Friday 30 May 2014

Persija vs Arema 4 Mei 2014 at GBK

Berawal dari oji yang ngajakin nonton langsung di GBK pas pertandingan persija lawan gresik selasa, 29 April lalu, waktu itu gua ngga bisa. Jangankan nonton langsung, nonton di tv aja ngga bisa karna harus kerja. Lalu pas nyampe gramed chintiya bilang mau pulang kampung, tapi karna pas hari kamis itu tanggal merah dia ngga akan boleh libur. Maka dari itu gua ngelemburin dia deh, sebagai gantinya nanti dia ngelemburin gua. niatnya sih gua mau minta pas tanggal 4 atau tanggal 11, pokoknya pas persija maen di GBK deh.

Gua nanya oji tuh, nanti dia mau nonton sama siapa, eh dia mau nonton sama pacarnya, yaudah niat buat nonton bareng sama oji terpaksa gagal. Sebenernya sih beberapa anak gramed ada yang mau nonton langsung juga tapi gua ngga yakin mau ikut sama mereka, soalnya gua males banget kalau mesti nyamperin ke gramed lagi. Sempet ragu juga tuh mau nonton sama siapa. Pas hari jumat gua WA alan, siapa tau bocahnya mau, sampe besok pagi ngga ada balesan dan gua baru  nyadar WAnya terakhir di liat 2 minggu lalu, kayanya ngga aktif deh, yaudah tuh gua sms aja. Siangnya dia nelfon nanya ada apaan dan gua bilang nggapapa cuma mau ngajakin nonton persija aja. Malemnya dia telfon lagi, nanya besok jadi apa ngga, gua bilang aja jadi. Hari minggu dia nanya lagi, karna cuacanya mendung dan udah gerimis juga gua bilang aja, kalau ngga ujan ayo aja gua mah. Katanya ntar dia ke rumah jam 3. Gua kira mah bakal ngaret kaya biasanya, gua nyantai aja, baca novel sampe jam 3, terus pas adzan langsung solat, eh baru juga gua kelar solat nih bocah udah nyampe aja.

Pas nyampe cilandak ada bunyi-bunyi ngga jelas gitu, kita berenti sebentar buat liat ada apaan tapi ngga ada apa-apaan. udah kan tuh jalan lagi eh pas di  kemang gitu lagi, tapi setelah itu untungnya ngga  bunyi lagi. Gua juga ngga tau itu bunyi apaan. Jam 4 kita udah nyampe, mayan cepet juga. Anak-anak the jakmania udah banyak banget. Kita beli tiket dulu tuh, abis itu jalan-jalan dan akhirnya mutusin buat duduk dulu karna belum di buka pintunya. 

Jam 5an kita mulai ngantri, anak-anak the jakmania udah pada ribut tuh karna kelamaan, ada yang bilang “mana batangan semua lagi” rasanya pengen ketawa gua, tapi emang bener sih karna mayoritas cowok semua yang ngantri. Pas ngantri juga gua sempet liat sepasang suami istri dan satu orang anak kecil yang kompak pake baju warna oren. lima atau sepuluh menit kemudian kita masuk tuh, gua yang ngga tau apa-apa tentang nonton langsung mah ikut alan aja. Akhirnya kita duduk di sector 10. 

Setengah jam kemudian GBK udah jadi lautan oren dan sebagian warna biru dari aremania. Sebelum pertandingan di mulai the jakmania yang ada di sekitar sector 10 pada ngechant, yap termasuk gua. gua yang lagi-lagi ngga tau apa-apa, ya ikut aja. Tapi menurut gua asik juga, pada semangat dan kompak banget ngechantnya. Terus di bagiin kertas buat bikin koreografi, yang sebenernya gua juga ngga tau itu jadinya kaya apa. Dan baru gua tau besoknya, kalau itu berbentuk angka 1928, yap tahun berdirinya persija. Pertandingan belum mulai tapi gua udah keringetan gara-gara jejingkrakan. Kita di suruh istirahat bentar, kalau kata yang mimpin mah, nanti pas pertadingan mulai harus berdiri semua, kalau mau duduk mending nontonnya di rumah. Bener loh selama pertandingan the jakmania berdiri sambil terus ngechant, gila kaga ada capenya. Sedangkan gua cuma bisa ikut ngechant di 30 menit awal palingan, sisanya gua berdiri aja, sambil menikmati suasana GBK ini. 

