Sunday 18 August 2013

Lebaran Paling Ngenes

Mumpung masih bulan Syawal, gua mau cerita tentang kejadian yang terjadi pas lebaran. Dari judul di atas kira-kira cerita ini tentang apa ya? Mari di baca.

Ini cerita 2th lalu, sekitar bulan Agustus. Seminggu sebelum lebaran tepatnya.

Waktu itu gua main ke rumah uti (eyang putri a.k.a nenek) nah pas jam 9 malem, uti dadanya nyesek gitu, langsung di bawa ke RS JMC tuh, gua udah ngeri aja uti bakalan di rawat lagi dan ngga bisa lebaran di rumah, tapi untungnya jam 12 malem udah dibolehin pulang. Besoknya gua balik ke rumah gua yang di ciganjur.

Beberapa hari kemudian, abis subuh pas gua lagi tadarusan, gua dapet sms dari tante gua yang bilang kalau uti masuk RS. Entah kenapa air mata langsung netes aja gitu, takut tahun ini ngga bisa lebaran kaya biasanya. 

*besoknya* Kan hari ini ada bola, jadi gua begadang baru tidur jam 7 pagi, jam 10 kebangun karna ada telfon, telfonnya sih ngga penting yang penting itu sms dari tante gua, yang nyuruh bokap nyariin air buat uti soalnya uti ngomongnya udah ngaco. Duh, pikiran gua udah kemana-mana deh, air mata netes lagi. Mata gua perih banget, ngga tau karna kurang tidur atau karna nangis mulu. Tiap inget uti, air mata pasti netes, berenti bentar, nangis lagi, sampe sembab mata gua, pikiran gua udah ngelantur kemana tau deh.

Besoknya gua sama winda jengukin uti, ngomongnya masih ngaco sih, katanya sih dia ngeliat makhluk-makhluk halus gitu deh. Kalau jagain sendirian iseng juga ini mah. Kata dokter, kalau besok kondisi uti udah mendingan boleh pulang, karna uti pengen banget lebaran di rumah.

Gua pulang ke rumah uti, nginep di sana. Udah jam 2 malem mas topan (kaka sepupu gua) belum pulang juga, gua chat aja.
“mas lagi di mana?”
“lagi di bengkel. Motor gua mati. Lu puasa ngga?”
“ngga”
Abis itu gua langsung tidur karna gua lagi ngga puasa. Jam 12 siang, gua, ii, tante dewi, dll nyiangin sayuran buat bikin sayur godok, gua kebagian marut pepaya. Kita ngerjain itu sambil ngobrolin kecelakaan anak 28 pas SOTR. 

Jam 1, gua selesai marut pepaya dan pengen mandi karna ntar mau nganterin puput ke cilandak mall. Karna kamar mandinya lagi di pake mas topan, jadi gua mandi di rumah uti mar (rumahnya emang deketan, cuma beda gang). Selesai mandi gua langsung balik lagi ke rumah uti ni, di depan gang gua ketemu mas topan yang mau berangkat kerja. Gua ngga natap mukanya sih, cuma udah apal sama jaket dan motornya.

Sekitar jam setengah 2, gua udah rapi eh kata puput ke cilandak mall nya abis asar aja, yaudah gua nonton tv aja.

Jam setengah 3 ada telfon, karna ii lagi tidur jadi gua yang ngangkat dan itu dari…… polisi.

“hallo” 
“ini benar rumahnya Topan Arif Wibowo” 
“iya. Ini dari siapa?” 
“dari kepolisian, Topan kecelakaan, harap keluarganya segera ke RSCM” 
*pas di bilang gitu, gua langsung ngeblank, nanya-nanya dalam hati, ini beneran?*
“RSCM itu di mana? Terus keadaannya gimana?” Karna udah ngeblank jadi gua ngga tau kalau RSCM itu maksudnya Cipto
*tuttt* telfon mati!
Siael banget ini polisi, gua lagi nanya malah di matiin.

