Tuesday 17 May 2011

nilai ulangan jelek atau ngga

pas awal SMP, kalau dapet nilai bagus gua selalu seneng dan pas dapet nilai jelek, shock, ngga terima gitu. Tapi rasa berbagi ngga ada sama sekali, selalu mentingin diri sendiri, bener bener ngga ada yang namanya nyontek atau curang curang gitu deh, pr pun selalu pada ngerjain (namanya juga kelas unggulan di SMP unggulan). Jadi setiap anak mentingin nilai masing masing, supaya tetap di kelas unggulan itu

Begitu masuk kelas 9, kan gua ngga masuk unggulan lagi (setelah 2th di kelas unggulan) soalnya gua bosen (tapi itu alasan, otak gua aja yang lagi ngga connect pas test, haha). Banyak perubahan yang bikin gua kaget, gua mulai liat anak anak yang "main kotor", yang tiap ulangan ngebet buku, ngopy tugas punya kelas lain dan masih banyak lagi yang bikin gua ngga habis pikir. Tapi nilai gua masih baik lah dan gua juga ngga ikut ikutan mereka, mungkin masih kebawa kebiasaan di kelas unggulan yang "main bersih".

pas di x ak 1, ternyata sama kaya kelas 9, bahkan lebih extrim. Kita pernah nyontek bareng bareng pas lagi ulangan (tapi itu karena gurunya ngocol), ngerjain PR di kelas, kompakan ngga ngerjain tugas, saling ngasih contekan, pokoknya kompak banget.

Sekarang hal itu gua ngga dapetin lagi. Gua kaya berada di kelas unggulan yang mentingin diri sendiri. Ngga ada lagi yang saling tunggu pas ngumpulin tugas, ngga ada lagi hal hal yang penuh rasa solidaritas.

Gua dah tau gimana rasanya yang di bawah (jadi anak yang ngga ngerti pelajaran, yang selalu ketinggalan pelajaran + tugas). Beberapa bulan ini nilai gua di salah satu pelajaran emang lagi ancur ancurnya, mungkin itu karena gua ketinggalan pelajaran soalnya PKL dan kesininya jadi ngga ngerti di tambah pas guru nerangin, gua ngga merhatiin (entah bercanda atau ngobrol) dan gua rasa itu semua dah cukup buat gua. Gua ngga boleh main main lagi, gua harus bangkit, harus dapet nilai bagus lagi, jadi malinda yang dulu lagi, yang dapet nilai bagus dan masuk 3 besar.

Itu semua jadi buat gua berpikir, dulu pas gua ngerti sama pelajaran, gua selalu berambisi untuk dapet nilai yang bagus dan ngga mau berbagi. Begitu dapet jelek, langsung ngga terima. Sekarang, pas dapet nilai jelek, gua lebih nge ikhlasin, gua berusaha ngertiin diri gua, mencari kesalahannya dan berusaha memperbaiki supaya ulangan selanjutnya ngga jelek lagi. Dan pas dapet nilai bagus lagi, gua ngga pernah bangga yang berlebihan, karna ngga ada yang bisa jamin ulangan selanjutnya nilai gua bagus juga (kalau jelek kan malu sendiri). Tapi bukan berarti gua ngga seneng dapet nilai bagus. Gua seneng, cuma gua harus buktiin kalau gua ngerti sama materi ini dan seterusnya (alias dapet nilai bagus lagi dan itu harus murni). Apalagi sebentar lagi gua kelas 3. Gua mau lulus dengan nilai yang bagus (jangan kaya pas SMP). Gua ngga mau ngecewain keluarga gua dan pastinya diri gua sendiri. Gua harus fokus karena mimpi gua masih banyak. :):) WATERMELON a.k.a SEMANGKA (SEMANGat KAka) :):)

No comments:

Post a Comment