Jangan tanya pertandingannya gimana, jujur aja gua ngga bisa fokus liat pertadingan sambil ngechant gitu, keseringan ke-distract. Sayangnya persija kalah karna tendangan penalty buat arema di menit-menit akhir. Udah hopeless tuh, walaupun sebenernya masih ngarep dikit, ngga usah menang deh seengganya seri aja, tapi itu ngga terjadi, sampe akhirnya pluit panjang bunyi dan resmi persija kalah di kandang sendiri dan pas gua nonton langsung juga. Sebenernya gua pengen ngerasain sih gimana kalau persija menang, gimana atmosfernya, gimana teriakan para the jakmania, pengen liat the jak pada muterin syalnya atau ngelempar potongan kertas kecil, pasti asik banget.

Gua dari awal duduk di sector 10 yang ternyata lagi-lagi mayoritas isinya cowok semua. Persis di depan gua ada anak kecil, kayanya sih masih SD yang semangatnya keterlaluan, mana berdiri mulu dan ngga bisa diem lagi nutupin pemandangan gua. di sebelah kanannya ada cowo terus cewe, kayanya sih sepasang kekasih, ouwwh so sweet, asik kali ya punya pacar yang dukung klub bola yang sama. Laen lagi sama orang yang ada di kiri belakang gua, yang cowo dukung persija, yang cewe dukung arema, dan begitu arema ngegolin, si cewe seneng banget, dan kalau ngga salah denger si cewe bilang “aku bilang juga apa, arema yang menang, sambil terus ngeledekin cowonya. Another sweet moment sih menurut gua. Selesai pertandingan kita ngga langsung bubar tapi ngechant lagi buat nganter kepulangannya aremania, terus di kasih informasi tentang pertandingan selanjutnya, baru deh pada bubarin diri.

Udah tuh gua sama alan keluar stadion dan jalan ke tempat parkir sambil ngobrol-ngobrol. Ngomongin seniornya alan yang suka persija sampe ada tato permanennya lah, terus ngeliat rojali yang kata alan rombongan jak liar, yang ngechant di atas mobil, atau rencananya alan yang mau kenalan sama aremania biar pas tour malang ada temennya, dan yang terjadi cuma toast sambil nanya dari kapan di Jakarta, dan dia jawab dari kemaren, kata alan dia aja dari kemaren gimana nasib kalau ikut tour malang nih. Alan juga sempet nanya cape kaga gua, yang gua jawab cape tapi sebenernya udah biasa juga berdiri lama gitu, ya secara jadi kasir itu berdiri mulu dan ngomong mulu, apalagi kalau lembur bisa 10 jam lebih gua berdiri. Udah kan kita keluar dari area GBK tapi masih muter-muter daerah senayan yang masih banyak banget anak the jakmania, sepertinya gua ketagihan untuk nonton lagi. 

Bener-bener asik deh ngechant bareng anak the jakmania. Tepuk tangan terus bilang “persija” atau “the jak” sambil ngacungin jempol dan  telunjuk. Atau nyanyi kicir-kicir, atau pas ismed jatoh pada tepuk tangan lagi sambil bilang “ismed” buat nyemangatin bang haji. pas arema dapet tendangan gawang atau tendangan penalty pada bilang “tidak mungkin”. Setelah arema ngegolin pada teriak “macan bangun”. Dan yang bikin keinget terus sih lagu “field of GBK” yang baru gua tau judulnya besokannya itu juga dari googling liriknya karna lagu itu terus-terusan muter di kepala. 

Puas banget gua, karna akhirnya bisa nonton persija langsung di GBK, impian gua akhirnya terwujud. Makasih lan udah mau nemenin nonton. Kalau di tanya ada rencana mau nonton langsung lagi atau engga. Gua akan jawab iya, karna percaya atau engga, itu bikin nagih. Kalau yang ngga percaya, coba aja nonton sekali dan liat hasilnya nanti.

No comments:

Post a Comment