Ii bangun tuh, nanya itu telfon dari siapa, gua nyamperin dia yang masih di tempat tidur dan bilang “dari polisi, katanya mas topan kecelakaan”.

Ii langsung istigfar dan jalan ke ruang tamu terus duduk di sofa, abis itu gua disuruh ke atas buat manggilin om yono, tapi om yononya ngga ada jadi gua bilang ke tante dewi aja, semua orang yang ada di atas langsung turun. Gua juga bangunin eno. Itu kan siang, puasa pula, jadi pada tidur dah.

Kita telfon ke RSCM ngga bisa, telfon ke Hotel Acacia (tempat mas topan kerja) katanya belom dateng. Kita nelfon tuh biar tau itu beneran atau ngga, takutnya kena penipuan gitu. Suasana saat itu ribet banget deh, mana udah pada nangis lagi, gua sih masih bisa nahan. Kita juga nelfonin anggota keluarga yang laki, buat cepet pulang dan mastiin ke RSCM. Soalnya saat itu ngga ada laki-laki dewasa sama sekali.

Ribet banget nyari nomer telfon yang bisa di hubungi, nomer mas topan udah ngga aktif, ngga online chat facebook juga. Bukannya kurang kerjaan tapi buat mastiin aja kalau dia beneran kecelakaan.

Gua nelfon mama, nyuruh pada ke rumah uti sambil nangis, gua udah ngga tau harus gimana, semuanya pada nangis. Gua telfon puput juga buat batalin janji.

Kabar kecelakaan itu jam setengah 3 dan kita baru tau kalau mas topan beneran kecelakaan itu jam setengah 4. Satu jam di PHP-in.

Pas gua tau kalau mas topan beneran kecelakaan gua langsung nangis kejer. Biasa dah mikirnya udah jauh banget, sama sekali ngga kepikiran kecelakaan ringan, yang gua pikirin kecelakaan parah aja, tapi emang bener parah sih. 

Jam 4 bonyok dan ade-ade gua dateng, ayah langsung ke RSCM. Katanya, di sana udah ada om feri, om yono dan om anhar lagi di jalan. Para anak kecil (ade-ade gua dan sepupu-sepupu gua) pada bengong ngeliat kita semua pada nangis.

Ii nangis udah kejer banget, dari tadi ngomongnya juga udah kemana-mana. Dari yang bener sampe yang ngaco. 
“gimana cara ngomong ke uti dan akung”
“sayur godok kesukaan topan udah jadi”
dan itu yang bikin gua tambah kejer. 

Jam setengah 5, mama ke RS JMC karna uti hari ini mau pulang, ii sama eno ngga sanggup ketemu uti karna bingung bilang tentang mas topan. 

Jam 5, kita bebenah rumah tuh, sebelum itu gua ngobrol sama winda di teras depan dan gua nangis lagi. Ngga tau kenapa gua jadi flash back, semalem masih chattingan tadi masih ngeliat dia mau berangkat kerja. Buka puasa kali ini bener-bener sederhana, cuma pake teh manis walaupun waktu itu gua lagi ngga puasa. Abis sholat maghrib, akhirnya ii ke JMC, karna takut uti nanyain dan curiga soalnya biasanya kan ii yang ngurusin uti.

Gua, winda, tante dewi, eno ngobrolin tentang mas topan tuh. Sampe detik itu kita ngga tau pasti keadaan mas topan yang kita tau mas topan kecelakaan aja. Mana pasa ayah nelfon gua, dia cuma nyuruh solat dan doain mas topan lagi, kan bikin gua mikir kemana-mana lagi.

Ternyata tadi baba sama om heri (tetangga di rumah uti) pada ke RSCM. Mereka cerita tentang keadaan mas topan tapi gua ngga bisa denger seluruhnya soalnya gua harus jagain ica (ade sepupu gua) yang kepo banget. Kalau dia denger dan nanti bilang ke uti kan bisa gawat. 

