Monday 13 November 2017

Synchronize Festival 2017

tahun lalu pernah ngetweet kalau synchronize festival itu paket komplit karna ada sheila on 7, efek rumah kaca, barasuara, tapi harga tiketnya bagi gua lumayan mahal. synchronize itu apa? gampangnya gini, festival musik yang isinya musisi dari berbagai genre.


terus pas ada iklan synchronize festival 2017 di instagram gua langsung kepoin, line up-nya makin keren aja dari tahun lalu, tapi kayanya gua masih belum mampu buat beli tiketnya.


rundown pun keluar dan gua cuma berdoa supaya gua bisa nonton yang hari pertama. karna hari itu ada barasuara dan efek rumah kaca. harga tiket udah ngga jadi masalah, nggapapa gua bela-belain deh buat sehari aja mah. masalahnya gua ngga berani kalau sendirian, soalnya kelarnya jam 1. jarak dari kemayoran sampe ciganjur lumayan jauh kan.

tiket promo mahasiswa lewat gitu aja, padahal baru gajian tuh, soalnya kalau gua paksain beli sayang-sayang aja kalau ngga ke pake. sampe pada akhirnya hari kamis malem ada 'keajaiban'. besok jadi ke synchronize fest day 1 deh. 

tadinya mau beli di ticket box aja. tapi gua iseng-iseng nyari di twitter sama komen instagram, kali aja ada yang ngga bisa dateng dan mau ngejual ticketnya. ada tuh yang jual 100k tapi cuma ada 1 dan ketemu di sana. terus ada yang mention bilang punya 3. harganya emang lebih mahal tapi dia ngebolehin beli 2 dan bisa ketemu di deket kantor gua. jadi gua milih beli di dia aja, nggapapa lebih mahal dari sebelumnya yang penting masih jauh lebih murah dari yang dijual di ticket box.

abis ashar gua ketemu sama ka diana di stasiun kalibata buat ambil tiketnya dan dikasih diskon lagi sama dia. yey, tiket udah di tangan. akhirnya jadi juga gua ke synchronize.

jam 6 kurang, gua sama mas stef jalan dari kantor yang ada di daerah buncit, udah pasrah aja kalau bakal kejebak macet di mana-mana. secara itu hari jumat malem dan pas jam pulang kantor. tapi ternyata ngga begitu macet dan berkat google maps kita nyampe daerah kemayoran. pas mestinya lewat fly over kita malah lewat bawah. pas mestinya lewat bawah dan belok kiri kita naik fly over yang lurus. jadilah kita muter-muter di daerah benyamin sueb.

pas di parkiran banyak yang nanyain punya tiket lebih ngga. yap, yang nanya itu calo. baru kali ini gua ditanya gitu sama calo, biasanya kan doi yang nawarin tiket buat dibeli sama kita. tau gitu, tiketnya ka diana gua beli aja terus gua jual deh ke calo, mayan kan kalau harganya bisa lebih mahal hahaha.


kita masuk area synchronize jam 7 kurang, dari pintu masuk kita belok kiri, ke district stage dan pas voice of baceprot lagi main. jujur ya gua baru tau mereka ya sekarang, sampe mas stef nanya, “lu ngga tau?”, "ngga", hahaha maklum jarang nonton tv.

kita di situ cuma bentar, paling satu lagu terus kita ke lake stage dan the sigit lagi maen. pas jakcloth tahun berapa gitu, gua kan mau nonton sheila on 7, nah sebelum mereka ada the sigit tapi gua ngga begitu merhatiin karna gua dateng pas mau kelar. baru deh sekarang beneran nontonin mereka bawain beberapa lagu. asik juga ya.

setelah dari situ kita makan dulu, karna stage lain lagi break juga. baru deh abis itu ke dynamic stage buat liat navicula, tapi kita di situ cuma bentar karna kita mau nonton rocket rockers.

akhirnya kesampean juga nonton rocket rockers, setelah gua gagal nonton mereka waktu di markaskaskus. mereka pake dresscode baju rumah sakit yang ijo itu. nyindir alus setnov. terus aska banyak cerita tentang perjalanan rocket rockers. dari indie terus pindah ke major label sampe akhirnya ada boyband dan mereka tersingkirkan. seru deh dengernya. tapi karna kebanyakan cerita lagu yang dibawain jadi sedikit. tapi yang penting ingin hilang ingatan, dia, dan reuni dibawain. soalnya cuma itu yang gua apal banget, yang lainnya cuma sekilas hahaha. mana ingin hilang ingatan dibawain pertama. beh, langsung flashback ke masa putih abu-abu.

