilah nomer satu, tak kenal lelah pantang menyerah, hadapilah lawanmu, oren sejati tak takut mati, persija sampe mati” terus lanjut nyanyi “satu jiwa”. gua saking senengnya langsung ikutan nyanyi sampe lupa ngerekam dan banyak juga penonton yang ikutan nyanyi, itu berarti banyak anak the jak juga yang nonton. gara-gara bang adjis nyanyi gitu bang gilang bilang “ah elu mah di sini nyanyi persija bikin susah ngajak ke bandung, di ajak ke kampung gajah aja ngga mau”. udah gitu bang adjis kan pake kaos ERK warna biru dibilang gini deh “lu pake kaos persib nyanyi persija”. kocak deh. bang adjis itu orang batak tinggal di bekasi tapi suka persija, keren. salam jempol telunjuk bang.

konser kali ini juga sekalian perayaaan 10 tahun album self titled ERK jadi kita nonton video perjalanan mereka gitu. udah 10 tahun aja ya dan gua baru suka dengerin mereka beberapa tahun terakhir. 10 tahun lalu mah gua masih jadi anak SMP yang dengerin band-band non indie.

sesi kedua ini giliran semua lagu di album self titled dibawain. pas lagu “jatuh cinta itu biasa saja” dimaenin gua ngga berenti senyam senyum sambil ikut nyanyi. ya allah, akhirnya gua bisa denger lagu ini dibawain secara langsung. pengen deh pas jatuh cinta itu ngga bersikap berlebihan tapi ngga bisa dan itu yang bikin lagu ini ngena banget.

di sesi kali ini, tiap mau maenin lagu baru ada orang-orang yang berjasa, present sambil certain dulu tuh ERK kaya gimana sih. terus pas mau bawain “cinta melulu” ada om pmr dan mereka nyanyiin itu dengan versi mereka, jadilah kita goyang-goyang. satu tambahan lagu yang dibawain sama om pmr yaitu “judul-judulan” makin goyang lah kita, hahaha.

MC naik lagi buat closing dan ngucapin makasih. ERK naik, terus bawain lagu “sebelah mata” dan dilanjut lagu wajibnya, yap “desember”. dengan berakhirnya lagu itu maka berakhirlah "Tiba-Tiba Suddenly Konser Again". empat jam yang amat sangat puas buat nyanyi bareng mereka, konsernya baru kelar jam 12 malem. gila sih, gua ngga nyangka durasinya selama ini dan tiketnya terbilang murah. bener-bener puas dan bakal nyesel kalau ngga nonton. terima kasih ERK, seneng bisa nonton kalian lagi. makasih buat semua crew dan sponsor yang bikin acara ini terlaksana, ditunggu konser-konser selanjutnya. 

No comments:

Post a Comment