Jam 10 uti pulang, semua anggota keluarga di absenin satu-satu dan kita mulai bohong deh tuh. gua cuma salim terus ke rumah eno, abis itu ke atas. gua ngga sanggup liat ii yang bingung ngadepin akung sama uti buat bilang tentang mas topan. gua baru turun jam 12 itupun langsung tidur. 

Pas pagi, uti nanyain bokap gua, ii bilangnya ayah gua di ciganjur, jagain rumah soalnya lagi banyak maling dan lagi jadi panitia di masjid deket rumah padahal mah ayah dari semalem di RSCM jagain mas topan. Pas yang lain pada sholat ied, gua nemenin uti di rumah karna kan gua lagi ngga sholat.

Pas selesai sholat pada maaf-maafan tuh, pada nangis juga, emang biasa sih mereka pada nangis, dan ngga ngefek sama gua. Klimaksnya pas ii minta maaf sama uti dan bilang mas topan lagi di tugasin ke anyer. Saat itu juga gua nangis, gua merasa bersalah juga sama uti, karna gua tau yang sebenernya.

Lebaran kali ini berasa banget bedanya, biasanya abis maaf-maafan mas topan selalu tiduran sambil maen hp di kasur bawah tangga atau ngga makan ketupat pake sayur godok semangkok, tapi kali ini dia lagi ngga sadar di rumah sakit.

Besoknya gua baru liat foto mas topan di bbnya tante ira, kasian banget, matanya bengkak, deket mulut robek, gigi patah 3, banyak selang, ngenes dah. 

Tiap nama mas topan di sebut sama uti dan uti bilang mas topan lagi dinas ke luar kota, gua ngerasa bersalah soalnya gua salah satu orang yang ngebohongin uti.

Kata tante dewi, hari ini akung mau dikasih tau tentang kondisi mas topan yang sebenernya. karna kan ngga mungkin kita bohong terus-terusan. Kalau uti cuma dibilangin mas topan jatoh di parkiran hotel jadi harus di rawat supaya bisa istirahat, pokoknya ngga dibilangin kondisi yang sebenernya deh karna kalau dibilangin pasti uti kepikiran dan kondisinya bakal ngedrop lagi. 

Seminggu kemudian mas topan baru sadar tapi ngga bisa langsung pulang karna harus ada yang di operasi, kayanya bukan operasi gede sih. Mas topan di rumah sakit kurang lebih 2 mingguan. Tiap hari pada gantian buat jagain mas topan di RS. Dan tiap hari ada aja yang jengukin. Baik pas di RS maupun udah pulang ke rumah dari temen kerja, temen maen, temen sekolah, semuanya pada jengukin. Emang ya kalau kita baik sama orang pasti pas kita susah banyak yang peduli. Kalau gua ada di posisi mas topan pasti gua bersyukur banget karna masih diizinin sama Allah buat tetap hidup dan tau siapa aja orang yang care sama gua di saat kaya gini. 

Masa pemulihan lumayan lama juga sih sampe bener-bener kembali kaya biasanya. 

Kalau lu tanya ke gua tentang gimana bisa sampe kecelakaan gua juga ngga tau. Gua cuma tau mas topan tabrakan sama mobil, kayanya sih lumayan parah tabrakannya soalnya katanya motornya sampe ancur (gua ngga pernah liat lagi motornya setelah kecelakaan) untung yang nabrak mau tanggung jawab. Kondisinya lumayan parah juga, seminggu sampe ngga sadar gitu. 

Pokoknya itu lebaran terngenes selama hidup gua deh. Udah uti masuk rumah sakit sebelum lebaran dan dapet angin segar karna uti bisa lebaran di rumah tapi di buat nangis karna mas topan kecelakaan.

Semoga lebaran-lebaran selanjutnya ngga kaya gini, amin.

No comments:

Post a Comment