abis dari situ kita ke district stage buat nonton mocca. sebenernya lagu mereka ngga ada yang gua apal. paling sekilas doang tapi asik juga apalagi ngeliat vokalisnya bawaannya pengen ikutan senyum juga. tapi gua salah fokus ke pasangan yang ada di depan gua. jadi tuh mereka dansa ala ala pangeran dan tuan putri gitu, lucu sih. serasa dunia milik berdua dan asik juga ya kalau punya pasangan yang sama 'gilanya'.

kelar dari mocca kita duduk sebentar di depan ruru radio buat nunggu barasuara main. begitu mendekati jam mereka tampil, area dynamic stage mulai rame, jadi lah gua ikutan ke sana. kali ini mas stef beneran ngga tau lagu-lagu barasuara, kebalikan sama gua yang uda khatam sama lagu mereka. jadinya dia diem aja dan gua ngga berenti nyanyi sambil jejingkrakan sampe lupa foto atau ngevideoin.


dari barasuara kita balik lagi ke district stage buat nonton efek rumah kaca. masih setengah jam lagi mereka main tapi yang nungguin udah banyak banget. kayanya efek rumah kaca salah dapet stage nih, mestinya yang lebih luas dari ini. mas stef masih di situ sambil nunggu superman is dead main. terus personel efek rumah kaca naik ke stage tapi ada yang kurang, yaitu mas cholil sama mba irma. terus ada video mas cholil yang minta maaf karna ngga bisa ikut tampil di synchronize. gua kira becanda, nanti juga mucul. eh tapi ternyata beneran. jadi yang gantiin peran mas cholil itu ada ade sore yang nyanyi  di hampir semua lagu yang malam itu di bawain, iga barasuara yang selalu bawain lagu kau dan aku menuju ruang hampa, robi navicula yang bawain lagu di udara dan arina mocca yang bawain lagu desember. pantes aja tadi pas mocca tampil dia bilang bakal tampil bareng efek rumah kaca. gua kira mah featuring doang eh ternyata gantiin mas cholil. walaupun ngga ada mas cholil, yang nonton tetep banyak dan kita semua bantuin nyanyi jadi kaya karaokean bareng-bareng.

efek rumah kaca selesai gua langsung ke forest stage buat liat superman is dead. tadi mas stef ngeliat efek rumah kacanya cuma satu lagu doang, soalnya pas awal langsung lagu di album sinestesia yang dibawain, isinya kan lagu-lagu dengan durasi panjang. di forest stage gua ngga ketemu mas stef, soalnya dia di depan, gua males kalau lebih maju lagi, banyak yang moshing, ntar gua kena lagi. tapi gua nonton juga ngga terlalu jauh dari stage karna yang nonton ngga begitu banyak. ternyata lagu-lagu yang mereka bawain selama gua nonton itu ngga asing dan gua lumayan bisa ikutan nyanyiin. mungkin karna orang-orang sekitar gua banyak yang sering muterin lagu mereka kali ya.

superman is dead baru selesai jam 1 lewat dan kita langsung nyari pintu keluar. soalnya bukan lewat pintu yang tadi buat masuk. mana muter lumayan jauh lagi. udah gitu pas mau bayar parkir ngantrinya lumayan tapi ngga parah banget. jalanan tengah malem itu lumayan sepi sih. sekitaran benyamin sueb aja jarang banget kendaraan yang lewat. lancar banget deh.

terus mas stef ngajakin makan. tapi jam segitu kan udah jarang yang buka. sepanjang jalan kita nyari yang masih buka terus ada tuh tukang pecel ayam di deket SMK 57 tapi begitu gua tanya, ayamnya tinggal 1. yah. kita nyari lagi, di deket gg. pahala cilandak masih ada yang buka tapi keliatannya kumuh. ujung-ujungnya kita ke mcd. di parkiran juga udah sepi banget paling tinggal 3 motor. gua kan ngga laper jadi cuma pesen kentang sama coca cola dan sampe makanan mas stef abis, gua belom kelar makan juga. abis itu kita baru pulang deh. gua lupa jam berapa nyampenya, yang jelas pas di mcd itu udah jam setengah 3. mungkin sekitar jam 3an.

maka berakhirlah perjalanan kali ini. cape tapi seru. semoga tahun depan bisa ke acara ini lagi dan langsung beli tiket yang 3 days pass. terima kasih untuk semuanya. keren deh.

No comments:

Post a Comment